Contoh CV Teknik Sipil yang Lengkap dan Menarik, Rekomended Banget

"Berikut ini adalah beberapa contoh Cv teknik sipil dan contohnya."

Life | 26 February 2023, 12:49
Contoh CV Teknik Sipil yang Lengkap dan Menarik, Rekomended Banget

Teknik sipil adalah salah merupakan satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang merancang, membangun, dan merenovasi gedung, infrastruktur, hingga lingkungan yang berkaitan dengan keberlangsungan kehidupan manusia. 

Teknik sipil sebagai salah satu cabang ilmu teknik memiliki beberapa prospek pekerjaan, seperti surveyor pengendalian bangunan, konsultan kontruksi bangunan, kontraktor insinyur sipil, stuctural engineer, insinyur lingkungan, urban designer, water engineer dan masih banyak lagi.

Salah satu syarat yang harus Anda penuhi ketika ingin melamar pekerjaan yang berkaitan dengan teknik sipil adalah curriculum vitae (CV). Untuk mempermudah Anda ketika membuat CV Teknik Sipil, berikut ini kami paparkan beberapa contoh beserta strukturnya.

Pengertian Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae atau disingkat CV adalah sebuah berkas yang memberikan gambaran ringkas dari diri seseorang yang disusun untuk tujuan tertentu, misalnya untuk melamar pekerjaan dan juga magang. Buatlah CV yang efektif dan menarik, itu akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

CV ini sangatlah penting, karena dari CV yang Anda buat itulah perusahaan menilai Anda untuk pertama kali ketika melamar pekerjaan. Di dalam CV, Anda dapat menjelaskan secara singkat, padat dan jelas mengenai diri Anda. Anda juga dapat menambahkan pencapaian yang telah Anda lakukan sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar, serta hal-hal yang menurut Anda penting.  

Fungsi dari Curriculum Vitae

Fungsi dari CV ini sangatlah penting bagi pelamar pekerjaan atau pun perusahaan, setidaknya ada dua hal. Berikut ini adalah fungsi dari CV:

- CV mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

- CV menjadi dokumen yang menetukan bahwa pelamar benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

Struktur dan Contoh CV Teknik Sipil


1. Data Diri
Data diri
ini adalah hal penting yang harus kamu perhatikan benar-benar. Di dalam data diri ini, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda masukan dan hal yang sebaiknya tidak perlu Anda masukan.

  • Yang wajib Anda masuk adalah: Nama, Jabatan, Email, Nomor Telepon, Alamat, dan Linked-in (pilihan).
  • Sementara untuk hal-hal yang sebaiknya tidak Anda masukan adalah sebagai berikut: Status pernikahan, Agama, Hobi, Tinggi badan, Berat badan.


2. Diskripsi Diri
Deskripsi diri penting untuk Anda sertakan di dalam CV karena merupakan penilaian awal untuk mengenal siapa Anda. Tuliskan deskripsi tentang dirimu secara singkat, jelas, dan menarik. Tambahkan juga informasi mengenai pengalaman dan skill yang kamu miliki.

Berikut ini adalah contohnya:
"Lulusan S1 Teknik Sipil Institut Teknologi Surabaya. Memiliki pengalaman 1 tahun di perusahaan swasta di Jakarta. Ulet, teliti, bisa bekerja sama dan terbiasa memecahkan masalah, serta dapat menyampaikan ide dengan baik. Telah beberapa kali berkerja sama dengan dosen di beberapa proyek."

3. Pengalaman Kerja
Deskripsikanlah pengalaman kerja dan pencapaianmu secara singkat. Tulis pengalaman kerja kamu secara terbalik, yaitu dari yang terbaru (saat ini) hingga yang sebelumnya.

- Kepala Konsultan Konstruksi | PT. Jakarta Jaya Abadi | 2009 - 2015

- Jobdesc:

Memimpin tim konsultan yang terdiri dari 15 orang full-timer dan 5 orang karyawan outsourcing.
Kalkulasi dan pengawasan proyek Mal Jakarta City di Jakarta.


4. Pendidikan 
Menyertakan pendidikan formal ke dalam CV akuntan sangatlah penting. Pendidikan formal maksudnya adalah seperi di universitas maupun pendidikan SMA/SMK. Tuliskan prestasi dan projek yang pernah kamu kerjakan, serta nilai IPK kamu jika bagus. 

Pendidikan Formal
Institut Teknologi Surabaya | Teknik Sipil | 2010-2014 | IPK 3.6

SMAN 45 Jakarta | IPA | 2007-2010

Pendidikan Informal
Pelatihan Organisasi Publik dan Administrasi | 2012-2014


5. Kemampuan/Skill
Tuliskanlah juga rincian keahlian akuntansi di CV Anda, baik dalam bentuk hard maupun soft skill. Berikut adalah contoh kemampuan akuntansi hard skill dan soft skill yang bisa kamu tuliskan ke CV Anda:

Hard Skill: AutoCAD, Autodesk Revit, STAAD Pro, Matlab, Teknik Geodesi dan Teknik Material

Soft Skill: Manajemen Proyek, Manajemen Waktu, Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Publik.

Contoh CV Staf Administrasi

Contoh 1

Daun.id

istimewa

Contoh 2

Daun.id

istimewa

Contoh 3

Daun.id

istimewa

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya