Obat Racikan Radang Tenggorokan, Lebih Aman dan Ampuh

"selengkapnya di bawah ini"

Life | 05 February 2023, 16:43
Obat Racikan Radang Tenggorokan, Lebih Aman dan Ampuh

Permasalahan di Tenggorokan selalu menjadi momok kesehatan bagi sebagian orang. Karena merupakan salah satu, penyebab demam dan penyakit yang lainnya. Berbagai macam hal penyebab Sakit ya Tenggorokan, atau biasa yang disebut dengan Radang Tenggorokan ini.

Mulai dari serak dan rasa nyeri saat menelan makanan, juga saat minum. Bahkan di antaranya kesulitan untuk berbicara. Ada sebagian juga menganggap Radang Tenggorokan ini adalah masalah yang sepele. Padahal hal itu tidak bisa dianggap seremeh itu. Karena salah satu penyebabnya dari virus atau bakteri.

Tak perlu khawatir, sudah tersedia obat yang bisa membantu Radang Tenggorokan yang ada di Apotek, dan juga bisa melakukan rujukan ke dokter untuk lebih amannya.

Bila tak ingin melakukan keduanya, kabar baiknya. Banyak dari bahan alami yang bisa diracik, digunakan dan dimanfaatkan untuk membantu mengobati dari Radang Tenggorokan ini. Salah satu di antaranya yang tentu tidak umum lagi, yaitu minum-minuman herbal. Yang memang terkenal juga populer dan sering dijadikan bahan ramuan untuk mengobati sakit.

Apa saja? Simak untuk selengkapnya di bawah ini:
1. Air Hangat Lemon dan Madu
Segala yang hangat-hangat memang terbukti menjadi salah satu minuman untuk meredakan sakit tenggorokan akibat radang. Vitamin C yang terdapat dalam lemon, terbukti dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan dapat membantu mengatasi pilek.
Daun.id

pixabay

2. Air garam
Air garam adalah salah satu bahan alami yang dapat membunuh bakteri. Air garam juga dapat meredakan lendir dan mengurangi rasa sakit. Dapat membuat air garam dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu berkumur-kumur.

3. Teh jahe
Minuman pereda sakit tenggorokan karena radang, yang juga alami berikutnya adalah teh jahe. Jahe sendiri merupakan rempah-rempah yang telah dipercaya mampu mengobati berbagai masalah kesehatan. Khasiat tersebut tidak mengherankan, karena jahe ini mengandung dari komponen antibakteri dan antiradang yang baik untuk tubuh.

Ekstrak dari jahe bisa membunuh bakteri atau virus penyebab penyakit dari pernapasan. Selain itu, jahe juga dianggap ampuh mengurangi peradangan pada pasien tuberkulosis (TBC).

Makanya, sudah tidak heran lagi bila jahe dipercaya bisa menjadi minuman untuk radang tenggorokan karena kandungan antibakteri dan antiradangnya.

4. Jus Buah dan Sayur
Jus buah dan sayur Saat sakit tenggorokan dan tidak nafsu makan, tubuh bisa kekurangan nutrisi penting untuk melawan penyakit. Agar tidak lemas dan tubuh kebagian asupan antioksidan, penderita sakit tenggorokan dianjurkan mengonsumsi jus buah dan sayur. Pilih buah dan sayur kaya antioksidan seperti blueberry, stroberi, mangga, bayam, atau kol merah.

5. Air Putih Biasa
Tentunya yang satu ini sudah umum. Namun juga tak bisa untuk disepelekan. Yaitu selalu rutin meminum air biasa, terlebih saat cuaca atau kondisi sedang tidak baik. Akan sangat membantu mengembalikan sistem imun dan membantu diri untuk memperkuat imun.

6. Daun-daunan
Salah satu di antaranya yang tentu tidak umum lagi adalah daun-daunan. Yang memang terkenal dan sering dijadikan bahan ramuan untuk mengobati sakit.

Di antaranya seperti Daun Sirih, Daun Mint, dan Daun Sawo. Untuk lebih lengkapnya mengenai daun-daunan, bisa simak manfaat dan cara membuat ya, di bawah ini:
Daun.id

pixabay

- Daun Sirih
Yang pertama adalah Daun sirih. Tentu tidak hanya memiliki manfaat yang terkenal dan juga baik untuk area kewanitaan. Pula sebagai obat alami batuk berdahak.

Dan Daun Sirih ini mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal. Yang pastinya membantu dalam permasalahan yang terjadi di Tenggorokan akibat Radang.

Cara membuat:
Untuk memanfaatkan sebagai obat, bisa memperhatikan beberapa cara di bawah ini;

1. Rebus daun sirih 3 hingga 4 lenbar dengan air secukupnya hingga mendidih. Tuang ke dalam gelas
2. Setelah dingin, rebusan daun sirih tersebut bisa digunakan untuk berkumur. Ulangi hingga Tenggorokan merasa sedikit lega
3. Bisa juga menambahkan tiga lembar daun widoro upas dalam rebusan air daun sirih
4. Caranya, sama dengan yang di atas, didihkan daun sirih dengan daun widoro upas. Setelah dingin, gunakan air rebusan untuk berkumur

- Daun Mint
Daun Mint selama ini dikenal sebagai obat alami untuk mengharumkan napas tak sedap. Selain itu, Daun Mint juga bisa menjadi obat radang tenggorokan alami.

Daun Mint memiliki nama latin Mentha piperita. Dibeberapa daerah Daun Mint dikenal dengan sebutan daun pokok (Melayu), bijanggut, bujanggut (Sunda), janggot (Jawa).

Daun Mint mengandung mentol yang dapat mengencerkan lendir dan meredakan radang tenggorokan. Selain itu, zat ini juga bersifat antiperadangan, antibakteri, sekaligus antivirus yang bisa membantu mengobati radang tenggorokan.

Selain itu, kandungan Daun mint juga terdiri dari mentol, kalium, magnesium, vitamin C, vitamin A, kalsium, fosfor, dan zat besi. Tak hanya kandungannya yang banyak Daun Mint juga memiliki banyak khasiat diantaranya: mengatasi sakit tenggorokan, sebagai antiseptic, dapat melawan bau mulut dan kuman di gigi dan gusi dibuat dalam pembuatan pasta gigi.

Cara Membuat:
1. Ambil daun sebanyak 3 x 1-3 g daun/hari
2. Kemudian daun direbus dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas air dinginkan, disaring dan diminum sekaligus.

- Daun Sawo
Tak banyak yang tahu, ternyata buah dari kegemaran orang-orang Sawo. Tepatnya pada daunnya memiliki banyak khasiat. Daun Sawo bisa dijadikan untuk obat Radang. Yang terutamanya peradangan yang terjadi di tenggorokan.

Daun Sawo ini memiliki fungsi sebagai pelega tenggorokan dan mengatasi radang. Serta manfaat dari Daun sawo untuk kesehatan kulit yang bisa digunakan untuk mengobati borok, atau Luka yang terus bernanah dan beranak ketika menggaruknya.

Daun sawo sebagai daun yang ampuh untuk mengobati influenza atau sering disebut dengan penyakit flu. Yang juga faktor utamanya dari permasalahan di Tenggorokan. Daun Sawo ini akan membantu dalam membuang virus yang menjadi penyebab munculnya flu, yang terjadi di tubuh. Tentu dalam hal ini bisa mengatasi Radang di Tenggorokan. Sebagian orang umum mengenalnya sebagai penyebab Flu, Demam dan sakit lainnya.

Cara Membuat:
Dengan berbagai manfaat yang bisa diambil. Tentunya tak sembarang dalam mengolah Daun Sawo ini. Lebih jelas dan lengkapnya bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Ambil sebanyak satu mangkuk dari Daun Sawo ini
2. Potong-potong lalu seduh dalam dua gelas air bersih
3. Dalam perebusannya membutuhkan waktu selama 10 menit
4. Air hasil rebusan bisa digunakan langsung untuk berkumur

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya