7 Obat Sakit Gigi karena Tumbuh Gigi Geraham, Ketahui Gejalanya

"Obat ini ampuh atasi gejalanya."

Life | 04 February 2023, 16:39
7 Obat Sakit Gigi karena Tumbuh Gigi Geraham, Ketahui Gejalanya

Sakit gigi karena tumbuh gigi geraham merupakan kondisi yang sangat umum dan sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Tumbuh gigi geraham mempunyai gejala yang cukup menyakitkan dan mengganggu, seperti rasa sakit atau terbakar pada gusi, sakit ketika makan atau mengunyah, dan sensasi tidak nyaman di area rahang.

Gejala tumbuh gigi geraham umumnya timbul beberapa bulan sebelum gigi itu sepenuhnya muncul dari gusi. Beberapa orang mungkin mengalami gejala yang lebih ringan, sementara yang lain mungkin mengalami gejala yang lebih parah. Brtikut ini gejala yang paling umum seperti:

- Pengelupasan atau kabut gigi
- Nyeri saat mengunyah atau makan
- Munculnya benjolan atau nodul pada gusi
- Pengelupasan atau pembengkakan pada gusi
- Sensasi tidak nyaman atau gatal pada rahang
- Rasa sakit atau terbakar pada gusi dan rahang
- Rasa sakit pada rahang saat menjepit bahan makanan atau saat berbicara

Jika kamu ingin mengetahui obat sakit gigi karena tumbuh gigi geraham, simak ulasan berikut:

1. Bawang merah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Bawang merah adalah obat sakit gigi karena tumbuh gigi geraham. Bahan ini memiliki kandungan antiinflamasi dan antimikroma yang ampuh dalam meredakan peradangan serta melawan infeksi bakteri.

Caranya, dengan iris bawang merah dengan ukuran kecil, lalu kunyah pada area mulut yang terasa sakit dalam beberapa menit. Selanjutnya, lakukan cara ini hingga rasa nyeri berkurang dan buang serta bersihkan memakai air bersih. Sari dari bawang merah akan meresap dan masuk pada gusi, maka dapat membantu melawan bengkak karena infeksi bakteri.

2. Cengkeh

Obat sakit gigi karena tumbuh gigi geraham selanjutnya ialah cengkeh. Cengkeh yang biasa digunakan sebagai bahan rempah juga bermanfaat dalam mengatasi nyeri di gigi geraham. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh penelitian yang diunggah pada Journal of Dentistry, bahwa cengkeh memiliki sensasi mati rasa yang dapat meredakan rasa sakit yang terjadi di gigi.

Kamu dapat menggunakan cengkeh yang masih utuh atau yang telah menjadi minyak. Apabila menggunakan cengkeh utuh, kamu cukup menempelkan cengkeh di atas gigi yang terkena impaksi tanpa perlu mengunyahnya. Di sisi lain, minyak cengkeh dapat digunakan dengan meneteskan beberapa kali minyak di atas kapas dan tempatkan di gigi geraham yang sakit.

3. Air Garam

Obat sakit gigi karena tumbuh gigi geraham lainnya yakni air garam. Air garam juga dikenal sebagai obat sakit gigi karena tumbuh gigi geraham. Kamu cukup berkumur menggunakan air garam. Larutan ini dapat berguna dalam membersihkan area sekitar gigi dan menghilangkan cairan yang jadi faktor pemicu pembengkakan.

Cara membuatnya juga begitu mudah, yakni dengan melarutkan setengah sendok teh garam pada secangkir air hangat. Rasa nyeri yang muncul akan sembuh usai berkumur air garam selama beberapa menit. Kamu dapat berkumur dalam beberapa kali sehari apabila dibutuhkan.

4. Kompres dingin

Kompres dingin adalah cara yang umumnya dipakai guna menyembuhkan sakit gigi karena tumbuh gigi geraham pada anak. Kamu dapat mendinginkan benda yang aman jika dikunyah anak. Sepatutnya, kamu memakai benda yang aman dan tidak menyebabkan anak tersedak. Kamu juga harus mengawasi anak ketika tengah memberikannya benda buat dikunyah.

Salah satu benda yang aman dipakai kompres dingin ialah kain bersih. Kamu dapat masukkan kain itu pada lemari es sekitar 20-30 menit. Ketika teksturnya telah mulai mengeras dan dingin, letakkan pada bagian gusi anak atau tunggu ia agar mengunyahnya. Usahakan kain yang dipakai tidak tertelan anak.

5. Memberi anak makanan dingin
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Apabila anak tidak suka mengunyah kain dingin yang diberikan, kamu dapat menggantinya memakai makanan dingin. Cara mengatasi sakit tumbuh gigi geraham ini hanya dapat dilakukan apabila ia telah melewati tahap makanan pendamping ASI (MPASI). Makanan yang dapat dipilih ialah yogurt atau buah yang telah didinginkan.

Akan tetapi, kamu juga harus mengawasi anak ketika tengah mengunyah makanan dingin tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari anak tersedak atau keadaan lainnya yang mungkin terjadi.

6. Pijat gusi secara perlahan dan lembut

Kamu harus mencuci tangan dan memijat bagian gusi anak. Sentuhan ini diyakini mampu mengatasi rasa nyeri karena tumbuhnya gigi geraham di anak. Tidak hanya memijat menggunakan tangan, kamu juga dapat memakai teether guna memberikan tekanan lembut pada bagian gigi yang tengah tumbuh.

7. Konsumsi obat-obatan sesuai saran dokter

Apabila kamu telah melakukan berbagai cara menyembuhkan sakit gigi karena tumbuh gigi geraham dan tidak berhasil, maka lekas ke dokter gigi guna berkonsultasi tentang obat-obatan yang dapat dikonsumsi. Dokter umumnya akan merekomendasikan obat pereda nyeri, misalnya acetaminophen atau ibuprofen.

Selain itu, kamu juga dapat mengatasi sakit gigi karena tumbuh gigi geraham, dengan cara berikut ini:

- Membersihkan gigi dan gusi secara teratur.
- Hindari memencet atau menekan pada area yang sakit.
- Hindari makan makanan yang keras atau menggigit benda-benda keras.
- Hirup air panas atau menggunakan bantal pendingin sebagai compres.
- Apabila gejala sakit gigi karena tumbuh gigi geraham memburuk atau berlangsung lama, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi guna memastikan bahwa kamu menerima perawatan yang tepat. Dokter gigi akan meresepkan obat-obatan tertentu atau melakukan tindakan untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Dalam beberapa kasus, dokter gigi mungkin juga merekomendasikan prosedur seperti penambalan atau tindakan bedah guna mengatasi masalah tumbuh gigi geraham.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 28 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:02 ISYA 19:11  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya