Contoh CV Lamaran Kerja Fresh Graduate SMK, Berikut Struktur dan Tipsnya

"Penting, berikut ini adalah struktur, tips dan contoh CV Lamaran Kerja Fresh Graduate SMK."

Life | 23 February 2023, 16:24
Contoh CV Lamaran Kerja Fresh Graduate SMK, Berikut Struktur dan Tipsnya

Berdsarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat penganggguran terbuka paling banyak adalah dari pendidikan. Melihat fenomena ini, salah satu pertanyaanyan yang muncul adalah, bagaimana sistem pendidikan SMK bekerja, yang seharusnya lulus sudah siap kerja, tapi faktanya justru banyak yang menganggur.

Guna menjawab pertanyaan itu, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kerena ketidaksiapan pelamar dengan berkas-berkas yang diajukan. Mulai dari CV yang kurang menarik hingga kesalahan ketika memasukan data.

Apabila Anda adalah salah satu dari lulusan SMK yang hendak melamar kerja, buatlah CV yang menarik dan profesional agar Anda memiliki kesempatan yang lebih baik. 

Pengertian Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah berkas yang memberikan gambaran ringkas dari diri seseorang yang disusun untuk tujuan tertentu, misalnya untuk melamar pekerjaan. Buatlah CV yang efektif dan menarik, itu akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Daun.id

pexels.com

CV ini sangatlah penting, karena dari CV yang Anda buat itulah perusahaan menilai Anda untuk pertama kali ketika melamar pekerjaan. Di dalam CV, Anda dapat menjelaskan secara singkat, padat dan jelas mengenai diri Anda. Anda juga dapat menambahkan pencapaian yang telah Anda lakukan sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar, serta hal-hal yang menurut Anda penting.  

Fungsi dari Curriculum Vitae

Fungsi dari CV ini sangatlah penting bagi pelamar pekerjaan atau pun perusahaan, setidaknya ada dua hal. Berikut ini adalah fungsi dari CV:

- CV mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

- CV menjadi dokumen yang menetukan bahwa pelamar benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

Tips Jitu Membuat CV untuk Fresh Graduate SMK

Ada beberapa tips jitu yang perlu Anda ikuti agar CV Anda bisa dilirik oleh HRD. Berikut adalah tips jitunya:

- Tonjolkan Sisi Unik
Meski tidak memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menonjolkan keunikan pada diri Anda. Keunikan yang relevan bisa jadi membuka kesempatan Anda untuk dapat diterima bekerja. Anda bisa menuliskan keahlianmu mulai dari lingkup keluarga, pengalaman-pengalaman Anda.

Jangan pakai kalimat umum seperti “pekerja keras” agar CV lamaran kerja tamatan SMK milik kamu terlihat lebih menarik. Serta tambahkan juga bagaimana keunikan dirimu dapat berperan besar dalam perusahaan.

Daun.id

pexels.com

- Hindari Mengirim CV yang Sama ke Perusahaan Lain
Meski data dalam daftar riwayat hidup lulusan SMK yang Anda tuliskan memiliki isi yang sama, Anda tetap perlu menyesuaikan beberapa bagian seperti deskripsi diri ataupun skills sesuai perusahaan yang Anda lamar.

- Baca dan Tulis Kata Kuncinya
Bacalah job description secara menyeluruh dan pahami kualifikasi serta kriteria perusahaan yang Anda tuju. Temukan kata kunci yang dapat menarik perhatian perusahaan. Misalnya jika perusahaan membuka lowongan untuk akuntan dengan kriteria jujur, teliti, memiliki kemampuan berhitung dan analisis yang kuat, Anda dapat menuliskan deskripsi diri CV lamaran kerja kamu seperti berikut:

Lulusan SMK jurusan akuntansi dengan peringkat 3 besar di sekolah dan dipercaya sebagai bendahara selama berorganisasi.

- Tampilkan Keunggulan Diri Anda
Mengapa harus demikian? Karena perusahaan umumnya akan sangat senang jika calon pegawainya memiliki pengalaman serta skill yang mumpuni dan cocok dengan lowongan mereka.

Struktur dan Contoh CV Lamaran Kerja Fresh Graduate SMK


Struktur CV lamaran kerja lulusan SMK tidak berbeda dengan format CV pada umumnya. Yaitu berisi data diri, keahlian, deskripsi diri, pendidikan, pengalaman(magang dan organisasi). Berikut ini adalah penjelasan lengkpnya:

- Biodata Diri
Tuliskan pada CV Anda buat secara singkat, padat, dan jelas. Penting untuk diingat bahwa data diri yang dituliskan adalah umum dan tidak bersifat privasi seperti: Jumlah anggota keluarga, Agama, Zodiak, Golongan darah. Sertakan juga foto diri  formal/semi-formal untuk memberikan kesan profesional pada CV Anda.

Sertakan informasi kontak seperti nomor telepon dan e-mail untuk memberikan jejak bagi rekruter untuk menghubungimu.

- Deskripsi Diri
Pada bagian deskripsi diri, berikan cerita singkat yang dapat memberikan kesan positif kepada perusahaan. Pastikan Anda juga menulis peranan apa yang dapat Anda berikan pada perusahaan yang kamu lamar.

Contoh:
Lulusan SMK Nusantara Jaya jurusan desain grafis dengan pengalaman magang selama 6 bulan di PT. Matahari Plastik bagian desain dan IT. Dapat membuat desain banner, poster dan sejenisnya. Mampu secara aktif menggunakan bahasa Inggris.

- Riwayat Pendidikan
Untuk CV fresh graduate SMK, cukup dua jenjang pendidikan terakhir yang Anda masukan. Tulis secara urut dari terakhir ke terdahulu. Anda juga bisa menambahkan riwayat pendidikan non-formal seperti pengalaman kursus bahasa atau pelatihan lainnya yang pernah kamu ikuti.

Format Pendidikan formal: Nama sekolah, jurusan, tahun menempuh pendidikan

- Contoh: SMKN Nusantara Jaya, Jurusan Desain Grafis, 2019-2023

Format  Pendidikan non-formal: Nama lembaga, program, keterangan, tahun menempuh pendidikan

- Contoh: Jakarta English Training, Bahasa Inggris, Intermediate, 2022-2023

Anda juga bisa memberikan informasi tambahan ke dalam daftar riwayat hidup SMK yang kamu buat seperti; nilai, prestasi/penghargaan, judul laporan penelitian.

- Pengalaman Kerja/Organisasi
Kan belum pernah bekerja? tenang, Anda gantikan dengan pengalaman magang, organisasi, ataupun klub sekolah yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan yang Anda daftari. Jangan lupa untuk memberikan deskripsi yang dapat memberikan bukti nyata prestasi dan pencapaian seperti memberikan angka dan peringkat.

Contoh Magang:
RS Bali Med, Denpasar | PKL Asisten Apoteker (2019-2020)

  • Menyiapkan, meracik, serta mengemas obat.
  • Teliti dan selalu memperhatikan tepat jumlah obat, dosis, serta etiket obat. 
  • Mampu menjelasan secara detail mengenai etiket obat kepada pasien/customer.


Contoh Organisasi:
PMR SMK 1 Jayakarta| Koordinator SEKBID Kesehatan dan Gizi (2018-2019)

  • Dipercaya sebagai panitia seksi kesehatan di 5 kegiatan OSIS dalam satu periode.
  • Mampu melakukan PPGD.
  • Juara Lomba PMR Se-Jawa Barat.


- Kemampuan/skill
Kemampuan/skill dalam membuat CV lamaran kerja lulusan SMK pada umumnya dibagi menjadi tiga yaitu: soft skills, hard skills dan bahasa. Kemampuan memiliki peran yang sangat penting untuk fresh graduate SMK yang belum memiliki pengalaman kerja profesional. Tulislah Kemampuan Anda seperti berikut:

Contoh:

Kemampuan Bahasa Inggris untuk CV lulusan SMK: TOEFL, IELTS, TOEIC  dll.

Kemampuan CV fresh graduate SMK Programming: Associate Android Developer, HTML5, JavaScript dll.

Kemampuan CV fresh graduate SMK Akuntansi: Analisis Data, Microsoft Excel, Membaca Laporan Finansial , dll.

Kemampuan CV fresh graduate SMK programming Multimedia: Adobe Photoshop, Autodesk, Adobe Illustrator, Digital Typography dll.

Setelah Anda mengetahui struktur dari CV yang akan Anda buat, mungkin ada baiknya jika Anda melihat beberapa contoh dari CV Akuntansi. Berikut ini adalah contoh-contohnya:

Contoh 1

Daun.id

istimewa

Contoh 3

Daun.id

istimewa

Contoh 3

Daun.id

istimewa

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya