Fakta Perang Sassanian, Awal Masuknya Islam di Iran

"Harus menghadapi kesulitan melawan Persia"

Life | 06 February 2023, 14:02
Fakta Perang Sassanian, Awal Masuknya Islam di Iran

Perang Sassanian merupakan sebutan untuk perang yang terjadi pada masa pemerintahan Dinasti Sassanian di Persia. Ada beberapa perang besar yang terjadi selama masa pemerintahan Sassanian, seperti Perang Rome-Persia, Perang Heraclius-Persia, hingga Perang Arab-Persia. Perang-perang ini juga berhasil mempengaruhi dinamika politik, ekonomi, dan budaya Persia dan sekitarnya dan memiliki dampak yang signifikan kepada perkembangan sejarah dunia.

Dinasti Sassanian
sukses dikalahkan oleh Islam. Dengan kemenangan tersebut membuat Islam berhasil masuk ke tanah Iran dan mempengaruhi berbagai bentuk dan perkembangan khalifah dalam Islam.

Dinasti Sassanian punya pemerintahan yang kuat

Daun.id

Sumber: Facebook Forum Bincang Sejarah

Dinasti Sassanian berkuasa di Iran mulai dari tahun 224 hingga 651. Mereka punya pemerintahan yang kuat dan memperluas wilayah mereka melalui berbagai perang.

Pasukan Arab Muslim mengalahkan pasukan Sassanian dalam perang yang sangat sengit dan akhirnya Iran dikuasai oleh dinasti Arab Umayyah pada tahun 651.

Menjadi titik balik sejarah Islam di Iran

Kekalahan Sassanian juga menjadi titik balik besar dalam sejarah Iran dan membawa banyak perubahan. Proses penyebaran Islam di tanah Iran juga berlangsung secara bertahap dan dalam beberapa abad, budaya dan tradisi Persia berintegrasi dengan budaya Islam.

Penerimaan Islam oleh masyarakat Persia tidak selalu mudah dan menemui banyak hambatan. Ada begitu banyak perlawanan terhadap penaklukan dan penyebaran Islam di Iran. Namun akhirnya Islam menjadi bagian penting dari budaya dan sejarah Iran dan mempengaruhi banyak aspek masyarakat, termasuk politik, sosial, dan budaya.

Kemenangan Islam mengalahkan Dinasti Sassanian

Daun.id

Sumber: Facebook Johanes Christiono

Kemenangan Islam dalam Perang Sassanian pada tahun 651 menandai akhir dari Dinasti Sassanian dan juga membuka jalan bagi penyebaran Islam di Persia. Kemenangan dalam perang Sassanian tersebut membuat banyak orang Persia tertarik pada agama baru dan mempengaruhi perkembangan Islam di wilayah tersebut.

Setelah Perang Sassanian, banyak wilayah Persia yang dikuasai oleh Muslim dan mempengaruhi perkembangan Islam di Persia. Dalam beberapa tahun setelah perang, banyak orang Persia yang memeluk Islam.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya