Fakta Kepemimpinan Umar bin Khattab, Jadi Kiblat Toleransi Hingga Kini

"Pemimpin yang bijaksana dan adil"

Life | 05 February 2023, 15:20
Fakta Kepemimpinan Umar bin Khattab, Jadi Kiblat Toleransi Hingga Kini

Umar bin Khattab, salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW dan juga khalifah kedua dalam sejarah Islam, dirinya punya reputasi sebagai pemimpin yang toleran terhadap berbagai agama dan kepercayaan.

Umar berkuasa pada periode 634 hingga 644 masehi, dirinya juga digolongkang sebagai salah satu dari Khulafaur Rasyidin. Umar bin Khattab menjadi salah satu dari sepulih sahabat Nabi Muhammad SAW yang telah dijamin masuk surga.

Selama pemerintahan Umar bin Khattab kehidupan terasa nyaman dan aman karena rasa toleransi yang sangat tinggi. Umar bin Khattab memang dikenal sebagai pemimpin yang toleran sehingga sangat disegani oleh agama lain.

Pemimpin toleran dan sebagai pelindung

Daun.id

Sumber: Facebook Omar umar bin khattab rasulullah saw

Dalam sejarah Islam, dikenal sebagai pemimpin yang toleran terhadap berbagai agama dan kepercayaan. Umar bin Khattab memperlakukan komunitas Kristen, Yahudi, dan umat Islam dengan sangat adil dan juga memastikan bahwa pemerintahannya tidak memihak kepada satu agama atau kepercayaan tertentu. Hal tersebut lah yang membuat kepemimpinanya sangat disegani dan dikagumi.

Dapat memperlakukan semua hak dengan sama

Daun.id

Sumber: Facebook Syair Sang Sufi Cinta

Umar bin Khattab berhasil memperlakukan semua pihak dengan sama, memberikan mereka hak-hak yang sama dan memastikan bahwa mereka dapat hidup dan beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Dirinya memerintah berbagai wilayah Islam yang beragam dengan mempertimbangkan kepercayaan dan budaya masyarakat setempat, serta memastikan jika pemerintahannya tidak memihak kepada satu kelompok saja.

Menjadi contoh pemimpin masa kini

Daun.id

Sumber: Facebook Nan

Umar bin Khattab sukses menunjukkan bagaimana seorang pemimpin bisa memperlakukan semua pihak dengan adil dan tidak memihak kepada satu kelompok saja. Hal ini menjadi contoh yang baik bagi pemimpin pada masa sekarang dan memperlihatkan bagaimana seorang pemimpin bisa memperlakukan semua pihak dengan tidak diskriminatif dan memberikan mereka hak-hak yang sama tanpda adanya keterpihakan.

Pemimpin bijaksana

Daun.id

Sumber: @fauzanazkhan

Kepemimpinan bijaksana dari Umar bin Khattab punya dampak yang luar biasa pada perkembangan Islam dan membantu memperluas wilayah Islam serta memperkuat pemerintahannya. Kepemimpinan Umar bin Khattab sangat mengesankan dan masih diingat patut dicontoh hingga sekarang, dan menunjukkan bagaimana seorang pemimpin bisa memimpin dengan bijaksana dan berwibawa.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya