5 Contoh Karya Seni Dua Dimensi, Lengkap dengan Penjelasannya

"Pahami jenis karya dua dimensi."

Life | 09 February 2023, 17:40
5 Contoh Karya Seni Dua Dimensi, Lengkap dengan Penjelasannya

Karya seni dua dimensi merupakan bentuk karya seni yang hanya mempunyai dua dimensi, yakni lebar dan tinggi. Seperti halnya lukisan, lukisan dinding, poster, kartun, desain grafis, dan lain sebagainya. Karya seni dua dimensi tidak mempunyai ketebalan atau profil layaknya karya seni tiga dimensi seperti skulptur atau patung. Karya seni dua dimensi umumnya dilihat sebagai bidang datar dengan warna, garis, dan bentuk.

Karya seni dua dimensi atau sering dikenal dengan dwimatra di mana jenis karya seni rupa yang hanya dapat dinikmati dari depan, karena dimensi hanya panjang dan lebar. Berbeda dengan karya seni tiga dimensi yang mempunyai dimenasi panjang, lebar, dan tinggi atau mempunyai volume sehingga bisa dinikmati dari berbagai arah, seperti dilansir dari buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020).

Contoh karya seni dua dimensi

Beberapa contoh karya seni dua dimensi ialah sebagai berikut ini:

1. Lukisan cat air
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Lukisan cat air merupakan jenis lukisan yang memakai teknik membingkai dengan air. Pada lukisan ini, warna diterapkan dengan memberikan pigmen pada kertas dan memperluas warna dengan memakai air.

Lukisan cat air mempunyai efek visual yang halus dan memiliki nuansa yang lembut dan sederhana. Lukisan ini cocok guna menciptakan suasana yang tenang dan damai, misalnya pemandangan alam atau gambar bunga.

2. Vinyet

Vinyet merupakan gambar dekoratif tanpa memiliki arti yang jelas, termasuk dalam kreasi improvisatif pengisian halaman kosong.

3. Karikatur

Menurut KBBI, karikatur merupakan gambar olok-olok yang mempunyai kandungan pesan, sindiran, dan lain sebagainya. Gambar ini umumnya meliputi kartun atau animasi.

4. Abstrak

Lukisan abstrak merupakan jenis lukisan yang tidak memiliki bentuk nyata atau gambar yang jelas. Lukisan ini memakai warna, bentuk, dan tekstur dalam menciptakan suasana dan memiliki arti tertentu.

Lukisan abstrak mempunyai kebebasan kreatif yang luas dan memungkinkan seniman dalam bereksperimen menggunakan warna dan bentuk. Hal ini juga memungkinkan interpretasi subyektif dari pemirsa, membuat lukisan abstrak memiliki makna yang berbeda-beda untuk setiap orang.

5. Batik
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Selain beberapa karya dua dimensi di atas, batik juga termasuk karya dua dimensi. Sebagai warisan budaya kekayaan Indonesia, batik tentu sangat familiar untuk kita. Dikutip dari buku Pendidikan Seni Budaya 2 SMP, batik dibuat dengan memakai teknik cetak rintang, jenis cetak dari bahan sejenis lilin atau wax.

6. Sketsa Potret

Sketsa potret merupakan jenis lukisan yang menggambarkan wajah atau bagian tubuh manusia. Pada sketsa potret, detail wajah diterapkan dengan garis-garis tebal dan halus, membentuk efek dua dimensi.

Sketsa potret mempunyai nuansa dramatis dan memiliki kemampuan guna memperlihatkan karakter dan ekspresi seseorang. Ini termasuk jenis lukisan yang populer bagi para seniman yang hendak menggambarkan orang-orang yang penting di hidup mereka.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya