Fakta Khalid bin Walid Sang Pemimpin Bijaksana, Dijuluki Tuan Para Pejuang

"Punya strategi perang yang cerdas"

Life | 06 February 2023, 14:25
Fakta Khalid bin Walid Sang Pemimpin Bijaksana, Dijuluki Tuan Para Pejuang

Khalid bin Walid merupakan seorang pemimpin perang dan pejuang Islam terkenal pada masa Rasulullah dan pemerintahan sahabat Abu Bakar As Shidiq, Umar bin Khattab, dan Utsman bin Affan.

Dirinya memainkan peran begitu penting dalam berbagai pertempuran dalam memperluas dan memperkuat wilayah Islam pada masa tersebut dan dirinya dikenal sebagai Sword of Allah yang berarti Pedang Allah karena kemampuannya dalam perang.

Khalid bin Walid punya rekam jejak yang sangat baik dalam peperangan pada masa pemerintahan sahabat Abu Bakar As Shidiq, Umar bin Khattab, dan Utsman bin Affan. Dirinya memimpin banyak pertempuran dan membantu untuk memperluas serta memperkuat wilayah Islam.

Perang Mu'tah

Daun.id

Sumber: Abi Burhan

Khalid bin Walid memimpin pasukan Islam dalam pertempuran melawan melawan alinasi dari bangsat arab yang memeluk Nashara dan bangsa Barat. Perang Mu'tah juga dianggap sebagai salah satu perang penting karena merupakan ujian bagi pasukan Islam dan kemampuan Khalid bin Walid sebagai pemimpin perang.

Sebelum dimpimpin oleh Khalid bin Walid, perang ini dipimpin oleh Zaid bin Haritsah yang wafat dalam perang, kemudian digantikan oleh Ja'far bin Abi Thalib namun kembali wafat, kepemimpinan beralih ke Abdullah bin Rawahah namun kembali wafat, seperti yang dikatakan oleh Rasulullah SAW, jika ketiganya wafat maka kaum muslim harus menentukan pemimpin sendiri, dan dengan kesepakatan mereka menunjuk Khalid bin Walid sebagai pemimpin perang.

Khalid bin Walid berhasil mengembalikan situasi dari kekahalan menjadi kemenangan dengan strategi jutunya melawan musuh.

Perang Tabuk

Daun.id

Sumber: Alfisyakhrin

Perang Tabuk adalah perang besar yang terjadi pada tahun 630 Masehi antara umat Islam melawan kerajaan Romawi. Pada perang ini, Khalid bin Walid memegang peran sebagai komandan pasukan Islam dan memimpin serangan terhadap musuh.

Khalid memang dikenal memiliki strategi perang yang unik dan cerdas, seperti taktik pengalihan dan pengecoh musuh. Kepemimpinan yang luar biasa juga diakui dan sukses memimpin pasukannya untuk memenangkan perang, meskipun dengan pasukan yang jauh lebih kecil.

Dapat julukan Tuan para pejuang

Daun.id

Sumber: Enda Permana

Khalid bin Walid dikenal sebagai Tuan Para Pejuang. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam memimpin dan memenangkan banyak pertempuran dalam masa awal Islam. Dirinya punya strategi dan taktik yang luar biasa dalam memimpin pasukan dan memenangkan banyak pertempuran penting, seperti Perang Mu'tah, dan Perang Tabuk.

(fahrul hikami/i)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya