Medrol Obat Radang Tenggorokan yang Ampuh Redakan Nyerinya

"Mendrol ampuh atasi radang tenggorokan."

Life | 04 February 2023, 10:17
Medrol Obat Radang Tenggorokan yang Ampuh Redakan Nyerinya

Jika terjadi peradangan di Tenggorokan, pasti selalu menjadi hal menyebalkan bagi sebagian orang. Radang Tenggorokan itu sendiri merupakan peradangan yang terjadi di bagian tenggorokan. Gejala-gejalanya berupa meliputi rasa sakit saat menelan, perasaan terbakar, hingga suara yang menjadi serak. Penyebabnya sangat beragam. Seperti termasuk salah satunya yaitu, infeksi virus atau bakteri, alergi, atau kerusakan pada tenggorokan akibat kegiatan merokok. Pengobatan ini juga tergantung pada penyebabnya, tapi dapat juga karena mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi nyeri dan infeksi, menjaga kelembapan tenggorokan, dan menghindari hal-hal yang dapat memperparah gejalanya seperti merokok.

Banyak obat yang bisa dikonsumsi saat peradangan ini terjadi. Mulai dari bahan herbal atau alami, melakukan beberapa hal atau kegiatan untuk membantu meringankan peradangan, obat-obatan yang ada di Apotek, hingga melakukan rujukan ke dokter. Salah satu obat yang bisa dicoba dan dikonsumsi adalah Medrol.

Kandungan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Medrol merupakan obat yang mengandung Methylprednisolon yang merupakan obat golongan glukokortikoid turunan prednisolon yang mempunyai efek kerja dengan cara mengikat dan mengaktifkan reseptor glukokortikoid intraseluler, reseptor glukokortikoid yang diaktifkan berikatan dengan daerah promotor DNA (yang dapat mengaktifkan atau menekan transkripsi) dan mengaktifkan faktor transkripsi yang mengakibatkan inaktivasi gen melalui deasetilasi histon. Obat ini diindikasikan untuk dalam keadaan alergi dan mengurangi peradangan atau supresi inflamasi.

Efek Sampingnya
Menggunakan obat umumnya memiliki efek sampingnya. Sesuai dengan keadaan atau kondisi masing-masing individu. Di antaranya yaitu;

- Penekanan adrenal
- Reaksi anafilaktoid
- Munosupresi
- Miopati akut
- Sarkoma Kaposi
- Gangguan kejiwaan (seperti depresi, euforia, insomnia, perubahan suasana hati, perubahan kepribadian)
- Peningkatan kerentanan dan keparahan infeksi
- Gangguan penyembuhan
- HTN
- Na dan retensi cairan
- Kolaps CV (dosis tinggi)
- Tukak lambung
- Katarak subkapsular
- Atrofi kulit
- Jerawat
- Kelemahan otot
- Retardasi pertumbuhan
- Enurunan K darah; depresi kulit dermal/subdermal pada tempat ini

Untuk kategori Topikal, meliputi yaitu: Gatal, eritema terbakar, vesikulasi; jarang, folikulitis, hipertrikosis, dermatitis perioral, perubahan warna kulit, reaksi alergi pada kulit.

Dosis
1. Dosis awal: 4-48 mg/hari
2. Terapi dengan dosis tinggi: 160 mg/hari selama seminggu dilanjutkan dengan 64 mg/hari selama 1 bulan

Jika tak ingin meminum obat, bisa mencoba beberapa minuman alami di bawah ini:

1. Air Hangat Lemon dan Madu
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Segala yang hangat-hangat memang terbukti menjadi salah satu minuman untuk meredakan sakit tenggorokan akibat radang. Vitamin C yang terdapat dalam lemon, terbukti dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan dapat membantu mengatasi pilek.

2. Air garam
Air garam
adalah salah satu bahan alami yang dapat membunuh bakteri. Air garam juga dapat meredakan lendir dan mengurangi rasa sakit. Dapat membuat air garam dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu berkumur-kumur.

3. Teh jahe
Minuman pereda sakit tenggorokan karena radang, yang juga alami berikutnya adalah teh jahe. Jahe sendiri merupakan rempah-rempah yang telah dipercaya mampu mengobati berbagai masalah kesehatan. Khasiat tersebut tidak mengherankan, karena jahe ini mengandung dari komponen antibakteri dan antiradang yang baik untuk tubuh.

Ekstrak dari jahe bisa membunuh bakteri atau virus penyebab penyakit dari pernapasan. Selain itu, jahe juga dianggap ampuh mengurangi peradangan pada pasien tuberkulosis (TBC).

Makanya, sudah tidak heran lagi bila jahe dipercaya bisa menjadi minuman untuk radang tenggorokan karena kandungan antibakteri dan antiradangnya.

4. Jus Buah dan Sayur
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Jus buah dan sayur Saat sakit tenggorokan dan tidak nafsu makan, tubuh bisa kekurangan nutrisi penting untuk melawan penyakit. Agar tidak lemas dan tubuh kebagian asupan antioksidan, penderita sakit tenggorokan dianjurkan mengonsumsi jus buah dan sayur. Pilih buah dan sayur kaya antioksidan seperti blueberry, stroberi, mangga, bayam, atau kol merah.

5. Air Putih Biasa
Tentunya yang satu ini sudah umum. Namun juga tak bisa untuk disepelekan. Yaitu selalu rutin meminum air biasa, terlebih saat cuaca atau kondisi sedang tidak baik. Akan sangat membantu mengembalikan sistem imun dan membantu diri untuk memperkuat imun.

(alvain shinta/al)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 19 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:19 ZUHUR 12:03
ASHAR 15:12 MAGHRIB 18:06 ISYA 19:15  

Zodiak Pisces Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Maret 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami kejutan positif. Kamu dan pasangan akan semakin dekat dan saling mendukung satu sama lain. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang istimewa.



Pisces Selengkapnya