Contoh Proposal Pengajuan Dana yang Baik dan Benar, Pasti Tembus

"Buat proposal pengajuan dana yang tepat."

Life | 09 February 2023, 15:27
Contoh Proposal Pengajuan Dana yang Baik dan Benar, Pasti Tembus

Proposal pengajuan dana merupakan proposal yang biasa ditulis guna meyakinkan calon pemberi dana dalam mensponsori program, produk, hingga layanan tertentu. Proposal pengajuan dana tentu memiliki jenis dan variasi yang berbeda. Hal ini tergantung jenis organisasi yang menulisnya. Akan tetapi, biasanya didalamnya meliputi dokumen jelas yang berisi statistik, informasi, dan argumen persuasif.

Unsur proposal pengajuan dana

Adapun beberapa unsur proposal pengajuan dana ialah sebagai berikut:

1. Judul Proposal
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Kamu harus memilih judul yang mencerminkan kegiatan yang hendak dilaksanakan maka orang-orang, perusahaan, instansi ataupun lembaga akan memahami proposal tersebut.

2. Latar Belakang

Selanjutnya, kamu dapat membuat latar belakang dengan menarik karena bagian ini dapat menentukan tujuanmu. Penulisannya harus mamakai bahasa yang baik dan benar. Baik dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Hal itu tergantung pada perusahaan yang diajukan. Latar belakang mencakup acara yang akan dilaksanakan. Kamu dapat menjelaskan alasan yang tepat dan jelas mengapa acara itu harus dilaksanakan.

3. Maksud dan Tujuan

Pada bagian ini, kamu dapat menjelaskan niat mengirimkan proposal kepada sebuah perusahaan. Maka harus mencakup mengenai maksud dan tujuan dengan teliti dan pastinya jelas.

4. Penjelasan Sasaran Acara

Kemudian, kamu perlu diperhatikan terkait contoh proposal pengajuan dana merupakan sasaran acara yang jelas. Sasaran acara yang dibuat memakai acuan berupa sasaran pasar. Seperti halnya kita hendak membuat sebuah event penjualan baju (bazaar), namun kamu mengajukan kepada perusahaan roti. Ini yang dinamakan bahwa sasarannya tidak sesuai. Apabila akan membuat sebuah event atau acara maka lebih baik sesuaikan dengan sasaran perusahaan yang tepat.

5. Lokasi dan Jadwal
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Uraikan lokasi dilakukannya acara atau kegiatan dan jadwal acara yang hendak diadakan. Lokasinya dapat berpengaruh akan diterima atau tidak oleh perusahaan. Umumnya perusahaan besar menerima apabila lokasinya strategis. Sehingga sebelum mengajukan proposal, lebih baik mencari lokasi yang benar- benar mampu memasarkan target perusahaan.

6. Rincian Biaya

Rincian biaya umumnya dibuat dengan tepat dan akurat mengenai berapa dana yang hendak habis dalam acara itu dan berapa keuntungan yang akan diperoleh serta dana yang diperlukan dalam membuat acara yang akan dilaksanakan.

7. Anggota

Uraikan siapa saja komponen personel yang terlibat pada kepanitian kegiatan tersebut. Bagian yang memberikan penjelasan mengenai anggota even/acara yang dilakukan. Baik dari ketua panitia, wakil ketua panitia, penanggung jawab,  bendahara, sekretaris dan lainnya.

8. Penutup

Penutup isinya ialah ucapan terima kasih sebab telah bersedia membaca dan menerima secara baik proposal yang diajukan.

Berikut ini adalah contoh proposal pengajuan dana yang dapat kamu gunakan, yakni:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Proposal Dana Kegiatan

A. Judul Proposal

Lomba Ajang Kreasi Mahasiswa Tingkat Nasional Universitas Wira-Wiri dalam Rangka Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

B. Latar Belakang

Ajang kreasi merupakan lomba yang dilaksanakan agar mahasiswa dapat menampilkan berbagai kreasi atau keahlian yang dimiliki.

Dengan dilaksanakannya ajang kreasi mahasiswa tingkat nasional, diharapkan mahasiswa dapat menumbuhkan dan memupuk bakat-bakat yang dimiliki.

C. Tema

Pada kegiatan ini, kami selaku panitia sepakat mengangkat tema “Dari Pemuda untuk Bangsa".

Tema ini diharapkan dapat membuat pemuda khususnya mahasiswa terus mengembangkan bakatnya serta berkontribusi melalui prestasi untuk masa depan bangsa.

D. Macam-Macam Kegiatan

• Sendra tari
• Stand up comedy
• Drama
• Pertunjukan pencak silat
• Talk show
• Lomba ajang kreasi mahasiswa

E. Peserta

Peserta pada kegiatan ini merupakan mahasiswa umum dan tidak hanya mahasiswa Universitas Wara-Wiri.

F. Waktu dan Tempat

Nama acara: ajang kreasi mahasiswa tingkat nasional Universitas Wara-Wiri
Hari/tanggal: Sabtu, 28 Oktober 2023
Pukul: 10.00-selesai
Tempat: Lapangan Universitas Wara-Wiri

G. Susunan Panitia

Terlampir

H. Anggaran Dana

Terlampir

Penutup

Demikian proposal ini kami sampaikan, besar harapan kami Bapak Bupati Jombang berkenan memberikan bantuan dana. Semoga Allah SWT., selalu meridai setiap langkah dan aktivitas kita.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 28 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:02 ISYA 19:11  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya