Contoh Karya Seni Rupa Kontemporer, Ketahui Pengertian dan Cirinya

"berikut penjelasan dan contohnya"

Life | 12 March 2023, 08:29
Contoh Karya Seni Rupa Kontemporer, Ketahui Pengertian dan Cirinya

Karya Seni Rupa Kontemporer merupakan karya seni rupa yang dihasilkan pada masa kontemporer, yaitu di mana periode waktu yang mencakup masa kini dan beberapa waktu sebelumnya. Karya ini cenderung mencerminkan pada sebuah keadaan dan nilai-nilai sosial, politik, budaya yang ada pada masa kini, serta menggabungkan berbagai media serta teknik yang ada dalam sebuah seni rupa.

Karya seni rupa kontemporer mencakup berbagai macam bentuk. Misalnya lukisan, patung, instalasi, seni performans, seni video, seni fotografi, seni instalasi, dan seni interaktif. Karya-karya tersebut umumnya menggunakan media yang bervariasi, mulai dari bahan-bahan tradisional. Contohnya seperti cat minyak, kanvas, kayu, dan batu, hingga bahan modern seperti video, komputer, dan bahan-bahan daur ulang.

Tujuan dari karya seni rupa kontemporer merupakan untuk menciptakan pengalaman visual dan estetika baru, hingga membangkitkan sebuah perasaan dan ide, serta memperkaya persepsi kita tentang dunia di sekitar kita. Karya ini sering kali menantang batasan-batasan dari konsep tradisional seni rupa dan mengundang diskusi dan refleksi dalam masyarakat.

Ciri-cirinya
Di antaranya merupakan sebagai berikut;

  • Menggunakan media dan teknik yang beragam: Karya seni rupa kontemporer sering kali menggunakan berbagai media dan teknik yang ada dalam seni rupa, seperti cat akrilik, cat air, cat minyak, kanvas, kayu, batu, kaca, plastik, logam, bahan daur ulang, dan lain sebagainya.
  • Mencerminkan nilai-nilai dan keadaan sosial, politik, dan budaya kontemporer: Karya seni rupa kontemporer sering kali mencerminkan isu-isu kontemporer, seperti isu-isu sosial, politik, budaya, dan lingkungan, dan berfungsi sebagai media untuk menyampaikan pesan sosial dan politik.
  • Mendorong kreativitas dan inovasi dalam seni rupa: Karya seni rupa kontemporer bertujuan untuk menciptakan karya seni yang orisinal dan unik, serta mendorong kreativitas dan inovasi dalam seni rupa.
  • Menampilkan konsep-konsep abstrak atau figuratif yang unik dan inovatif: Karya seni rupa kontemporer sering kali menampilkan konsep-konsep abstrak atau figuratif yang unik dan inovatif, dan sering kali menantang batasan-batasan tradisional seni rupa.
  • Berfokus pada pengalaman visual dan estetika yang baru: Karya seni rupa kontemporer bertujuan untuk memperkaya pengalaman visual dan estetika dalam kehidupan modern, dan sering kali menampilkan penggunaan warna, bentuk, dan tekstur yang unik dan menarik.


Contoh Karya Seni Rupa Kontemporer
Sebagai berikut;

  • "The Physical Impossibility of Death in the Mind of Someone Living" oleh Damien Hirst: ini merupakan sebuah karya berupa patung hiu dengan ukuran sebenarnya yang disimpan dalam formaldehid dan diletakkan di dalam akuarium kaca. Karya ini mengeksplorasi tema-tema kematian dan keabadian, dan menjadi salah satu karya seni paling kontroversial dan kontemporer pada tahun 1990-an.Daun.id
    karya seni kontemporer
  • "Untitled (Portrait of Ross in L.A.)" oleh Felix Gonzalez-Torres: ini merupakan karya konsep instalasi yang terdiri dari banyak permen keras yang diatur sedemikian rupa sehingga membentuk tumpukan yang memiliki berat 175 pon, yang setara dengan berat pasangan pelukis Ross Laycock dan pasangannya yang meninggal akibat AIDS. Karya ini menggambarkan tema-tema kematian dan hilangnya kekasih akibat AIDS, dan mengajak pengunjung untuk memakan permen yang membentuk tumpukan itu.Daun.id
    karya seni kontemporer
  • "Love" oleh Robert Indiana: ini merupakan karya patung tiga dimensi yang terdiri dari empat huruf L, O, V, dan E dengan warna-warna yang cerah. Karya ini menjadi ikonik dan menjadi simbol cinta dan persahabatan.Daun.id
    karya seni kontemporer
  • "Sky Mirror" oleh Anish Kapoor: ini merupakan sebuah karya instalasi yang terdiri dari cermin raksasa yang membentuk bentuk bulat. Karya ini menciptakan ilusi optik dan memungkinkan pengunjung untuk melihat gambaran diri mereka dalam perspektif yang unik.Daun.id
    karya seni kontemporer
  • "The Weather Project" oleh Olafur Eliasson: ini merupakan sebuah karya instalasi yang terdiri dari cahaya buatan dan kipas besar yang terpasang di langit-langit museum. Karya ini menciptakan efek cahaya yang memukau dan memberikan pengalaman langit yang terang dan terbuka bagi pengunjung.Daun.id
    karya seni kontemporer

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 13 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:16 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:55 ISYA 19:04  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Aries akan mengalami kehidupan percintaan yang penuh gairah. Kamu akan menemukan dirimu lebih terbuka untuk menjalin hubungan baru atau memperdalam hubungan yang sudah ada. Namun, tetaplah berhati-hati dan jangan terburu-buru dalam membuat keputusan besar dalam percintaanmu.



Aries Selengkapnya