Nanas Obat Radang Tenggorokan yang Aman, Pahami Manfaatnya

Life | 07 February 2023, 10:06

"Pahami manfaat nanas untuk radang tenggorokan."

Nanas Obat Radang Tenggorokan yang Aman, Pahami Manfaatnya

Tenggorokan yang bermasalah memang selalu menjadi salah satu momok kesehatan yang umum, penyebab demam dan penyakit yang lainnya. Berbagai macam hal penyebab Sakit ya Tenggorokan, atau biasa yang disebut dengan Radang Tenggorokan ini.

Mulai dari serak dan nyeri saat menelan makan. Hinggah kesulitan untuk berbicara. Ada sebagian pula yang menganggap Radang Tenggorokan ini adalah masalah yang sepele. Padahal hal itu tidak bisa dianggap semudah itu. Karena bisa saja penyebab dari virus atau bakteri.

Seperti berapa tahun terakhir, salah satu gejala dari COVID-19 adalah saat Tenggorokan Sakit. Jadi belum tentu bisa dianggap seremeh itu. Namun tak perlu khawatir, salah satu obat yang bisa membantu Radang Tenggorokan terjadi sudah tersedia di Apotek, dan juga bisa melakukan rujukan ke dokter untuk lebih amannya.

Bila tak ingin melakukan keduanya, kabar baiknya. Banyak dari buah-buahan bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk membantu mengobati dari Radang Tenggorokan ini. Salah satu di antaranya yang tentu tidak umum lagi adalah yang menjadi bahan inti untuk membantu daging lebih empuk saat membuat date atau membakar sate. Tak lain tak bukan adalah Nanas.

Manfaat
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Buah yang dituduh menjadi salah satu penyebab batuk lebih parah, yaitu Nanas. Disebut juga dengan Ananas comosus merupakan buah yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Meski rasanya manis, buah yang kaya akan serat ini memiliki kalori yang relatif rendah, sehingga sering digunakan sebagai makanan diet.

Kombinasi nutrisi ini membantu melawan penyakit dan membunuh bakteri, termasuk bakteri yang ditemukan pada tenggorokan. Faktanya, penelitian telah menemukan bahwa ekstrak mentah dari buah nanas dapat mengurangi lendir lima kali lebih cepat daripada sirup obat batuk yang dijual bebas.

Selain seluruh nutrisi yang ditemukan yang ada di nanas, minum jus nanas bisa membantu meredakankan sakit tenggorokan dengan mengeluarkan lendir.

Lendir yang kental dan membandel di paru-paru atau sinus dapat menyebabkan batuk yang parah, bersin, dan infeksi yang menyakitkan.

1. Mencegah flu
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Flu
adalah penyakit infeksi virus yang sangat umum, bahkan dikatakan sebagai penyakit musiman. Biasanya, orang lebih rentan tertular flu saat imunitas atau daya tahan tubuhnya menurun, misalnya karena kurang istirahat atau asupan nutrisinya kurang.

Salah satu nutrisi yang dapat memperkuat imunitas tubuh adalah vitamin C. Konsumsi 1 cangkir buah nanas segar, atau sekitar 150 gram, sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Dengan asupan vitamin C yang cukup, daya tahan tubuh akan lebih kuat untuk mencegah dan melawan infeksi, termasuk flu.

2. Mencegah dan mengatasi sembelit
Buah yang mudah diolah menjadi berbagai hidangan ini juga bisa mencegah dan mengatasi sembelit. Manfaat buah nanas tersebut tidak hanya diperoleh dari kandungan serat di dalamnya, melainkan juga dari kandungan airnya yang tinggi dan zat bromelain yang dapat melancarkan pencernaan.

3. Menyamarkan flek hitam
Tingginya kandungan vitamin C serta antioksidan pada nanas membuat buah ini dipercaya dapat mengurangi flek hitam akibat paparan sinar UV dan membuat warna kulit lebih cerah. Manfaat buah nanas ini bisa diperoleh dengan cara mengoleskan krim yang mengandung ekstrak nanas ke kulit wajah secara merata.

4. Mencegah kerutan pada kulit
Manfaat nanas yang juga bisa dirasakan pada kulit adalah mencegah munculnya kerutan. Hal ini berkat kandungan vitamin C dalam nanas yang bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan krim dengan kandungan ekstrak nanas ke kulit wajah. Namun, bila Anda ingin efeknya dirasakan secara umum, bukan hanya di kulit wajah, caranya adalah dengan mengonsumsi buah nanas dan mencukupi asupan vitamin C sehari-hari.

5. Mencegah osteoporosis
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Nanas mengandung berbagai mineral yang penting bagi kesehatan tulang, serta vitamin C yang dapat membantu penyerapan kalsium dari makanan. Kalsium sendiri adalah mineral yang merupakan bahan baku untuk meningkatkan dan menjaga kepadatan tulang.

Jadi, dengan mengonsumsi buah nanas, Anda bisa menambah asupan vitamin dan mineral yang bisa mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

6. Meringankan peradangan usus
Manfaat buah nanas ini adalah berkat kandungan bromelain di dalamnya. Bromelain merupakan enzim khas yang terdapat dalam buah nanas. Selain menjaga kesehatan saluran cerna, enzim ini juga dapat mengurangi peradangan usus akibat penyakit kolitis ulseratif. Dengan begitu, gejala dan keluhannya pun bisa berkurang.

7. Mengurangi nyeri sendi
Kandungan bromelain di dalam buah nanas memiliki efek antiradang. Hal ini membuat buah nanas bermanfaat untuk meredakan berbagai keluhan nyeri akibat peradangan, terutama nyeri sendi.

8. Meredakan sinusitis
Selain mengurangi nyeri sendi, kandungan antioksidan dan enzim bromelain yang bersifat antiradang juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri dan keluhan lain pada sinusitis, yaitu peradangan pada rongga di sekitar hidung.

9. Meredakan batuk
Buah nanas
telah lama dikenal sebagai obat batuk tradisional. Manfaat buah nanas ini juga berkat kandungan bromelainnya. Enzim ini meredakan batuk dengan cara mengencerkan dahak dan mengurangi rangsangan untuk batuk.

Selain itu, buah nanas juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga dapat mempercepat penyembuhan batuk.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juli 2024 akan menjadi waktu yang menyenangkan bagi zodiak Leo. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan potensial untuk menjadi pasangan hidup Anda.



Leo Selengkapnya