Contoh Karya Seni Kriya Adalah Batik, Ketahui Pengertian dan Macamnya 

"Batik adalah salah satu karya seni kriya dari Indonesia yang sudah mendunia."

Life | 21 February 2023, 15:00
Contoh Karya Seni Kriya Adalah Batik, Ketahui Pengertian dan Macamnya 

Seni adalah hal yang tidak bisa dipisahkan, dan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Secara sederhana, perabotan di rumah adalah termasuk karya seni. Biasanya, sesuatu dianggap sebagai seni jika memiliki keindahan. Salah satu jenis karya seni adalah karya seni kriya.


Pengertian Karya Seni Kriya

Jika berbicara tentang karya seni kriya, tentu yang terbayangkan adalah sebuah karya seni rupa yang memiliki nilai seni dan manfaat tinggi. Selain nilai seni yang dimiliki, hasil dari seni kriya ini dapat memiliki nilai jual yang tinggi. Contohnya adalah batik.

Daun.id

istimewa

Secara bahasa, kriya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu karya yang memiliki arti mengerjakan. Lalu kata tersebut menjadi berkembang menjadi karya, kriya, dan kerja. Kriya juga dapat dijelaskan sebagai suatu kegiatan kreatif yang bisa menghasilkan benda ataupun objek. Karya seni kriya terkenal identik dengan kerajinan tangan yang memiliki nilai guna di dalamnya.

Fungsi Seni Kriya

Seni kriya yang diaplikasikan menjadi sebuah produk atau suatu benda memiliki beberapa fungsi. Beberapa fungsi yang dimiliki oleh benda seni iniakan dijelaskan lebih lanjut pada ulasan yang ada di bawah ini.

1. Fungsi Hiasan
Fungsi dari karya seni kriya adalah dapat dijadikan sebagai hiasan. Hal ini karena banyak produk seni yang yang digunakan untuk benda pajangan atau pun dekorasi. Tak heran jika banyak benda seni ini yang mengalami berbagai macam pengembangan. Perlu diketahui, sebagian karya seni kriya mengutamakan keindahan atau estetika sebagai bentuk pemenuhan emosi daripada fungsi kegunaanya. Contoh dari benda dengan fungsi hiasan adalah patung, hiasan dinding, karya seni ukir, cinderamata dan berbagai macam benda lainnya.

2. Fungsi Terapan
Fungsi selanjutnya adalah fungsi terapan. Berbeda dengan seni murni yang lebih banyak mengutamakan keindahan, seni terapan atau applied art lebih banyak mengutamakan fungsi praktis kegunaannya. Meski demikian, karya ini tidak menghilangkan unsur keindahan yang ada di dalamnya. Beberapa contoh benda karya seni kriya dengan fungsi sebagai benda terapan adalah peralatan rumah tangga, pakaian, furniture, keramik, perhiasan dan lain-lain.

3. Fungsi Mainan
Fungsi yang berikutnya  adalah sebagai mainan. Selain memiliki fungsi estetika dan terapan, karya seni kriya juga memiliki fungsi sebagai mainan. Beberapa contoh produk karya seni kriya sebagai fungsi benda mainan adalah kipas tangan, congklak, boneka dan beberapa benda lainnya.

Daun.id

istimewa

4. Fungsi Eksperimental
Tak hanya tiga fungsi di atas, seni kriya juga dijadikan sebagai media seni murni kontemporer untuk bisa membuat karya seni yang begitu eksperimen. Contohnya adalah gedung yang diselimuti dengan rajutan atau pohon yang diberikan berbagai macam hiasan.

Macam-Macam Seni Kriya

Macam-macam seni kriya ini dapat dilihat berdasarkan bahan dasar serta teknik pembuatannya. Berikut ini adalah beberapa macam karya seni kriya.

1. Seni Kayu
Seni kayu adalah karya seni kriya yang memanfaatkan kayu sebagai bahan dasarnya. Kayu tersebut diolah dapat diolah dengan menggunakan teknik ukir dan juga teknik pahat. Selain itu, pada umumnya karya seni kayu ini menggabungkan nilai fungsi dan juga nilai hias. Beberapa contoh jenis seni kayu adalah seperti patung, wayang golek, topeng, furniture dan beberapa hiasan ukir lainnya.

Daun.id

unplash.com

2. Seni Keramik
Seni keramik adalah karya seni yang menggunakan tanah liat sebagai bahan baku utamanya. Dalam proses pembuatannya, keramik akan dipanaskan dan diberikan lapisan glazur atau lapisan mengkilap. Teknik yang digunakan adalah seperti teknik slab atau lempeng, teknik throwing, pilin dan juga cetak ulang. Contoh seni keramik adalah seperti guci, piring, vas bunga, gelas dan benda lainnya.

3. Seni Logam
Seni logam adalah karya seni kriya yang menggunakan bahan logam sebagai bahan baku utama pembuatannya. Teknik yang digunakan untuk mengolah bahan logam adalah mencarikan lalu mencetaknya.

Bivalve bisa dibilang sebagai teknik cetak yang paling kerap digunakan. Beli merupakan teknik membuat cetakan dua sisi yang begitu simetris seperti kerang. Beberapa contoh benda seni logam merupakan perhiasan, patung, miniatur dan peralatan makanan atau benda-benda lainnya.

4. Seni Tekstil
Tekstil memiliki lingkup yang cukup luas dengan berbagai macam jenis kain. Beberapa kain yang masuk ke dalam cakupan tekstil adalah seperti kain yang dibuat dengan cara ditenun, diikat, dipress ataupun teknik pembuatan lainnya. Contoh karya seni tekstil adalah seperti kain mentah yang belum dibuat menjadi sebuah pakaian, karya batik, karya tenun, karya songket dan lain sebagainya.

5. Seni Kulit
Seni kulit merupakan jenis seni kriya yang memanfaatkan bahan dasar kulit dalam proses pembuatannya. Kulit yang digunakan umumnya adalah kulit binatang seperti kulit sapi, buaya, ular dan juga kerbau. Contoh hasil seni kulit adalah seperti alat musik rebana, dompet, tas, sepatu ikat pinggang dan berbagai macam contoh lainnya.

Daun.id

pixabay.com

6. Seni Batu
Jenis batu yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar karya seni kriya adalah batu fosil, jasper, batu permata, batu akik, dan lainnya. Nantinya batu-batu tersebut akan diolah dan dibentuk menjadi berbagai macam benda yang tentunya tetap memiliki sisi keindahan dan fungsinya tersendiri.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya