Contoh Karya Seni Rupa Murni Adalah Lukisan, Berikut Pengertian dan Jenisnya

"Seni rupa murni adalah karya seni yang penciptaanya disertai dengan rasa cinta."

Life | 22 February 2023, 16:15
Contoh Karya Seni Rupa Murni Adalah Lukisan, Berikut Pengertian dan Jenisnya

Lukisan adalah salah satu bentuk dari karya seni rupa murni. Salah satu lukisan dengan harga termahal di Indonesia adalah lukisan karya Raden Saleh, yaitu perburuan banteng. Harga yang ditawarkan mencapai Rp 150 miliar pada pelelangan lukisan yang dilakukan di Prancis pada tahun 2018. Rekor penjualan lukisan tersebut bahkan sempat menghebohkan para kolektor seni dunia.

Daun.id

istimewa

Lukisan Perburuan Bangteng itu dilukis di atas kanvas berukuran 110 x 180 cm. Keunikan lukisan tersebut dinilai adalah karena memperlihatkan konflik yang terjadi di antara manusia dan hewan liar. Dengan sentuhan tangan Raden Saleh lukisan ini menjadi sangat dramatis, dan melibatkan self-portrait, ketika ia melukis dirinya sendiri di atas kuda cokelat.

Pengertian Karya Seni Rupa Murni

Karya seni murni adalah suatu bentuk karya seni yang hanya untuk dinikmati keindahanya. Sebuah karya bisa juga dikatakan murni karena mementingkan atau menjunjung tinggi nilai estetis atau keindahan daripada nilai guna atau praktis.

Seni rupa murni telah ada sejak zaman prasejarah dulu. Pada masa itu, seni rupa murni seperti lukisan diwarnai menggunakn getah pohon. ada juga bentuk-bentuk seni dari tangan dan ditempelkan di batu atau dinding-dinding gua. Itu menjadi contoh sederhana dari seni rupa murni di era prasejarah.

Seiring dengan berjalannya waktu, seni rupa murni mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Misalnya seni rupa murni dengan memakai media keras seperti batu dan kayu untuk mencipatakan patung.

Seni Rupa Murni Berdasarkan Wujud dan Bentuknya

Karya seni rupa murni berdasarkan wujud dan bentuknya dibagi menjadi dua, yaitu seni murni 2 dimensi dan seni murni 3 dimensi.

Seni Rupa 3 Dimensi
Seni rupa murni 3 dimensi adalah seni rupa yang memiliki tiga unsur. Yaitu memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Dari tiga unsur tersebut membentuk sebuah bentuk volume atau isi yang menjadikan sebuah karya seni rupa murni 3 dimensi ini bisa dilihat dari segala arah. Contoh dari karya yang termasuk seni rupa murni, seperti patung, seni ukir kayu, dan masih banyak lagi yang lainya.

Seni Rupa 2 Dimensi
Seni rupa murni 2 dimensi adalah seni rupa yang hanya tersusun oleh dua unsur, yaitu panjang dan lebar. Karena hanya tersusun oleh dua unsur, seni rupa dua dua dimensi ini hanya dapa dinikmati dari arah tertentu saja. Beberapa contoh seni murni 2 dimensi : lukisan, gambar grafis, poster, dan lain sebagainya.

Contoh Seni Rupa Murni


Seni Lukis
Karya seni lukis umumnya menggunakan media seperti kain kanvas atau kertas yang kemudian dilukis dengan menggunakan cat minyak maupun cara akrilik. Pada seni lukis ada beberapa aliran yang berkembang yakni naturalis, ekspresionis dan abstrak. 

Daun.id

pexels.com

Seni Grafis
Seni grafis atau desain grafis merupakan sebuah seni 2 dimensi yang menggunakan  teknik cetak atau printing. Jika dulu seni grafis ini menggunakan teknik manual yaitu menggunakan tangan, kini seniman seni grafis condong menggunakan mesin printing.

Tidak hanya printing, teknik yang digunakan untuk membuat karya seni grafis sangat beragam mulai dari sablon, cukil kayu, monotype, cungkil kayu, collograph, etsa dll.

Seni Fotografi
Seni fotografi merupakan sebuah seni yang menggunakan sebuah alat bantu yang bernama kamera untuk mengabadikan sebuah peristiwa. Hasil dari seni fotografi ini disebut sebagai foto.

Seni Ukir
Seni ukir adalah karya seni yang memakai kayu sebagai bahan dasarnya, dan hampir setiap daerah di Indonesia punya ciri khas masing-masing. Karya seni ini memiliki dimensi antara 2 dimensi dan 3 dimensi. Pasalnya, seni ukiran terbentuk dari lukisan relief dengan bentuk ketebalan atau timbul.

Daun.id

pexels.com

Seni Keramik
Seni keramik ini adalah sebuah karya seni yang terbuat dari tanah yang di bentuk dan di bakar untuk mengeraskannya. Para seniman keramik menggunakan teknik yang menggabungkan warna dari beberapa tanah untuk menciptakan sebuah gradasi warna yang cantik dan unik pada hasil keramik tersebut. Namun, ada juga yang mewarnai secara manual setelah proses pembakaran selesai.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya