Contoh CV ATS Friendly yang Baik, Begini Cara Membuatnya

"Kamu harus tahu CV ATS Friendly yang benar."

Life | 09 February 2023, 17:55
Contoh CV ATS Friendly yang Baik, Begini Cara Membuatnya

CV sendiri merupakan singkatan dari Curriculum Vitae yang berarti riwayat hidup atau riwayat pendidikan dan pengalaman kerja. Di dunia pekerjaan, CV itu merupakan dokumen penting yang mempresentasikan diri dan kualifikasi seseorang untuk melamar pekerjaan. Umumnya, CV mencakup informasi seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian dan kualifikasi, serta referensi dan kontak. CV membantu perusahaan atau perekrut untuk memutuskan apakah si pelamar cocok untuk posisi yang dilamar.

CV biasanya berisi dari riwayat hidup, pengalaman bakat-bakat, dan kemampuan. Supaya bisa dilirik mereka yang merekrut, buatlah CV yang ringkas, jelas, padat, mudah dibaca, menunjukkan stabilitas, hal menarik dan ditulis menggunakan tata bahasa yang baik.

Salah satu di antara macam CV adalah ATS. Atau Applicant Tracking System merupakan software yang digunakan perusahaan untuk menyeleksi kandidat para calon karyawan. Dengan menggunakan ATS, proses seleksi akan jauh lebih mudah dan akurat.

Pendeknya, ATS membantu perusahaan untuk membantu dalam menentukan dengan cepat apakah kandidat memenuhi kualifikasi pekerjaan yang dilamar. ATS akan memindai dan memproses secara otomatis setiap lamaran pekerjaan yang dikirim ke perusahaan, kemudian menyeleksi pelamar yang memenuhi kualifikasi dan yang tidak.

Cara Membuat CV ATS Friendly
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Tentunya saat akan membuat CV, harus memperhatikan beberapa hal. Agar bisa menarik orang yang merekrut dan menambah nilai sendiri saat proses seleksi berlangsung. Berikut ini tata cara membuat CV ATS Friendly;

- Buat Template CV yang Sederhana
Agar CV yang dikirimkan lolos standar ATS, hindari penggunaan gambar, grafik, atau tabel di dalamnya. Selain itu, pilihlah juga font yang bisa terbaca oleh sistem ATS, seperti Times New Roman, Calibri, atau Garamond.

Jika dalam membuat CV ATS Friendly online, bisa memilih template CV ATS Friendly Indonesia terlebih dahulu, yang sederhana dan mudah dipahami agar CV yang kirim mendapatkan poin yang tinggi.

- Hindari Desain yang Terlalu Mencolok
Bagian penting yang lain yaitu; yakni dalam pemilihan template untuk CV. Hindari dalam memilih model yang terlalu mencolok. Desainnya yang unik menarik perhatian, namun sayangnya sistem ATS hanya dapat membaca ringkasan dalam format yang bersih dan ringkas. Jadi semakin biasa desain CV, semakin mudah bagi mesin ATS untuk membacanya.

- Menggunakan Kata Kunci untuk Membuat CV ATS Friendly
Sistem ATS memfilter pelamar berdasarkan kata kunci tertentu atau sesuai target dari suatu perusahaan. Dalam memilih kata kunci yang relevan di resume, maka akan membantu menarik perhatian sistem, memberi tambahan skor lebih tinggi dibandingkan resume lain yang tidak menggunakan kata kunci.

Contohnya, pada bagian posisi di manajemen, cari istilah seperti "teliti", "Microsoft word", atau "accounting" di CV yang masuk. Inilah arti dari kata kunci untuk disertakan dalam resume ATS-friendly.

- Pilih Simbol Poin atau Angka pada CV ATS
Tampilan CV yang bentuknya rapi, sistematis, dan sederhana merupakan tampilan yang paling baik untuk CV ATS Friendly. Bisa juga menggunakan simbol poin dan angka untuk format CV ini. Supaya mudah dibaca oleh sistem.

- Simpan CV ATS Friendly pada File yang Tepat
Sistem ATS akan lebih mudah membaca file dengan format .doc. Hindari penyimpanan file dalam bentuk JPG, JPEG, atau PNG karena sistem tidak bisa membaca data berbentuk foto.

- Pilih Format CV ATS yang Sesuai
Sistem ATS membaca data yang masuk dari kiri ke kanan, kemudian dari atas ke bawah. Pastikan untuk tata letak dan font disesuaikan dengan sistem membaca.

Hindari hiasan yang berlebihan dan buat resume kamu terlihat rapi dan sederhana. Perbedaan dari format resume ramah-ATS ini memudahkan sistem untuk membaca resume.

Untuk menambah nilai lagi yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali tak perlu khawatir. Tetap bisa memasukkan keahlian serta pengalaman organisasi yang pernah dijalani. Yang bertujuan untuk menambah nilai plus di hadapan rekruter sehingga mampu bersaing dengan kandidat lainnya. Seperti menonjolkan hal-hal berikut;

- Kegiatan Volunteer atau Sukarela
- Pengalaman Organisasi
- Menulis artikel untuk majalah sekolah
- Menjadi event organization untuk sebuah acara
- Menjadi tutor
- Membuat poster pensi sekolah
- Menyertakan hasil karya atau portofolio     
- Membuat konten di sosial media (content creator)

Berikut ini contoh CV ATS Friendly

Daun.id

Sumber: Istimewa

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya