9 Obat Herbal Radang Tenggorokan untuk Anak, Aman dan Ampuh

"Tak perlu risau jika anak sakit radang tenggorokan."

Life | 06 February 2023, 19:00
9 Obat Herbal Radang Tenggorokan untuk Anak, Aman dan Ampuh

Radang tenggorokan yang terjadi pada anak biasanya dialami oleh anak-anak berusia 5 sampai 15 tahun. Selain itu, penyakit ini umumnya muncul saat musim-musim tertentu misalnya musim hujan. Melansir dari Harvard Medical School, radang tenggorokan merupakan infeksi yang diakibatkan karena adanya bakteri. Adapun faktor radang tenggorokan dialami anak ialah bakteri yang dikenal dengan Streptococcus pyogenes.

Mengatasinya dengan obat herbal radang tenggorokan bagi anak merupakan pilihan yang tepat. Alasannya, obat ini tidak akan memberikan efek samping yang berat atau tanpa efek samping. Terdapat banyak jenis obat herbal yang bisa dipakai guna mengatasi radang tenggorokan. Namun, kamu perlu mengetahui gejala radang tenggorokan yang terjadi pada anak seperti berikut:

- Demam
- Amandel
- Sakit tenggorokan
- Kelenjar leher rasanya sakit atau bengkak

Jika setelah tiga hari muncul infeksi berikut segera hubungi dokter, yakni:

- Mual
- Sakit kepala
- Susah ketika menelan
- Hilangannya selera makan
- Bercak merah dan putih pada tenggorokan

Berikut ini beberapa obat herbal radang tenggorokan untuk anak, yakni:

1. Teh chamomile
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Teh chamomile merupakan salah satu obat herbal yang dapat digunakan dalam mengatasi radang tenggorokan pada anak. Secara alami teh ini mampu menenangkan rasa tidak nyaman yang terjadi di tenggorokan. Jenis teh ini biasanya dipakai sebab mempunyai sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang baik guna menyembuhkan radang tenggorokan.

Di sisi lain, sebuah penelitian di Molecular Medicine Reports, menjelaskan bahwa menghirup uap chamomile bisa membantu mengatasi gejala pilek, terlebih radang tenggorokan. Konsumsi teh chamomile juga dapat memberikan khasiat yang sama. Hal ini juga bisa merangsang sistem kekebalan guna membantu tubuh anak melawan infeksi yang menimbulkan radang tenggorokan.

2. Air hangat dengan lemon dan garam

Obat herbal radang tenggorokan untuk anak selanjutnya adalah air hangat dengan lemon dan garam. Air hangat yang dicampur sedikit air lemon dan garam dapat membantu mengurangi gejala radang tenggorokan pada anak. Bahan ini dapat membuka saluran napas dan mengobati gejala radang tenggorokan.

3. Jahe

Obat herbal radang tenggorokan untuk anak berikutnya ialah jahe. Jahe mempunyai sifat anti-inflamasi dan antivirus yang mampu mengatasi gejala radang tenggorokan terhdap anak. Anak-anak bisa konsumsi air jahe hangat atau minum jus jahe.

4. Lidah buaya

Lidah buaya adalah obat herbal radang tenggorokan untuk anak selanjutnya. Bahan dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat meredakan gejala radang tenggorokan pada anak. Anak-anak bisa minum jus lidah buaya atau konsumsi gel lidah buaya secara langsung.

5. Pisang
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Pisang merupakan asupan yang baik dalam mengatasi radang tenggorokan pada anak. Alasannya, buah ini lembut dan tidak memiliki kandungan asam. Sehingga, buah ini cocok bagi tenggorokan anak yang tengah sensitif. Buah dengan kandungan vitamin C yang baik bagi sistem kekebalan tubuh, maka anak bisa dengan mudah pulih dan dijauhkan dari serangan penyakit lain.

6. Madu

Madu ialah obat herbal yang begitu baik terhadap radang tenggorokan pada anak. Madu mempunyai sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang ampuh mengurangi gejala radang tenggorokan dan infeksi. Anak-anak bisa konsumsi air madu hangat dengan campuran sedikit air lemon atau air garam, atau konsumis madu secara langsung.

Pada artikel penelitian di Evidence-Based Practice, juga memperkuat khasiat madu guna mengobati masalah terhadap tenggorokan, seperti halnya radang tenggorokan. Dijelakan bahwa madu sama ampuhnya dengan dekstrometorfan, yang termasuk obat efektif yang menekan batuk yang terjadi pada anak-anak.

7. Propolis

Propolis merupakan produk alami yang diproduksi oleh lebah yang mempunyai sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Anak-anak bisa konsumsi propolis dengan cara memasukkannya ke dalam air atau memakannya secara langsung.

8. Habbatussauda

Habbatussauda merupakan minyak yang diproduksi dari biji kurma dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Anak-anak bisa mengonsumsi habbatussauda dengan cara memasukkannya ke dalam air atau memakannya secara langsung.

9. Ekstrak daun sirih

Ekstrak daun sirih dengan sifat antibakteri yang efektif dalam meredakan gejala radang tenggorokan pada anak. Anak-anak bisa konsumsi air ekstrak daun sirih atau langsung memakan daun sirih.

Cara mencegah penyebaran radang tenggorokan

Guna mencegah penyebaran radang tenggorokan pada anak, kamu bisa mencoba beberapa hal seperti:

- Ajarkan anak supaya mencuci tangan secara baik dan sering.
- Kamu dapat memisahkan peralatan makan, piring, dan gelas minum anak dan cuci memakai air sabun yang panas usai dipakai.
- Upayakan anak tidak berbagi serbet, sapu tangan, makanan, minuman, atau handuk kepada anggota keluarga atau orang lain.
- Ajari anak agar menutup mulut ketika hendak bersin atau batuk. Hal ini bisa dilakukan dengan memakai tisu, atau lengan baju, bukan tangan.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya