8 Obat Radang Tenggorokan Kronis di Apotek, Aman dan Ampuh

"Ketahui obat yang ampuh atasi penyakit ini."

Life | 06 February 2023, 19:08
8 Obat Radang Tenggorokan Kronis di Apotek, Aman dan Ampuh

Radang tenggorokan merupakan keadaan medis yang muncul di tenggorokan karena infeksi virus atau bakteri. Umumnya, radang tenggorokan diiringi dengan gejala yakni demam, batuk, bersin, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Keadaan ini dapat menyebalkan dan membuat penderitanya terasa tidak nyaman.

Radang tenggorokan biasanya muncul saat musim dingin atau musim hujan, sebab virus dan bakteri lebih mudah menyebar di lingkungan yang lembab dan dingin. Adapun gejala radang tenggorokan umumnya timbul pada waktu 2-5 hari usai infeksi dan dapat berlangsung dalam beberapa hari sampai mingguan.

Umumnya, radang tenggorokan dapat dicegah dengan konsumsi makanan yang sehat, menjaga kebersihan dan kesehatan, dan hindari lingkungan yang berdebu dan lembab. Jika kamu melakukan hal tersebut, tentu dapat mengurangi risiko terkena radang tenggorokan. Akan tetapi, jika kamu telah terkena penyakit ini dapat menyembuhkannya dengan obat berikut:

1. Clindamycin
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Clindamycin ialah antibiotik yang bermanfaat pada radang tenggorokan karena infeksi bakteri. Clindamycin masuk dalam kelas linkosamida atau linkomisin yang bekerja caranya dengan mencegah bakteri, supaya tidak memproduksi protein guna reproduksinya.

Terdapat beberapa efek samping clindamycin yang muncul seperti ruam kulit yang ringan dan kulit gatal. Antibiotik tersebut juga mampu mengakibatkan sakit perut dan mual terhadap pengguna.

Harga: Rp. 18.000

2. Permen pelega tenggorokan (lozenges)

Obat radang tenggorokan kronis yang dapat diperoleh di apotek, yakni permen hisap pereda tenggorokan. Terdapat beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di supermarket juga dapat menjadi obat guna mengurangi rasa sakit karena radang. Rata-rata permen pelega tenggorokan memiliki kandungan ekstrak mentol, peppermint, atau eucalyptus.

Kandungan itu dapat memberikan efek sejuk serta sensasi hangat di tenggorokanmu. Ketiga bahan alami ini juga mempunyai kandungan senyawa antiperadangan, antibakteri, dan antivirus yang mampu mempercepat proses penyembuhan.

Harga: Rp. 35.880Amoxicillin

3. Amoxicillin

Amoxicillin ialah jenis antibiotik yang umumnya diresepkan dokter guna mengobati penyakit infeksi bakteri, terutama radang tenggorokan. Amoxicillin termasuk pada kelas antibiotik penisilin, jenis kelas antibiotik pertama yang telah ditemukan. Amoxicillin cara kerjanya dengan menekan bakteri supaya tidak membentuk dinding sel, maka mencegah mikroba ini dalam berlipat ganda.

Tanpa dinding sel ini, bakteri tidak mampu dalam bertahan hidup. Amoxicillin memiliki risiko dalam menyebabkan efek samping tertentu usai mengonsumsinya. Adapun beberapa efek samping yang biasa terjadi seperti diare, ruam kulit, mual, muntah, dan infeksi jamur terhadap vagina.

Harga: Rp. 3.900

4. Strepsils

Obat radang tenggorokan kronis selanjutnya ialah strepsils. Adapun fungsinya yakni untuk mengatasi radangan tenggorokan,  bau mulut, dan nyeri mulut. Obat tersebut mempunyai komponen antibakteri dan antiseptik yang mampu guna membasmi bakteri dan virus. Tidak hanya itu, obat Strepsils memiliki bermacam rasa yakni madu, stroberi, lemon, mint, dan lainnya yang mampu meredakan radang tenggorokan.

Harga: Rp. 42.000

5. FG Troches
Daun.id

Sumber: Pexels..com

FG Troches dengan kandung neomycin sulfate (fradiomycin sulfate) 2,5 mg dan gramicidin 1 mg. Jenis 2 antibiotik itu bermanfaat guna menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, contohnya bakteri Streptococcus atau Bacteroides, yang mampu menyebabkan infeksi pada rongga mulut dan tenggorokan. Manfaat obat itu ialah mengatasi radang tenggorokan yang muncul karena staphylococcus dan streptococus serta untuk pencegahan infeksi setelah operasi mulut.

Peringatan sebelum meminum FG Troches

FG Troches adalah antibiotik yang tidak dapat dikonsumsi dengan sembarangan. Adapun hal yang bisa di perhatikan sebelum minum FG Troches, yakni:

- Jangan minum FG Troches apabila kamu alergi dengan kandungan pada obat ini atau aminoglikosida lain, misalnya amikacin, kanamycin, streptomycin, gentamicin, atau tobramycin.
- Jangan konsumsi FG Troches lebih dari 7 hari, kecuali dengan menggunakan petunjuk dokter. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter apabila keluhan yang terjadi belum membaik dengan FG Troches usai 7 hari pemakaian.
- Beritahu dokter apabila kamu menderita penyakit myasthenia gravis, penyakit Parkinson, kolitis ulseratif, ginjal, penyakit Crohn, atau ir.

Dosis dan aturan penggunaan FG Troches
 
Dosis FG Troches
yang telah diresepkan oleh dokter tergantung terhadap keadaan pasien. Adapun rincian dosis umum FG Troches, yakni sebagai berikut:

- Dewasa: 1–2 tablet isap, 4–5 kali sehari.
- Anak-anak: 1 tablet isap, 4–5 kali sehari.

Efek samping dan bahaya pemakaian FG Troches

Selain itu, kamu perlu mengetahui efek samping yang dapat terjadi ketika menggunakan FG Troches dengan kandung neomycin, yakni:

- Mual.
- Diare.
- Muntah.
- Sakit perut.
- Turunnya selera makan.

Harga: Rp. 1.921/tablet

6. Lo Han Kuo

Obat Lo Han Kuo memiliki manfaat dalam mengatasi radang tenggorokan, panas dalam, mengatasi batuk, sariawan, membantu meredakan dahak, sampai dapat menguatkan paru-paru.

Obat ini tersedia dengan bentuk kotak blok yang didalamnya memiliki kandung sari buah Lo Han Kou dan tambahan gula tebu. Kamu cukup melarutkan satu blok Lo Han Kuo pada 100 ml air panas dan meminumnya. Obat tersebut mampu diminum 2 kali sehari.

Harga: Rp. 25.000/pcs

7. Cefixime

Cefixime adalah antibiotik yang efektif dalam mengatasi infeksi bakteri, termasuk radang tenggorokan, infeksi telinga, sampai infeksi saluran kemih. Cefixime termasuk pada kelas antibiotik yang dikenal sefalosporin yang bekerja dalam membunuh bakteri penyebab terjadinya infeksi.

Cefixime juga mampu menyebabkan berbagai efek samping. Adapun beberapa efek samping yang biasanya terjadi yakni sebagai berikut:

- Mual
- Muntah
- Diare
- Sakit perut
- Perut bergas
- Heartburn

Harga: Rp. 7.000/tablet

8. Azithromycin

Azithromycin juga bisa jadi pilihan antibiotik radang tenggorokan, apabila pasien mempunyai alergi pada obat-obat penisilin misalnya amoxicillin. Azithromycin termasuk pada golongan antibiotik makrolida yang cara kerjanya dengan menekan terjadinya pertumbuhan bakteri yang menginfeksi.

Efek samping azithromycin biasanya terjadi, yaitu diare dan feses yang berair dan lunak. Dalam beberapa kasus, azithromycin juga mampu mengakibatkan pembengkakan di daerah tubuh tertentu, demam, dan reaksi kulit contohnya iritasi, kulit kering, melepuh, gatal, dan kemerahan.

Harga: Rp. 3.000/kaplet

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya