Contoh Proposal Sponsorship yang Simpel Tapi Menarik

"berikut ini lebih lengkapnya"

Life | 22 February 2023, 10:09
Contoh Proposal Sponsorship yang Simpel Tapi Menarik

Setiap kelompok, organisasi, perkumpulan atau komunitas atau bahkan perorangan, atau pun sekolah, pasti memiliki sebuah keinginan untuk membuat kegiatan atau pun acara. Apa pun itu bentuk acaranya, juga berupa-rupa. Karena tentunya tiap orang atau perkumpulan selalu memiliki gagasan atau ide yang berbeda.

Salah satunya untuk menggaet sponsor atau orang-orang yang berada di dalam lembaga sebuah lembaga. Yang dipandang mampu mendukung rencana atau kegiatan ingin dilaksanakan. Untuk merealisasikan kegiatan atau acara tersebut tentu ada yang tidak langsung serta merta membuatnya atau melakukannya. Tetap membutuhkan pihak lain untuk diajak kerjasama. Bentuk kerjasama atau ide usaha tersebut ditampung dalam proposal, kemudian diajukan kepada orang-orang yang hendak dijadikan sasaran.

Pengertian Proposal

Sebelum itu, penting juga untuk mengetahui pengertian dari Proposal ini sendiri. Yaitu sebuah dokumen yang mempresentasikan ide, rencana, atau solusi untuk suatu masalah atau tantangan yang dihadapi. Proposal umumnya ditujukan kepada pihak yang berkepentingan atau memiliki kekuasaan untuk menentukan apakah ide atau rencana tersebut layak dilanjutkan atau tidak.

Proposal juga bisa berupa tawaran atau solusi bagi suatu permasalahan yang ditujukan kepada orang yang memiliki potensial yang dituju dalam proposal tersebut. Dalam hal ini, proposal juga bertujuan untuk mempersuasi pihak yang dituju untuk menerima tawaran atau solusi tersebut. Secara umum, proposal harus mencakup bagian informasi yang cukup untuk membuat pihak yang dituju memahami ide, rencana, atau solusi tersebut dan membuat keputusan yang tepat.

Pengertian Sponsorship
Sponsorship atau yang memiliki arti "penyponsoran", merupakan suatu bentuk kerjasama antara dua pihak. Satu pihak (sponsor) sebagai yang memberikan dukungan finansial atau sumber daya lainnya kepada pihak lainnya (pihak yang disponsori) dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu.

Umumnya hal ini dilakukan atau dilaksanakan sebagai suatu strategi pemasaran atau promosi. Dalam hal ini sponsor mengambil keuntungan dari sebuah hubungan dengan pihak yang disponsori. Contohnya seorang atlet, tim dalam sebuah olahraga, acara olahraga, festival musik, atau pun suatu program amal. Dalam pertukaran dukungan tersebut, pihak yang disponsori memberikan eksposur atau promosi kepada sponsor. Contoh dengan menampilkan merk sponsor pada pakaian, banner, atau media barang promosi lainnya.

Sponsorship bisa sangat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Dari pihak yang disponsori bisa memperoleh sebuah sumber daya untuk mendukung jalannya kegiatan mereka, sedangkan sponsor dapat memperoleh eksposur dan meningkatkan kesadaran merk di kalangan audiens yang ditargetkan.

Contoh Proposal Sponsorship
Daun.id

pixabay

JUDUL KEGIATAN
Kegiatan ini merupakan bentuk dari tanggapan/respon oleh seniman.  Tentang sebuah seni patung yang diwujudkan dalam bentuk pameran yang berjudul “RicariCariPatung”

LATAR BELAKANG
Di tengah wacana kontemporer yang gencar dibicarakan oleh sebagian besar masyarakat khusunya masyarakat seni. Sebuah karya yang konseptual merupakan sesuatu hal yang memiliki peranan yang penting.

Hal tersebut telah terbukti dengan banyaknya karya-karya konseptual yang bermunculan dalam berbagai persepsi tentang wacana hingga konsepsi tentang karya itu sendiri.

Di antara berbagai macam-macam cabang seni rupa, patung adalah merupakan salah satu media untuk mewujudkan atau mengekspresikan diri. Berawal dari suatu pembahasan mengenai bagaimana perkembangan seni rupa sekarang ini, akhirnya mengakibatkan muncullah suatu ide untuk menyelenggarakan pameran yang berjudul “RicariCari Patung”.

"RicariCari Patung" ini adalah suatu moment yang akan melibatkan berbagai komunitas maupun institusi yang memiliki program jurusan seni. Khususnya seni rupa, serta tak menutup kemungkinan masyarakat non-senirupa pun akan ikut terlibat di dalamnya.

MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
a. Mengajak publik untuk membaca dan merepresentasikan konsepsi tentang karya seni patung
b. Mampu sebagai media apresiasi yang memuat berbagai informasi yang bermanfaat bagi masyarakat secara umum
c. Untuk meningkatkan motivasi dan semangat berkarya para Senirupawan maupun masyarakat nonsenirupawan pada umumnya
d. Untuk menjalin silaturahmi dan membuka jaringan antar institusi, antar komunitas seni rupa maupun masyarakat secara umum
e. Untuk mencari pengalaman-pengalaman baru dalam dunia kesenirupaan maupun dunia luar serta sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat luas pada umumnya

MANFAAT KEGIATAN
a. Menjadi media evaluasi dan introspeksi diri bagi para peserta mengenai sejauh mana perkembangan proses pembelajarannya dalam berkesenian untuk melandasi langkah selanjutnya
b. Membuka kesadaran kritis masyarakat pada umumnya yang responsive terhadap dunia Kesenirupaan yang terus berkembang
c. Meningkatkan kerjasama antar institusi seni dengan masyarakat umum

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari : Kamis s/d Sabtu
Tanggal : 23 s/d 25 Februari 2023
Tempat : xxx

JENIS KEGIATAN
Terlampir

PESERTA
Terlampir

SASARAN
Terlampir

SUSUNAN PANITIA
Terlampir

ESTIMASI DANA
Terlampir

JADWAL KEGIATAN
Terlampir

PENUTUP
Untuk mencapai suatu keberhasilan dalam suatu kegiatan diperlukan suatu dukungan, kerja sama dari segala komponen yang terlibat dan ikut terkait didalamnya. Dengan terselenggaranya Pameran “RicariCari Patung” ini diharapkan mampu menjadi langkah berikutnya untuk meningkatkan dan memacu kreatifitas kami pada khususnya serta masyarakat pada umumnya. 

Semoga kegiatan pameran ini mendapat ridho dari Tuhan yang Esa. Atas kerjasama, perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya