7 Obat Sakit Kepala dan Sakit Gigi yang Efektif Atasi Nyeri

"Sakit kepala dan sakit gigi sembuh dengan mudah."

Life | 04 February 2023, 17:10
7 Obat Sakit Kepala dan Sakit Gigi yang Efektif Atasi Nyeri

Sakit kepala merupakan rasa nyeri yang muncul di bagian kepala, yang dapat terjadi secara periodik atau terus-menerus. Beberapa penyebab sakit kepala bisa berasal dari kelelahan, stres, sinusitis, atau gangguan tidur.

Sedangkan, sakit gigi ialah rasa nyeri yang terjadi di gigi atau jaringan lunak sekitarnya. Adapun penyebab sakit gigi bisa bervariasi, seperti karies, infeksi gusi, atau gangguan di gigi seperti retensi pulpa.

Kedua keadaan ini tentu bisa mengakibatkan nyeri yang sangat mengganggu dan mempengaruhi kualitas hidup. Oleh sebab itu, penting supaya melakukan perawatan dan mengatasi nyeri memakai obat-obatan yang sesuai atau berkonsultasi dengan dokter.

Gejala sakit gigi

Berikut ini beberapa gejala sakit gigi, yakni:

- Gusi terdapat pembengkakan.
- Nyeri saat digunakan untuk mengunyah.
- Kesulitan dalam menelan makanan.
- Telinga terasa nyeri.
- Tercium bau tidak sedap di dalam mulut.
- Terasa sulit dan akan terasa sakit ketika membuka mulut.
- Napas terasa sesak.

Gejala sakit kepala

Adapun gejala sakit gigi, di antaranya:

- Leher terasa kaku.
- Penglihatan mengalami gangguan.
- Mengalami kesulitan berbicara.
- Hilang kesadaran atau pingsan.
- Mengalami kesulitan berjalan.
- Hilangnya fungsi salah satu sisi tubuh, yakni menjadi lemah atau bahkan mengalami kelumpuhan.

Beberapa obat sakit kepala dan sakit gigi, ialah sebagai berikut:

1. Obat Kumur Betadine
Daun.id

Sumber: Istimewa

Obat Kumur Betadine menjadi obat kumur yang dapat digunakan dalam mengatasi sakit gigi. Tidak hanya dipercaya guna mengatasi luka, namun Betadine juga mempunyai produk obat kumur terbaik. Kandungan Povidone Iodine mengakibatkan obat kumur yang satu ini bisa mengatasi berbagai masalah penyakit mulut.

Kandungan Povidone Iodine merupakan sejenis obat yang dipakai guna melenyapkan bakteri dan kuman penyakit di berbagai daerah mulut khususnya mulut. Dengan pemakaian obat kumur ini dipercaya kamu bisa terhindar dari masalah mulut.

Efek samping: Reaksi hipersensitif, syok, hipotensi, detak jantung semakin cepat, demam, asidosis metabolik, sakit perut, mual dan muntah sampai kerusakan ginjal.

Harga: Rp. 27.500 - Rp. 45.500

2. Puyer Bintang Toedjoe

Puyer Bintang Toedjoe adalah obat sakit kepala yang dapat dikonsumsi. Obat satu ini tersedia dalam bentuk sirup, maka bisa dipakai pilihan guna mengatasi sakit kepala. Obat satu ini telah lama dipercaya menjadi obat tradisional bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya mengatasi sakit kepala, Puyer Bintang Toedjoe juga dapat meredakan sakit gigi, demam, dan nyeri haid.

Harga: Rp. 9.974/pak

3. Ibuprofen

Ibuprofen juga disebut sebagai obat penghilang sakit gigi yang paling ampuh. Ibuprofen adalah jenis obat yang dapat meredakan rasa sakit dan mengatasi inflamasi atau peradangan. Pada kondisi ini, ibuprofen bisa menghambat enzim yang memproduksi senyawa Prostaglandin di mana ini menimbulkan peradangan dan rasa sakit. Ibuprofen juga mampu menjadi obat sakit gusi terlebih saat bengkak.

Ibuprofen tidak dapat langsung dikonsumsi ketika kondisi perut kosong sebab bisa melukai lambung. Kamu juga dapat mengingat, senantiasa konsumsi obat tersebut dengan dosis dan saran dari dokter.

Efek samping: Perut kembung, mual dan muntah, pusing, diare, maag, sampai sakit kepala.

Harga: Rp. 362 per tablet.

4. Bodrex Migra

Bodrex Migra merupakan salah satu obat sakit kepala sebelah yang dapat ditemukan di apotek. Obat tablet dengan kandung kafeine, paracetamol, dan propyphenazone. Ketiga bahan ini dapat bekerja secara aktif guna mengatasi sakit kepala, khususnya sakit kepala sebelah atau migrain.

Harga: Rp. 2.524/strip.

5. Cooling 5 Plus
Daun.id

Sumber: Istimewa

Cooling 5 Plus merupakan salah satu obat sakit gigi. Selain itu, obat ini juga dapat dipakai untuk meredakanmenjadi alternatif praktis untuk meredakan sakit gigi, sakit karena pertumbuhan gigi, radang gusi, dan seriawan. Obat sakit gigi tersebut memiliki kandungan benzocaine dan phenol yang efektif dalam mengatasi nyeri. Tidak hanya itu, pemakaiannya hanya perlu dengan menyemprotkannya di daerah yang sakit.

Harga: Rp. 45.332 per botol.

6. Minyak Angin Polar Bear

Tidak hanya konsumsi obat, sakit kepala juga bisa disembuhkan dengan obat topikal (oles), yakni Minyak Angin Polar Bear. Minyak angin ini merupakan obat sakit kepala tradisional yang sering dipakai ole masyarakat. Minyak Angin Polar Bear memiliki kandung bahan-bahan herbal alami, yaitu minyak eukaliptus, mentol, minyak mint, dan lainnya.

Harga: Rp. 19.154 – Rp. 41.834

7. Dentova Pro Mouthwash

Obat sakit gigi terakhir ialah Dentova Pro Mouthwash dengan kandungan antiseptik yang mampu menghilangkan mikroorganisme jahat. Adapun kandungannya seperti allantoin, peppermint, chlorhexidine digluconate 0,2%, dan eucalyptus mint.

Obat ini dapat mengatasi masalah gigi sensitif dan berlubang, mengatasi pertumbuhan plak bakteri, serta mengurangi kerusakan jaringan penyangga gigi. Pakai Dentova Pro Mouthwash kurang lebih sebanyak dua kali sehari, caranya dengan berkumur selama satu menit.

Efek samping: Hipersensitif, peradangan pada mulut sampai mulut kering.

Harga: Rp. 24.925/botol.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya