Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK, Ketahui Cara Membuatnya yang Benar

"Buat CV lamaran kerja lulusan SMK tanpa ribet."

Life | 09 February 2023, 20:19
Contoh CV Lamaran Kerja Lulusan SMK, Ketahui Cara Membuatnya yang Benar

Curriculum Vitae (CV) lamaran kerja lulusan SMK merupakan dokumen yang berisi tentang informasi mengenai pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, sertifikat, hobi, dan referensi yang dimiliki oleh seorang lulusan SMK. Tujuan dari membuat CV ini ialah guna memperkenalkan diri dan menunjukkan bahwa kandidat cocok dengan posisi yang dicari.

CV ini dipakai sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam memutuskan apakah kandidat layak melakukan tes selanjutnya atau tidak. Oleh sebab itu, CV harus dibuat dengan baik dan benar supaya memiliki peluang yang baik untuk diterima.

Cara membuat CV lamaran kerja lulusan SMK

Berikut ini cara membuat CV lamaran kerja lulusan SMK, yakni:

1. Melengkapi bagian penting dalam CV
Daun.id

Sumber: Canva

Bagian penting dalam CV ialah informasi pribadi supaya pihak HRD dapat menghubungimu kamu, mencakup nama sampai alamat email. Bagian ini umumnya berada di paling kiri atas atau di sebelah foto diri. Sehingga, HRD dapat melihatnya secara jelas.

2. Tulis deskripsi diri yang menarik

Cara membuat CV lulusan SMK berikutnya ialah menjelaskan deskripsi diri yang menarik. Hal ini disebabkan HRD umumnya melakukan seleksi sekilas dan hanya melihat CV yang menarik menurutnya pada seleksi hitungan detik yang dilakukan.

Maka, menjelaskan diri menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Pada penjelasan diri ini akan memuat tentang gambaran skill dan pengalaman kerja/magang. Biasanya hanya mencakup satu atau dua kalimat pada satu paragraf.

3. Tulis riwayat pendidikan dengan urut

Mungkin banyak orang yang berpikir pada bagian “Riwayat Pendidikan” dalam CV, kamu harus menyertakan seluruh pendidikan, dari TK hingga SMK. Padahal, kamu cukup menuliskan nama SMK dan rentang tahun bersekolah sebab HR hanya akan peduli terhadap pendidikan terakhir.

4. Sertakan prestasi

Cara membuat CV lamaran kerja lulusan SMK selanjutnya ialah dengan menyertakan prestasi atau achievement. Apabila kamu mempunyai beberapa prestasi saat bersekolah, kamu dapat mencantumkan prestasi itu. Prestasi tersebut akan membuat kesan yang baik bagi HRD bahwa kamu merupakan pelajar yang aktif dan berkemauan tinggi.

5. Cantumkan pengalaman organisasi dengan runtut

Pengalaman organisasi akan membuatmu terasa secara soft skill. Dengan menulisa pengalaman organisasi, kamu akan memberi kesan sebagai sosok yang bisa menjalankan manajemen waktu secara baik. Cantumkan pengalaman organisasi dari yang terbaru dan jelaskan juga deskripsi singkat mengenai job desk kamu pada posisi di organisasi itu.

6. Cantumkan skill sesuai profesi yang dibutuhkan

CV menjadi media awal dalam memberikan kesan yang baik untuk HRD. Sehingga, kamu dapat mencantumkan hal-hal penting yang memang harus diketahui oleh pihak perusahaan sebagai pertimbangan kamu berhak menerima posisi yang kamu lamar atau tidak.

Informasi penting lain yang harus ditulisakan ialah skill. Skill yang harus disertakan dalam CV ialah yang memiliki hubungan dengan posisi yang dilamar. Skill dapat mencakup tentang hard skill ataupun soft skill.

7. Sertakan pengalaman kerja/magang

Cara membuat CV lamaran kerja lulusan SMK terakhir ialah dengan menuliskan pengalaman kerja, magang, atau proyek yang pernah dilakukan. Tak masalah apabila kamu hanya memiliki pengalaman PKL atau menjalani proyek selama sekolah. Yang terpenting kamu memiliki tugas spesifik ketika melakukannya, itu dapat dicantumkan pada CV.

Ini contoh CV lamaran kerja lulusan SMK

CV lamaran kerja lulusan SMK yang sederhana ialah sebagai berikut:
Daun.id

Sumber: Canva

Nama: Ahmad Fauzi
Alamat: Jl. Raya No. 45, Jakarta 12345
Telepon: 0812 345 678
Email: ahmadfauzi@email.com

Pendidikan:

SMK Negeri X, Jakarta, tahun lulus 2018
Jurusan Teknik Mesin

Pengalaman Kerja:

Pekerjaan pertama sebagai teknisi mesin di PT. ABC, Jakarta, sejak 2019 hingga sekarang
Tugas utama melakukan perawatan dan perbaikan mesin produksi

Keahlian:

Menguasai teknik perawatan dan perbaikan mesin produksi
Menguasai bahasa Inggris pasif
Sertifikat:

Sertifikat Keahlian Teknik Mesin, 2019
Sertifikat Pelatihan Bahasa Inggris, 2020

Hobi:

Berolahraga, membaca buku, dan berkebun

Referensi:

Bapak John Doe, Manager PT. ABC, telepon: 0813 123 456

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 17 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya