11 Obat Tradisional Buat Radang Tenggorokan secara Alami

"Obat tradisional efektif sembuhkan radang tenggorokan."

Life | 07 February 2023, 16:42
11 Obat Tradisional Buat Radang Tenggorokan secara Alami

Radang tenggorokan merupakan suatu kondisi medis di mana tenggorokan menjadi meradang dan muncul rasa gatal, sakit, dan perih. Radang tenggorokan umumnya diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi, paparan lingkungan yang kasar, atau paparan pada bahan-bahan yang memicu iritasi. Gejala-gejala lain yang mampu terjadi seperti pilek, batuk, dan sesak napas.

Dilansir dari Mayo Clinic, gejala radang tenggorokan yang dialami bisa berbeda-beda, tergantung pada faktor yang mengakibatkannya. Namun, umumnya penderita dapat mengalami beberapa gejala berikut:

- Suara menjadi serak.
- Amandel bengkak atau memerah.
- Terdapat bercak putih di amandel.
- Tenggorokan menjadi gatal atau sakit.
- Kelenjar di leher atau rahang sakit atau bengkak.

Berikut ini beberapa obat tradisional buat radang tenggorokan secara alami, meliputi:

1. Teh chamomile
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Teh chamomile dengan efek menenangkan dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan. Teh ini sudah lama diyakini sebagai pengobatan, terlebih menghilangkan radang tenggorokan.

Teh chamomile biasanya dipakai dalam pengobatan sebab sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan zatnya. Beberapa penelitian telah mengklaim, bahwa menghirup uap chamomile bisa mengobati gejala pilek, terlebih radang tenggorokan.

2. Pakai fenugreek atau klabet

Fenugreek dengan banyak kegunaan dalam kesehatan juga dapat mengatasi radang tenggorokan. Tumbuhan herbal dengan nama menthi itu, diyakini punya banyak variasi. Seseorang dapat mengkonsumsi biji fenugreek dengan minyak topikal atau minum teh fenugreek. Teh fenugreek merupakan obat alami dalam mengobati radang tenggorokan.

Dalam sebuah penelitian memperlihatkan kekuatan pengobatan fenugreek, yakni dapat mengurangi nyeri dan membasmi bakteri yang memicu terjadinya iritasi atau peradangan. Fenugreek termasul dalam antijamur yang ampuh. National Center for Complementary and Integrative merekomendasikan supaya wanita hamil menjauhi fenugreek.

3. Madu

Madu yang dikombinasikan dengan teh atau diminum secara langsung merupakan obat rumahan yang biasanya dipakai dalam meredakan radang tenggorokan. Dikutip dari Health Line, sebuah penelitian menyatakan bahwa madu justru lebih ampuh dalam menghilangkan batuk saat malam hari dibandingkan obat penekan batuk. Di sisi lain, studi lainnya menyatakan bahwa madu merupakan obat yang dapat menyembuhkan luka yang ampuh, yang mampu menunjang penyembuhan radang tenggorokan lebih cepat.

4. Kumur memakai air garam

Berkumur memakai air garam hangat mampu mengatasi radang tenggorokan dan menguraikan sekresi. Metode ini dipercaya bisa melawan bakteri di tenggorokan. Cara menghilangkan sakit tenggorokan memakai air garam begitu mudah.

Pertama, buat larutan air asin menggunakan setengah sendok teh garam pada segelas penuh air hangat. Kamu dapat berkumur memakai air garam itu supaya menyembuhkan pembengkakan dan menjaga kebersihan tenggorokan. Berkumur memakai air garam dapat dipraktikkan setiap tiga jam sekali atau lebih agar memperoleh hasil yang maksimal.

5. Peppermint
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Obat tradisional buat radang tenggorokan selanjutnya ialah peppermint. Bahan ini dikenal dengan manfaatnya dalam menyegarkan napas. Semprotan minyak peppermint yang diencerkan juga bisa mengobati radang tenggorokan. Peppermint terdapat mentol yang bisa mengencerkan lendir dan menghilangkan radang tenggorokan dan batuk. Peppermint juga mempunyai sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antivirus yang mampu menunjang penyembuhan.

Akan tetapi, harus diperhatikan bahwa jangan memakai minyak esensial peppermint tanpa mengkombinasikannya dengan minyak pembawa misalnya minyak almond manis, minyak zaitun, atau minyak kelapa yang dilunakkan. Apabila memakai minyak peppermint, lebih baik dikombinasikan lima tetes minyak esensial serta satu ons minyak pembawa pilihan masing-masing. Upayakan jangan sampai minyak esensial tertelan.

6. Akar manis

Akar manis atau licorice sudah lama dipakai dalam mengobati radang tenggorokan. Dalam sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa itu ampuh jika dikombinasikan dengan air supaya membuat larutan berkumur. Akan tetapi, wanita hamil dan menyusui tidak disarankan untuk melakukan pengobatan ini. Pernyataan itu, berdasarkan National Center for Complementary and Integrative Health.

7. Kumur menggunakan air baking soda

Walaupun obat kumur air asin lebih sering dipakai, berkumur memakai air garam yang dikombinasi menggunakan baking soda atau soda kue juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Berkumur larutan ini ampuh melawan bakteri dan menekan tumbuhnya ragi dan jamur.

National Cancer Institute (NCI) menyarankan supaya berkumur dan mengaplikasikan secara lembut campuran 1/4 sendok teh baking soda, 1 cangkir air hangat, dan 1/8 sendok teh garam. NCI menyarankan pemakaian setiap tiga jam meyesuaikan kebutuhan.

8. Akar marshmallow

Dikutip dari Medical News Today, akar marshmallow (Althaea officinalis) punya senyawa layaknya lendir yang mampu melapisi dan meredakan radang tenggorokan. Dalam penggunaanya guna mengobati radang tenggorokan, hanya perlu tambahkan sedikit akar kering marshmallow ke secangkir air mendidih, agar menjadi seduhan. Minum obat ini dua sampai tiga kali sehari bisa menghilangkan radang tenggorokan.

9. Kunyit

Kunyit ialah agen antioksidan yang sangat kuat. Kunyit berguna dalam melawan banyak masalah serius, terlebih sebagai obat radang tenggorokan.

10. Bawang putih
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Bahan untuk mengatasi radang tenggorokan berikutnya ialah bawang putih. Bawang putih terdapat sifat antibakteri. Bahan mengandung allicin, zat organosulfer yang dipercaya sebab keampuhannya dalam melawan infeksi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen bawang putih dengan teratur bisa mencegah virus flu biasa. Namun, dengan menambahkan bawang putih segar pada makanan mungkin juga dapat menjadi cara dalam memperoleh manfaat antimikroba.

Kamu mungkin pernah disuruh untuk mengisap satu siung bawang putih sebagai obat radang tenggorokan. Alasannya, bawang putih mempunyai banyak manfaat penyembuhan, kamu bisa mencobanya. Walaupun kamu ingin menyikat gigi seusainya supaya melindungi gigi dari enzim dan mencegah bau mulut tidak enak.

11. Cuka apel

Cuka apel ialah obat radang tenggorokan potensial sebab terdapat bahan antibakteri. Beberapa penelitian menjelaskan, cuka apel mempunyai efek antimikroba dalam melawan infeksi. Sifat asam dari cuka apel mampu menguraikan lendir pada tenggorokan dan menekan penyebaran bakteri.

Cara pemakaian cuka apel sebagai obat radang tenggorokan cukup efektif. Kamu dapat mengencerkan satu sampai dua sendok makan cuka apel ke satu cangkir air. Pakai larutan cuka apel itu untuk berkumur dua jam sekali hingga radang tenggorokan hilang.

Selain beberapa obat tersebut, kamu juga dapat mencoba mengatasi radang tenggorokan dengan cara berikut:

- Istirahat yang cukup ialah hal terpenting guna mengatasi radang tenggorokan.
- Minum banyak air bisa membantu membersihkan tenggorokan dan mencegah infeksi.
- Menjaga udara di sekitarmu lembap bisa membantu mengatasi radang tenggorokan.
- Asap rokok dan asap yang dihasilkan dari perokok pasif bisa memperburuk radang tenggorokan, maka perlu dihindari.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya