10 Obat Hidung Tersumbat dan Radang Tenggorokan secara Alami

"Atasi gejala sakit ini secara alami."

Life | 06 February 2023, 19:38
10 Obat Hidung Tersumbat dan Radang Tenggorokan secara Alami

Hidung tersumbat dan radang tenggorokan merupakan keadaan yang umumnya disertai dengan gejala yakni hidung tersumbat, pilek, nyeri dan gatal di tenggorokan, dan batuk. Hidung tersumbat bisa terjadi karena infeksi, alergi, atau lingkungan yang kering. Di sisi lain, radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Kedua keadaan ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang. Adapun beberapa pengobatan yang tersedia guna mengobati hidung tersumbat dan radang tenggorokan seperti obat-obatan, terapi udara lembab, dan beberapa teknik relaksasi. Tidak hanya itu, kamu dapat menyembuhkannya dengan beberapa obat alami berikut ini:

1. Sup hangat
Daun.id

Sumber: Pexels.com


Obat radang tenggorokan
yang pertama ialah sup hangat. Siapa yang mengira bahwa makanan yang enak tidak dapat dijadikan obat? Ternyata, sup hangat dengan kaldu ayam atau daging dapat dijadikan sebagai obat alami sakit tenggorokan, sebab makanan hangat yang satu ini bisa mengurangi iritasi dan tenggorokan kering.

Sup ketika sakit tergolong mudah dan nikmat, mengingat makanan ini mudah ditelan walaupun radan sakit. Dengan konsumsi makanan yang mudah dikonsumsi contohnya sup, nutrisi yang diperlukan tubuh dalam melawan infeksi bisa terpenuhi, serta memperolehkan cairan tambahan guna mencegah dehidrasi.

2. Air hangat

Obat hidung tersumbat dan radang tenggorokan ialah air hangat. Dengan menghirup uap air hangat bisa membantu melembabkan tenggorokan dan mengatasi hidung tersumbat. Kamu dapat menambahkan rempah-rempah seperti jahe atau kayu manis guna menambah efek menenangkan.

3. Akar marshmallow

Dikutip dari Medical News Today, akar marshmallow (Althaea officinalis) terdapat senyawa layaknya lendir yang bisa melapisi dan menghilangkan radang tenggorokan. Dalam menggunakan untuk obat radang tenggorokan, kamu hanya perlu tambahkan sedikit akar kering marshmallow ke secangkir air mendidih, agar menjadi seduhan. Minum obat ini dua sampai tiga kali sehari bisa menghilangkan radang tenggorokan.

4. Salt water rinse

Obat hidung tersumbat dan radang tenggorokan berikutnya dengan salt water rinse. Kamu dapat menyiram hidung dengan solusi garam bisa membersihkan hidung dan meredakan gejala radang tenggorokan. Kamu dapat membuat solusi dengan mencampur satu sendok teh garam dengan satu cangkir air hangat.

5. Air putih

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Ketika kamu terkena radang tenggorokan, cukup minum lebih banyak cairan supaya dapat meringankan rasa sakitnya. Menjaga asupan cairan tubuh ialah bagian penting dari mengatasi sakit tenggorokan karena radang secara alami.

Saat kamu kekurangan cairan, tubuh tidak bisa menghasilkan cukup air liur dan lendir supaya menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal ini dapat menimbulkan pembengkakan dan membuat peradangan kian memburuk. Sehingga, kamu perlu memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi supaya keadaan tenggorokan tetap lembab.

6. Teh herbal

Obat hidung tersumbat dan radang tenggorokan berikutnya adalah teh herbal. Teh herbal bisa membantu meredakan gejala hidung tersumbat dan radang tenggorokan. Beberapa teh yang ampuh dalam mengatasi keadaan tersebut meliputi teh jahe, teh thyme, dan teh echinacea.

7. Kumur dengan air baking soda

Obat kumur air asin lebih sering dipakai, berkumur memakai air garam yang dikombinasi dengan baking soda atau soda kue juga bisa meredakan radang tenggorokan. Berkumur larutan ini ampuh melawan bakteri dan menekan tumbuhnya ragi dan jamur.

National Cancer Institute (NCI) menyarankan supaya berkumur dan mengaplikasikan secara lembut campuran 1/4 sendok teh baking soda, 1 cangkir air hangat, dan 1/8 sendok teh garam. NCI menyarankan pemakaian setiap tiga jam meyesuaikan kebutuhan.

8. Avoid irritants

Kamu juga dapat menghindari bahan-bahan yang dapat memicu gejala hidung tersumbat dan radang tenggorokan yakni asap rokok, udara kering, dan polusi udara. Dengan begitu, penyakit tersebut diharapkan tidak menyerangmu.

9. Fenugreek atau klabet

Fenugreek punya banyak kegunaan terhadap kesehatan. Tumbuhan herbal dengan nama menthi itu, diyakini mempunyai banyak macam. Seseorang dapat mengkonsumsi biji fenugreek dengan minyak topikal atau minum teh fenugreek. Teh fenugreek merupakan obat alami dalam menghilangkan radang tenggorokan.

Dalam sebuah penelitian memperlihatkan kekuatan pengobatan fenugreek, yaitu mampu menguragi nyeri dan membasmi bakteri yang memicu iritasi atau peradangan. Fenugreek adalah antijamur yang ampuh. National Center for Complementary and Integrative merekomendasikan supaya wanita hamil menjauhi fenugreek.

10. Cuka apel

Cuka apel ialah obat radang tenggorokan potensial akibat terdapat bahan antibakteri. Beberapa penelitian menjelaskan, cuka apel mempunyai efek antimikroba dalam melawan infeksi. Sifat asam dari cuka apel mampu menguraikan lendir pada tenggorokan dan menekan penyebaran bakteri. Cara pemakaian cuka apel sebagai obat radang tenggorokan cukup efektif. Kamu dapat mengencerkan satu sampai dua sendok makan cuka apel ke satu cangkir air. Pakai larutan cuka apel itu untuk berkumur dua jam sekali hingga radang tenggorokan hilang.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya