Contoh Proposal KKN untuk Kegiatan Lomba yang Baik

"pahami yang berikut ini"

Life | 05 March 2023, 07:25
Contoh Proposal KKN untuk Kegiatan Lomba yang Baik

Setiap kelompok, organisasi, perkumpulan atau komunitas atau bahkan perorangan, atau pun sekolah, pasti memiliki sebuah keinginan untuk membuat kegiatan atau pun acara, dan juga lomba. Apa pun itu bentuk acaranya, juga berupa-rupa. Karena tentunya tiap orang atau perkumpulan selalu memiliki gagasan atau ide yang berbeda.

Salah satunya orang-orang yang berada di dalam lembaga sekolah, atau siswa-siswi yang tergabung dalam sebuah organisasi. Untuk merealisasikan kegiatan atau acara dan lomba tersebut tentu ada yang tidak langsung serta merta membuatnya atau melakukannya. Tetap membutuhkan pihak lain untuk diajak kerjasama. Bentuk kerjasama atau ide usaha tersebut ditampung dalam proposal, kemudian diajukan kepada orang-orang yang hendak dijadikan sasaran.

Pengertian Proposal

Sebelum itu, penting untuk mengetahui pengertian dari Proposal itu sendiri. Yaitu sebuah dokumen yang mempresentasikan ide, rencana, atau solusi untuk suatu masalah atau tantangan yang dihadapi. Proposal umumnya ditujukan kepada pihak yang berkepentingan atau memiliki kekuasaan untuk menentukan apakah ide atau rencana tersebut layak dilanjutkan atau tidak.

Proposal juga bisa berupa tawaran atau solusi bagi suatu permasalahan yang ditujukan kepada orang yang memiliki potensial yang dituju dalam proposal tersebut. Dalam hal ini, proposal juga bertujuan untuk mempersuasi pihak yang dituju untuk menerima tawaran atau solusi tersebut. Secara umum, proposal harus mencakup bagian informasi yang cukup untuk membuat pihak yang dituju memahami ide, rencana, atau solusi tersebut dan membuat keputusan yang tepat.
Daun.id

pixabay

Pengertian KKN
Salah satu pembuatan proposal saat masa KKN. Merupakan kependekan dari "Kuliah Kerja Nyata". Kegiatan KKN ini umumnya dilakukan oleh mahasiswa sebagai bagian dari program pendidikan mereka, yang melibatkan pengabdian kepada masyarakat dengan cara melakukan kegiatan yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah yang ditunjuk.

KKN ini memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari di kampus dan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitarnya. Kegiatan KKN pada umumnya berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung pada program dan kebijakan kampus masing-masing.

Setelah membaca pengertian di atas, juga perlu kiranya untuk mengetahui tata cara pembuatan proposal atau format proposal atau sistematika penulisan proposal untuk kegiatan lomba pada saat KKN ini sendiri. Adalah sebagai berikut:

- Judul kegiatan atau nama kegiatan.
- Pendahuluan: tema kegiatan, latar belakang kegiatan, tujuan kegiatan, target kegiatan.
- Isi proposal: rincian atau uraian kegiatan, peserta, kebutuhan yang diperlukan, waktu pelaksanaan, lokasi penyelenggaraan kegiatan.
- Susunan acara: durasi acara, penanggung jawab setiap kegiatan
- Susunan kepanitiaan.
- Anggaran dana: sebelum kegiatan, biaya operasional kegiatan, setelah kegiatan terlaksana.
- Penutup.

Sebagai referensi, berikut ini contoh proposal kegiatan lomba saat melakukan kegiatan KKN
Daun.id

pixabay

Judul: Lomba Desain Poster Anti Narkoba

Latar Belakang:
Narkoba adalah masalah sosial yang sangat serius di masyarakat. Banyaknya kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia membuat pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk mengatasi masalah ini. Kegiatan lomba desain poster anti narkoba dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba. Kegiatan ini juga dapat menjadi media untuk menggali kreativitas dan bakat generasi muda dalam merancang poster anti narkoba.

Tujuan:

Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba melalui poster anti narkoba yang dikreasikan oleh para peserta lomba.
Meningkatkan kreativitas dan bakat para peserta dalam merancang poster anti narkoba.
Menghasilkan poster anti narkoba yang berkualitas untuk digunakan sebagai media kampanye anti narkoba di wilayah setempat.
Sasaran:

Para mahasiswa KKN yang akan mengikuti kegiatan lomba.
Masyarakat di wilayah setempat sebagai target kampanye anti narkoba.
Metode Pelaksanaan:

Sosialisasi kegiatan lomba kepada para mahasiswa KKN yang akan mengikuti kegiatan tersebut.
Pembentukan panitia lomba yang terdiri dari para mahasiswa KKN.
Penyediaan fasilitas dan perlengkapan untuk kegiatan lomba.
Pelaksanaan kegiatan lomba dengan tema "Desain Poster Anti Narkoba".
Penjurian poster yang telah dibuat oleh para peserta lomba.
Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah bagi para pemenang.
Waktu Pelaksanaan:
Kegiatan lomba ini akan dilaksanakan pada bulan September 2023, selama 3 hari.

Anggaran:

Perlengkapan dan fasilitas kegiatan lomba: Rp 5.000.000
Hadiah untuk pemenang: Rp 3.000.000
Biaya administrasi: Rp 2.000.000
Total anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan lomba adalah Rp 10.000.000.

Kesimpulan:
Dengan adanya kegiatan lomba desain poster anti narkoba ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba dan juga mendorong para peserta untuk mengembangkan kreativitas dan bakat mereka dalam merancang poster anti narkoba yang berkualitas.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya