5 Jenis Obat Antibiotik untuk Radang Tenggorokan, Ketahui Kandungannya

"Radang tenggorokan mudah diatasi."

Life | 07 February 2023, 11:38
5 Jenis Obat Antibiotik untuk Radang Tenggorokan, Ketahui Kandungannya

Radang tenggorokan merupakan kondisi dimana tenggorokan terjadi iritasi atau peradangan yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Radang bisa terjadi pada siapa saja.

Radang memiliki beberapa ciri-ciri dan gejala. Diantaranya:
1. Rasa sakit ketika menelan, dan rasa gatal pada tenggorokan.

2. Rasa nyeri ketika berbicara
Ketika peradangan sudah parah. Maka, rasa nyeri tidak timbul ketika menelan saja. Tetapi saat berbicara pun terasa sakit atau nyeri.

3. Suara terdengar meredam dan serak

4. Selain itu, ciri-ciri atau gejala radang lain seperti batuk, pilek, demam dan pusing.

Jika ingin mengetahui daftar obat antibiotik radang tenggorokan yang aman, simak beberapa obat berikut ini:

1. Clindamycin
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Clindamycin
merupakan antibiotik yang bermanfaat terhadapp radang tenggorokan karena infeksi bakteri. Clindamycin masuk pada kelas linkosamida atau linkomisin yang bekerja caranya dengan mencegah bakteri, supaya tidak memproduksi protein guna reproduksinya.

Terdapat beberapa efek samping clindamycin yang muncul seperti ruam kulit yang ringan dan kulit gatal. Antibiotik tersebut juga mampu mengakibatkan sakit perut dan mual terhadap pengguna.

Harga: Rp. 18.000

2. Amoxicillin
Amoxicillin
merupakan jenis antibiotik yang umumnya diresepkan dokter dalam mengobati penyakit infeksi bakteri, terutama radang tenggorokan. Amoxicillin termasuk pada kelas antibiotik penisilin, jenis kelas antibiotik pertama yang telah ditemukan. Amoxicillin cara kerjanya dengan menekan bakteri supaya tidak membentuk dinding sel, maka mencegah mikroba ini dalam berlipat ganda.

Tanpa dinding sel ini, bakteri tidak mampu dalam bertahan hidup. Amoxicillin memiliki risiko dalam menyebabkan efek samping tertentu usai mengonsumsinya. Adapun beberapa efek samping yang biasa terjadi seperti diare, ruam kulit, mual, muntah, dan infeksi jamur terhadap vagina.

Harga: Rp. 3.900

3. FG Troches
 FG Troches
mempunyai kandung neomycin sulfate (fradiomycin sulfate) 2,5 mg dan gramicidin 1 mg. Jenis 2 antibiotik itu bermanfaat guna menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, contohnya bakteri Streptococcus atau Bacteroides, yang mampu menyebabkan infeksi pada rongga mulut dan tenggorokan. Manfaat obat itu ialah mengatasi radang tenggorokan yang muncul karena staphylococcus dan streptococus serta untuk pencegahan infeksi setelah operasi mulut.

Peringatan sebelum meminum FG Troches

FG Troches adalah antibiotik yang tidak dapat dikonsumsi dengan sembarangan. Adapun hal yang bisa di perhatikan sebelum minum FG Troches, yakni:

- Jangan minum FG Troches apabila kamu alergi dengan kandungan pada obat ini atau aminoglikosida lain, misalnya amikacin, kanamycin, streptomycin, gentamicin, atau tobramycin.
- Jangan konsumsi FG Troches lebih dari 7 hari, kecuali dengan menggunakan petunjuk dokter. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter apabila keluhan yang terjadi belum membaik dengan FG Troches usai 7 hari pemakaian.
- Beritahu dokter apabila kamu menderita penyakit myasthenia gravis, penyakit Parkinson, kolitis ulseratif, ginjal, penyakit Crohn, atau ir.

Dosis dan aturan penggunaan FG Troches
 
Dosis FG Troches
yang telah diresepkan oleh dokter tergantung terhadap keadaan pasien. Adapun rincian dosis umum FG Troches, yakni sebagai berikut:

- Dewasa: 1–2 tablet isap, 4–5 kali sehari.
- Anak-anak: 1 tablet isap, 4–5 kali sehari.

Efek samping dan bahaya pemakaian FG Troches

Selain itu, kamu perlu mengetahui efek samping yang dapat terjadi ketika menggunakan FG Troches dengan kandung neomycin, yakni:

- Mual.
- Diare.
- Muntah.
- Sakit perut.
- Turunnya selera makan.

Harga: Rp. 1.921/tablet

4. Cefixime
Cefixime
adalah antibiotik yang efektif dalam mengatasi infeksi bakteri, termasuk radang tenggorokan, infeksi telinga, sampai infeksi saluran kemih. Cefixime termasuk pada kelas antibiotik yang dikenal sefalosporin yang bekerja dalam membunuh bakteri penyebab terjadinya infeksi.

Cefixime juga mampu menyebabkan berbagai efek samping. Adapun beberapa efek samping yang biasanya terjadi yakni sebagai berikut:

- Mual
- Muntah
- Diare
- Sakit perut
- Perut bergas
- Heartburn

Harga: Rp. 7.000/tablet

5. Azithromycin
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Azithromycin
juga mampu menjadi pilihan antibiotik radang tenggorokan, apabila pasien mempunyai alergi pada obat-obat penisilin misalnya amoxicillin. Azithromycin termasuk pada golongan antibiotik makrolida yang cara kerjanya dengan menekan terjadinya pertumbuhan bakteri yang menginfeksi.

Efek samping azithromycin biasanya terjadi, yaitu diare dan feses yang berair dan lunak. Dalam beberapa kasus, azithromycin juga mampu mengakibatkan pembengkakan di daerah tubuh tertentu, demam, dan reaksi kulit contohnya iritasi, kulit kering, melepuh, gatal, dan kemerahan.

Harga: Rp. 3.000/kaplet

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 28 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:02 ISYA 19:11  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya