Contoh Karya Non Fiksi, Ketahui Penjelasan dan Jenisnya

"ketahui contoh jenis dan pengertiannya"

Life | 28 February 2023, 07:49
Contoh Karya Non Fiksi, Ketahui Penjelasan dan Jenisnya

Non-fiksi merupakan jenis karya tulis atau sebuah media lainnya yang didasarkan pada fakta hingga sebuah realitas, bukan imajinasi atau sebuah khayalan pembuatnya. Juga bisa dianggap sebagai karya yang berdasarkan pada sebuah kenyataan dan penyelidikan, hingga memaparkan informasi serta sebuah ide yang terpercaya, juga bukan fiksi atau cerita khayalan.

Karya ini sering kali memiliki tujuan untuk memberikan sebuah informasi, memberikan wawasan baru atau perspektif pada topik tertentu, atau untuk memperluas pengetahuan untuk pembaca tentang sebuah subjek tertentu atau yang berada di sekitar. Karya ini juga bisa berfungsi sebagai referensi atau sumber informasi yang bisa dipercaya untuk membantu membimbing pada sebuah keputusan atau pemahaman tentang topik tertentu.

Karena karya non-fiksi berdasarkan pada fakta, pembuat atau penulisnya harus melakukan sebuah riset serta melakukan pengumpulan data yang terstruktur dan akurat. Juga untuk memastikan bahwa informasi yang disajikan dalam karya tersebut benar dan terpercaya. Hal ini pula yang membedakan karya non-fiksi dengan fiksi, yang dibuat berdasarkan imajinasi dan fantasi penulis.

Jenis-jenis Non-fiksi Beserta Contohnya
Juga merupakan salah satu jenis karya tulis atau media lainnya yang didasarkan pada sajian tentang fakta hingga realitas, bukan imajinasi atau khayalan si pembuatnya. Jenis non-fiksi mencakup banyak subjek yang berbeda, seperti sejarah, biografi, jurnalisme, ilmu pengetahuan, dan banyak lagi.

Juga dari jenis karya non-fiksi sangat beragam dan mencakup banyak topik. Contohnya saja adalah sejarah, biografi, jurnalisme, ilmu pengetahuan, referensi, dan banyak lagi. Beberapa karya non-fiksi ditulis dalam bentuk naratif atau cerita, sementara yang lainnya lebih formal dan memiliki format yang terstruktur. Di antara jenis-jenisnya beserta contohnya adalah sebagai berikut:
Daun.id

pixabay

- Sejarah

Yang berfokus pada sebuah peristiwa sejarah atau kejadian, dengan fokus pada faktor yang mempengaruhi peristiwa atau kejadian tersebut dan bagaimana peristiwa tersebut bisa mempengaruhi masyarakat sekitar atau pun luas.

- Biografi

Yang menjelaskan kehidupan dari seseorang yang sebenarnya berdasarkan pada fakta dan bukan fiksi belaka.

- Jurnalisme
Yang berfokus pada sebuah penyelidikan serta pelaporan tentang peristiwa atau masalah penting yang terjadi di dunia. Contohnya berita dan artikel opini.

- Ilmu Pengetahuan
Yang membahas tentang penelitian ilmiah dan eksperimen, menjelaskan konsep dari ilmiah yang kompleks, serta membahas tentang bagaimana ilmu pengetahuan yang akan mempengaruhi dunia seseorang.

- Otobiografi
Yang ditulis oleh seorang penulis tentang kehidupan pribadinya sendiri.

- Travelogue
Yang menggambarkan pengalaman dari seseorang dalam melakukan perjalanan ke suatu tempat tertentu atau saat melakukan perjalanan tertentu.

- Referensi
Yang merupakan seperti dari sebuah ensiklopedia atau kamus, yang dirancang untuk memberikan informasi tentang topik tertentu atau yang ada di sekitar.

- Self-help
Yang memberikan panduan atau saran kepada pembaca untuk meningkatkan kualitas hidup yang dijalaninya. Contohnya buku motivasi atau psikologi.

- Seni
Yang berisi tentang berbagai informasi seputar seni rupa, musik, teater, atau sastra hingga membahas teknik, sejarah, atau konteks sosial dari suatu karya seni.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya