Hexilon Obat Radang Tenggorokan, Pahami Manfaat, Dosis dan Harganya

"ketahui manfaatnya"

Life | 05 February 2023, 15:30
Hexilon Obat Radang Tenggorokan, Pahami Manfaat, Dosis dan Harganya

Tenggorokan yang bermasalah memang selalu menjadi salah satu momok kesehatan yang umum, penyebab demam dan penyakit yang lainnya. Berbagai macam hal penyebab Sakit ya Tenggorokan, atau biasa yang disebut dengan Radang Tenggorokan ini.

Mulai dari serak dan nyeri saat menelan makan. Hinggah kesulitan untuk berbicara. Ada sebagian pula yang menganggap Radang Tenggorokan ini adalah masalah yang sepele. Padahal hal itu tidak bisa dianggap semudah itu. Karena bisa saja penyebab dari virus atau bakteri.

Seperti berapa tahun terakhir, salah satu gejala dari COVID-19 adalah saat Tenggorokan Sakit. Jadi belum tentu bisa dianggap seremeh itu. Namun tak perlu khawatir, salah satu obat yang bisa membantu Radang Tenggorokan terjadi sudah tersedia di Apotek, dan juga bisa melakukan rujukan ke dokter untuk lebih amannya.

Manfaat
Salah satu obat yang ada di Apotek yang bisa dikonsumsi saat Radang Tenggorokan menyerang adalah Hexilon. Merupakan obat yang mengandung Methylprednisolon yang merupakan obat golongan glukokortikoid turunan prednisolon yang mempunyai efek kerja dengan cara mengikat dan mengaktifkan reseptor glukokortikoid intraseluler, reseptor glukokortikoid yang diaktifkan berikatan dengan daerah promotor DNA (yang dapat mengaktifkan atau menekan transkripsi) dan mengaktifkan faktor transkripsi yang mengakibatkan inaktivasi gen melalui deasetilasi histon. Obat ini diindikasikan untuk keadaan alergi dan mengurangi peradangan atau supresi inflamasi.

Obat ini yang digunakan untuk terapi supresi inflamasi (peradangan) dan untuk menangani gatal-gatal, kemerahan, dan kekeringan pada kulit, pada beberapa individu dapat mengobati sariawan pada mulut. Hexilon mengandung zat aktif Metilprednisolon yaitu golongan obat kortikosteroid yang dapat mengurangi reaksi inflamasi (gatal-gatal, kemerahan, dll) dengan mencegah pelepasan enzim hidrolase yang sifatnya asam dan destruktif dari sel darah putih sehingga dapat menurunkan permeabilitas dinding kapiler dan pembentukan edema. Sebagai antagonis dari aktivitas histamin penyebab alergi dan melepaskan kinin dari substrat kemudian melakukan pembentukan jaringan perut.
Daun.id

pixabay

Efek Samping
Seperti obat pada umumnya, Hexilon yang berbentuk tablet (methylprednisolone) juga memiliki efek samping. Seperti misalnya retensi cairan dan natrium, hiperglikemia dan intoleransi glukosa, hipokalemia, gangguan pada saluran pencernaan dan ulserasi, depresi reversibel dari hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA) axis, dan perubahan suasana hati seperti euforia ringan, gugup, gelisah, depresi, delusi, halusinasi, dan perilaku kekerasan.

Dosis
Untuk menghindari efek samping yang lebih parah. Alangkah lebih baiknya untuk mengetahui Kadar pengonsumsian atau takaran dosis dari menggunakan obat ini. Di antara adalah sebagai berikut:

-Dosis Awal
Dewasa : 4 - 80 mg/hari. Anak : 0.8 - 1.1 mg/kg BB

- Dosis Pemeriharaan
Dewasa : 4 - 8 mg/hari dosis ditingkatkan menjadi 16 mg/hari
Anak : 2 - 4 mg/hari, dapat ditingkatkan sampai 8 mg/hari

- Dosis Substitusi
Dewasa: 4 - 8 mg/hari, dalam keadaan stres ditingkatkan menjadi 16 mg/hari

Dibandrol mulai Rp33.500 - Rp53.800
Per Strip. Juga di tiap Apotek memiliki harga yang berbeda.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya