5 Obat Radang Tenggorokan Warna Kuning di Apotek

"Cari tahu obat kuning yang redakan radang tenggorokan."

Life | 07 February 2023, 17:42
5 Obat Radang Tenggorokan Warna Kuning di Apotek

Radang tenggorokan atau yang dikenal dengan faringitis merupakan inflamasi atau peradangan yang muncul pada tenggorokan (faring), maka dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman atau sakit terhadap penderitanya. Radang tenggorokan umumnya adalah gejala dari munculnya gangguan kesehatan.

Sehingga, walau sebagian besar radang tenggorokan mampu sembuh dengan sendirinya, terdapat beberapa keadaan yang bisa menjadi pengecualian. Jika penderita terkena radang tenggorokan pada rentang waktu yang begitu lama ataupun diiringi dengan beberapa masalah lain yang agak serius, maka lekas periksakan diri ke dokter.

Faktor munculnya radang tenggorokan

Berikut ini beberapa faktor yang memicu terjadinya radang tenggorkan, yakni:

1. Polutan

Radang tenggorokan yang ditimbulkan oleh polutan udara umumnya akan cepat membaik usai kamu menjauh dari daerah itu, contohnya rokok atau udara yang kotor.

2. Bakteri

Radang tenggorokan yang diakibatkan karena bakteri biasanya terjadi akibat bakteri Streptococcus pyrogenes atau strep throat. Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak berusia 5-15 tahun daripada orang dewasa. Radang tenggorokan ini merupakan jenis yang paling buruk daripada jenis lainnya dan terjadi paling lama. Biasanya diiringi dengan amandel yang merah dan membengkak, sulit menelan makanan, dan bintik-bintik merah kecil pada bagian atap mulut.

3. Virus

Radang tenggorokan yang terjadi akibat virus biasa diiringi dengan gejala flu contohnya mata berair, hidung meler, dan batuk. Radang tenggorokan jenis ini tidak dapat diatasi memakai antibiotik.

4. Alergi

Radang tenggorokan yang dipicu oleh alergi umumnya diiringi dengan gejala misalnya mata berwarna merah, bersin, dan gatal-gatal di atap mulut.

Berikut ini beberapa obat radang tenggorokan warna kuning di apotek, yaitu:

1. Efisol Loz
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Efisol Loz ialah tablet hisap bagi penderita radang tenggorokan, sariawan, dan bau mulut yang terjadi karena infeksi. Rasa cokelat tablet ini tentu menjadi obat yang tepat bagimu yang susah meminum tablet. Obat ini juga memiliki sedikit kandungan vitamin C yang bisa memperkuat daya tubuh.

Dosis: 1 tablet hisap setiap 3 jam; usai infeksi berkurang menjadi setiap 4-5 jam
Harga: Rp. 14.000 – Rp. 30.000

2. FG Troches Meiji

Obat radang tenggorokan FG Troches Meiji dengan kandungan seperti Fradiomycin 2,5 mg dan gramicidin 1 mg. Adapun manfaatnya, yakni dapat membasmi bakteri yang memicu radang tenggorokan staphylococcus dan streptococcus, menekan munculnya infeksi pada mulut, dan tenggorokan usai operasi mulut.

Dosis:

- Dewasa: konsumsi 1-2 tablet hisap, 4-5x sehari usai makan
- Anak : konsumsi 1 tablet hisap, 4-5x sehari usai makan

Harga: Rp. 1.900/tablet

3. Degirol

Obat Degirol merupakan obat yang dapat mengatasi radang tenggorokan, inflamasi di rongga mulut dan tenggorokan, serta infeksi pada selaput lendir mulut. Obat ini merupakan tablet hisap dengan rasa lemon yang mudah dikonsumsi bagi kamu yang susah menelan tablet. Degirol begitu mudah dijumpai di apotek manapun. Perlu diingat, jangan konsumsi obat ini untuk anak dibawah usia 10 tahun dan penderita diabetes.

Dosis: kosnusmis 1 tablet tiap 3-4 jam, maksimal 8 tablet per hari.
Harga: Rp. 9.200 – Rp. 14.500

4. Lamandel

Lamandel merupakan obat radang tenggorokan warna kuning selanjutnya. Adapun bahan yang terkandung didalamnya seperti, tarcytarpheta folia, curcuma rhizoma, dan centela asiatica. Obat ini dapat mengobati radang tenggorokan, gangguan amandel, dan batuk, meningkatkan daya tahan tubuh dan daya ingat pada anak, serta memperbaiki nafsu makan.

Penggunaan: Larutkan 2 sendok teh Lamandel menggunakan 150 ml air hangat, konsumsi tiga kali sehari dengan teratur
Harga: Rp. 38.000/pcs

5. Strepsils
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Obat radang tenggorokan warna kuning terakhir ialah strepsils. Adapun fungsinya yakni untuk mengatasi radangan tenggorokan, bau mulut, dan nyeri mulut. Obat tersebut mempunyai komponen antibakteri dan antiseptik yang mampu guna membasmi bakteri dan virus. Tidak hanya itu, obat Strepsils memiliki bermacam rasa yakni madu, stroberi, lemon, mint, dan lainnya yang mampu meredakan radang tenggorokan.

Harga: Rp. 42.000

Periksa ke dokter

Jika terjadi beberapa gejala berikut lekas periksakan ke dokter:

- Timbul ruam.
- Sakit di telinga.
- Demam 38° Celsius atau lebih tinggi.
- Terdapat darah di mukus atau air liur.
- Suara menjadi serak lebih dari dua minggu.
- Terjadi pembengkakan pada bagian wajah atau leher.
- Nyeri tenggorokan yang buruk, persisten, dan tidak kunjung membaik.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya