Cefadroxil Antibiotik Obat Radang Tenggorokan, Ketahui Manfaat serta Dosisnya

"simak di bawah ini"

Life | 06 February 2023, 06:25
Cefadroxil Antibiotik Obat Radang Tenggorokan, Ketahui Manfaat serta Dosisnya

Ketika Radang Tenggorokan menyerang, orang-orang langsung menduga bahwa itu bermula dari makanan yang terlalu berminyak. Padahal itu bisa muncul karena banyak hal. Ada beberapa penyakit virus yang dipercaya juga mampu menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan, antara lain virus cacar air, virus influenza, virus campak, hingga mononukleosis. Berikut ini adalah penyebab sakit tenggorokan:

- Alergi pada serbuk sari
- Penyakit asam lambung (GERD) akibat naiknya asam lambung dari perut ke tenggorokan
- Iritasi yang disebabkan oleh alkohol dan rokok
- Udara yang kering
- Ketegangan otot akibat berteriak terlalu lama
- Penyakit tumor yang mengandung kanker pada bagian tenggorokan dan lidah

Manfaat
Namun tenang, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi saat sakit Radang ini menyerang. Dari Apotek hingga yang alami. Dan Obat Apotek yang bisa dicoba salah satunya adalah Cefadroxil.

Adalah obat antibiotik golongan sefalosporin. Obat ini bekerja dengan cara membunuh atau mencegah pertumbuhan bakteri sehingga infeksi bisa teratasi hingga tuntas oleh sistem kekebalan yang ada di tubuh.
Daun.id

pinterest

Juga antibiotik yang bisa mengatasi berbagai infeksi bakteri, misalnya di tenggorokan, amandel, kulit, atau saluran kemih. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk mencegah infeksi di lapisan jantung (endokarditis) sebelum operasi gigi atau tindakan medis di saluran pernapasan atas.

Efek Samping
Namun ada beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah mengonsumsi Cefadroxil. Dan ini perlu juga untuk diwaspadai. Di antaranya adalah;

- Mual atau muntah
- Sakit perut
- Diare

Dosis
- Dewasa atau anak dengan berat badan (BB) >40 kg:
000 mg, 1 kali sehari atau 500 mg, 2 kali sehari, selama minimal 10 hari
- Anak dengan BB <40 kg:
30 mg/kgBB per hari yang dibagi dalam 1–2 jadwal konsumsi, selama minimal 10 hari

Harga untuk obat ini tergantung di tiap Apotek. Tentunya Apotek satu dengan yang lainnya mematok harga yang berbeda.
Yaitu; Rp6.800

Ciri-Ciri Radang Tenggorokan
Setelah mengetahui manfaat dari obat Cefadroxil ini. Alangkah jauh lebih pentingnya untuk mengetahui ciri atau gejala dari Radang Tenggorokan ini. Yang terkadang dapat sembuh dengan sendirinya, namun tidak jarang pula radang tenggorokan ini menjadi gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Berikut ini adalah ciri-ciri dari gangguan kesehatan radang tenggorokan:

- Rasa sakit dan gatal pada tenggorokan
- Nyeri ketika menelan dan berbicara
- Suara menjadi serak
- Batuk-batuk dan lainya.

Pengobatan Alami Radang Tenggorokan
Pengobatan lain yang bisa dilakukan pada radang tenggorokan tergantung pada penyebabnya. Bila ingin mencoba obat lain selain Cefadroxil di atas, boleh mencoba atau melakukan cara Alami. Berikut ini adalah beberapa perawatan rumahan yang bisa dilakukan adalah:

1. Air Putih
Memperbanyak minum air putih dan cairan hangat, seperti teh lemon atau sup hangat.

2. Air Garam
Berkumur dengan air garam. Air garam dapat meredakan bengkak, mencairkan dahak menggumpal, meringankan ketidaknyaman saat menelan, serta membantu membasmi bakteri di tenggorokan.

3. Madu dan lemon
 Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman perasan lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C.

4. Teh Jahe
Teh jahe juga dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Sensasi rempah jahe yang pedas manis juga dapat menenangkan tenggorokan yang iritasi saat radang.

5. Gunakan pelembab udara atau vaporizer di ruangan atau kamar tidur. Hal tersebut terbukti cukup efektif untuk membantu meredakan nyeri Tenggorokan dari aroma pelembab udara tersebut.

6. Cuka apel dan garam
Mengatasi radang tenggorokan dengan cuka apel sebagai berikut cara Membuatnya:
1. Masukkan 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat
2. Kemudian minumlah selagi hangat

Ramuan obat alami untuk sakit tenggorokan dari cuka apel juga bisa dibuat dengan mencampurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu.

Selanjutnya, kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal. Cuka apel bersifat asam sehingga dapat menciptakan lingkungan yang menghambat virus dan bakteri untuk memperbanyak diri dan bertahan hidup.
Daun.id

pixabay

6. Kunyit
 Kunyit adalah bahan antioksidan yang sangat kuat. Kunyit berfungsi untuk mengobati beberapa kondisi termasuk sebagai obat herbal untuk radang tenggorokan.

Cara Membuatnya:
1. Campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat
2. Lalu berkumur selama beberapa detik
3. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami untuk sakit tenggorokan ini dapat bekerja lebih optimal.

7. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat antibakteri. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan yang optimal, Kamu dianjurkan untuk mengunyahnya. Ketika hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus.
Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit. Jika tidak sanggup untuk memakannya mentah-mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus.

8. Istirahat yang cukup. Karena keadaan tubuh yang membaik cukup berpengaruh .

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya