10 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi, Pengertian dan Fungsinya

"Buat karya seni rupa 3 dimensi yang tepat."

Life | 23 February 2023, 16:50
10 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi, Pengertian dan Fungsinya

Mengutip laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, seni rupa 3 dimensi merupakan karya seni yang mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi, maka karya bisa dilihat dari segala arah. Seni rupa 3 dimensi umumnya dikenal sebagai seni rupa 3D.

Karya seni rupa 3 dimensi dapat dibuat dengan menggunakan berbagai jenis media, dari kertas, kain, bambu, kayu, batu, kanvas, tanah liat, logam, kulit, gips, semen, dan lain sebagainya.

Fungsi karya seni rupa 3 dimensi

Jika dilihat dari fungsinya, terdapat beberapa manfaat dari karya seni rupa 3 dimensi. Beberapa fungsi dari karya seni 3 dimensi, yakni:

1. Sarana pembelajaran
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Sarana pembelajaran adalah fungsi karya seni rupa 3 dimensi. Di mana karya ini bertujuan memberi informasi atau pengetahuan mengenai suatu hal. Sehingga, hal tersebut bisa dilihat dari banyak karya-karya tiruan, seperti peristiwa kemerdekaan di museum-museum yang menunjukkan sejarah Indonesia. Tidak hanya itu, tampak pula dari candi-candi yang sampai sekarang masih dikunjungi sebagai wisata belajar atau penelitian.

2. Hiasan

Karya seni ini diciptakan dengan fungsi artistik dan estetis, contohnya vas bunga, patung hiasan rumah, furnitur, guci, hiasan gantungan, dan lainnya.

3. Sarana religi

Sarana religi adalah fungsi karya seni 3 dimensi berikutnya. Hal ini tampak dari ornamen-ornamen khas keyakinan tertentu yang menghiasi tempat keagamaan, contohnya masjid, pura, dan gereja.

4. Sebuah peringatan atau penanda

Fungsi peringatan merupakan sebuah tanda atau pengingat terhadap sebuah peristiwa. Fungsi ini biasanya ditemukan dalam bentuk tugu atau prasasti. Misalnya Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya guna mengingat pahlawan revolusi.

5. Sarana rekreasi
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Fungsi karya seni rupa tiga dimensi juga dipakai sebagai sarana hiburan. Contohnya candi-candi, instalasi-instalasi yang ada di sebuah pameran, dan lainnya.

Contoh karya seni rupa 3 dimensi

Berikut ini adalah contoh karya seni rupa 3 dimensi, yakni:

1. Seni arsitektur
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Seni arsitektur adalah arya seni rupa yang menciptakan rancangan bangunan sebelum dilaksanakan pembangunan guna memberi gambaran hasil akhir.

2. Seni patung

Seni patung adalah karya seni rupa 3 dimensi dengan teknik memahat saat pembuatannya. Patung dipakai untuk bahan pembelajaran dan dekorasi.

3. Seni keramik

Seni keramik merupakan cabang seni rupa yang memproduksi material keramik dalam membuat karya seni dari yang sifatnya tradisional hingga kontemporer. Keramik banyak dipakai sebagai perlengkapan rumah tangga.

4. Seni diorama

Seni diorama adalah miniatur 3 dimensi yang dipakai dalam memperlihatkan peristiwa sejarah atau ilustrasi pemandangan. Misalnya diorama di Monumen Nasional (Monas) yang menggambarkan sejarah Proklamasi Indonesia.

5. Seni kriya/kerajinan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Salah satu yang yang menjadi kerajinan ialah anyaman. Anyaman merupakan salah satu contoh karya seni rupa 3 dimensi yang pembuatannya memakai teknik merangkai. Fungsi anyaman ialah dipakai untuk furniture dan alat rumah tangga.

6. Seni gerabah

Seni  gerabah adalah seni yang telah berusia tua yang memakai tanah liat yang dipadatkan, dan bisa dibentuk sesuai kehendak. Gerabah dipakai sebagai peralatan rumah tangga, dan dekorasi.

7. Seni replika

Seni replika merupakan duplikasi dari benda yang mirip dengan aslinya, tetapi ukuran lebih kecil. Fungsi replika ialah sebagai ilmu pengetahuan di bidang sejarah.

8. Seni topeng

Seni topeng merupakan seni melukis wajah terhadap benda guna menerangkan dan memperkuat karakter yang diharapkan. Topeng dipakai sebagai hiasan rumah tangga, dan properti pementasan seni.

9. Seni ukiran

Ukiran merupakan hasil dari karya seni ukir atau pahat yang biasanya memakai bahan kayu. Ukiran berguna sebagai mebel dan pajangan rumah tangga.

10. Seni wayang
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Seni wayang adalah seni yang dipakai saat pementasan wayang untuk penokohan karakter yang diperankan.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya