Contoh Karya Seni Rupa yang Merupakan Peninggalan Islam, Kaligrafi Hingga Masjid 

"Islam memiliki pengaruh yang besar terhadap peradaban dunia, termasuk pada dunia seni."

Life | 21 February 2023, 14:49
Contoh Karya Seni Rupa yang Merupakan Peninggalan Islam, Kaligrafi Hingga Masjid 

Sebagai peradaban besar, peradaban Islam memiliki peninggalan-peninggalan, contohnya adalah karya seni rupa. Banyak peninggalan karya seni Islam yang menggambarkan kebesaran peradaban Islam.

Bahkan hingga saat ini, masih ada peninggalan-peninggalan  dan terawat dengan baik. Berikut ini adalah peninggalan-peninggalan Islam di dunia dan di Indonesia.

Peninggalan Seni Rupa Islam di Dunia

Karya seni rupa Islam pada awalnya tidak merepresentasikan agama Islam, namun para seniman dan pengrajin mengerjakan ulang motif dan teknik seni pra-Islam untuk menciptakan estetika baru, yang menampilkan perpaduan yang menakjubkan antara budaya dan peradaban kembali ke zaman kuno.

Daun.id

pixabay.com

Salah satu seni rupa yang hingga kini masih ada adalah Seni Kaligrafi. Seni kaligrafi dikembangkan pada masa pemerintahan dinasti Umayyah, yang memerintah sebagian besar Timur Tengah dan Afrika Utara dari pertengahan abad ketujuh hingga pertengahan abad ke delapan sebelum sisa-sisa kekhalifahan menciptakan sebuah emirat di Cordoba, di tempat yang sekarang bernama Spanyol, yang berlangsung hingga abad ke-11.

Kaligrafi muncul sebagai bagian dari larangan penggunaan tokoh manusia di dalam bangunan keagamaan dan sentralitas bahasa Arab dalam budaya. Selain seni tulisan tangan, masjid-masjid pada zaman itu menampilkan kombinasi luar biasa dari mosaik dan dedaunan, yang terilhami dari Yunani Kuno dan Roma.

Sebagai contoh adalah pada masjid-masjid besar masa kekhalifahan Umayyah di Damaskus dan Cordoba, Masjid Biru yang berdiri abad ke-15 di Iran dan Taj Mahal abad ke-17.

Semua karya seni yang dibuat itu menunjukan keindahan-keindahan. Selain itu, karya seni yang ada itu memanfaatkan keterampilan seniman dari berbagai disiplin ilmu seperti pengrajin kaca, pembuat lampu , tukang emas, tukang melapis dan banyak lagi. Para seniman itu  menggunakan bahan-bahan seperti emas, batu giok, marmer, kayu hitam dan rosewood Afrika.

Peninggalan-Peninggalan Islam di Indonesia

Masuk dan berkembangnya Islam ke Indonesia terjadi melalui banyak cara, mulai dari dibawa oleh para wali hingga jalur perdagangan. Kehidupan masyarakat, budaya, dan pemerintahan pun semakin mendapat pengaruh karena kemunculan kerajaan-kerajaan bercorak Islam.

Berikut ini adalah beberapa contoh karya seni rupa yang merupakan hasil peninggalan dari kerajaan Islam yang ada di Indonesia.

Seni Kaligrafi

  • Makam Fatimah Binti Maimun di Gresik

Pada makam Fatimah yang merupakan orang Jawa beragama Islam terdapat tulisan kaligrafi. Jenis kaligrafi di makam tersebut jenis Arab Kufi.

  • Tulisan di batu nisan Maulana Malik Ibrahim

Merupakan tulisan kalimat basmallah dan kalimat syahadat tauhid, serta terdapat Q.S Ar-Rahman ayat 26-27, Q.S At-Taubah ayat 21 dan ayat 22 di bawahnya.

Daun.id

istimewa

  • Kaligrafi Sunan Giri  Kaligrafi

Sunan Giri berada tepat di atas makamnya. Ia merupakan tokoh Islam dari Tanah Jawa  

  • Kaligrafi Sunan Gunung Jati

Kombinasi kaligrafi pada makam Sunan Gunung Jati berasal dari perpaduan asal Jawa, Arab dan juga Cina.

  • Makam raja-raja Banten.

Banten, abad ke 15 M, Banten.

  • Makam raja-raja Mataram.

Imogiri, abad ke 16 M, Mataram.

  • Makam raja-raja Mangkunegaran.

Astana Giri, abad ke 16 M, Mataram.

Arsitektur Masjid

Karya seni rupa peninggalan kerajaan Islam selanjutnya yakni berupa bangunan masjid. Bangunan masjid seperti: Masjid Baiturrahman di Aceh, Masjid Demak, Masjid Sang Cipta Rasa di Cirebon, Masjid Agung Deli, Masjid Agung Johor Bahru dan Masjid Jamie Sultan Ternate.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 23 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya