Contoh Plagiarisme Dalam Karya Ilmiah Menurut Subjek dan Jenisnya

"Pahami jenis plagiarisme dalam karya ilmiah."

Life | 13 March 2023, 17:26
Contoh Plagiarisme Dalam Karya Ilmiah Menurut Subjek dan Jenisnya

Plagiarisme dalam karya ilmiah merupakan tindakan mengambil, menyalin, atau memakai karya, ide, atau informasi dari sumber lain tanpa memberikan pengakuan yang layak kepada sumber aslinya. Hal ini melanggar etika akademik dan dapat mengakibatkan konsekuensi serius seperti diskualifikasi dari publikasi, kehilangan pekerjaan atau gelar akademik, serta reputasi yang rusak.

Plagiarisme dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk tetapi tidak terbatas pada memperbanyak teks secara langsung, menyalin ide, mengutip sumber tanpa memberikan kutipan, mengambil bagian-bagian dari karya orang lain dan menyajikannya sebagai karya sendiri, dan membeli atau menyewa karya dari orang lain untuk digunakan sebagai karya sendiri. Oleh karena itu, penting bagi para penulis karya ilmiah untuk memastikan bahwa mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada sumber-sumber yang mereka gunakan dalam penelitian dan tulisan mereka.

Jenis-jenis plagiarisme

Adapun beberapa jenis plagiarisme ialah sebagai berikut:

1. Plagiarisme menurut aspek yang dicuri
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Jenis plagiarisme menurut aspek yang dicuri dirinci menjadi 4 hal, yakni:

a. Plagiat ide (plagiarism of ideas)

Plagiat ide merupakan hal yang sudah dibuktikan sebab ide atau gagasan memiliki sifat abstrak dan mempunyai persamaan terhadap ide orang lain. Dapat pula karena terdapat kemungkinan dua orang memiliki ide yang sama.

b. Plagiat kata demi kata (word for word plagiarism)

Plagiat jenis ini hampir mirip seperti slavish copy di mana seseorang mengutip karya orang lain menggunakan kata demi kata tanpa menjelaskan sumbernya. Plagiasi ini muncul akibat skala pengutipannya sangat substansial maka setiap ide atau gagasan penulisannya dapat diambil. Plagiasi jenis ini banyak dilakukan terhadap karya tulis.

c. Plagiat sumber (plagiarism of source)

Plagiat jenis ini adalah hal yang fatal sebab tidak merinci dengan lengkap selengkap-lengkapnya referensi yang menjadi sumber kutipan.

d. Plagiat kepengarangan (plagiarism of authorship)

Palgiat jenis ini terjadi ketika karya tulis seseorang disusun orang lain. Hal ini muncul dengan kesadaran dan sengaja guna menipu publik. Contohnyanya mengubah cover buku atau sampul karya tulis orang lain tanpa ada izin dari pemiliknya.

2. Plagiarisme menurut kesengajaan

Plagiarisme menurut kesengajaan dibagi dalam dua, yaitu:

a. Plagiat sengaja

Plagiarisme jenis ini dilakukan dengan sadar memakai, meminjam, copy paste karya orang lain dari kalimat, gagasan, ide, dan teori tanpa terdapat sumber referensi yang digunakan.

b. Plagiat tidak sengaja

Plagiarisme jenis ini terjadi ketika seseorang tidak sengaja memakai, meminjam, copy paste karya orang lain sebab kurangnya pengetahuan seseorang untuk melakukan pengutipan.

3. Plagiarisme menurut pola yang digunakan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Plagiarisme menurut pola yang digunakan dibagi menjadi empat, sebagai berikut:

a. Plagiarisme total

Plagiarisme total merupakan jenis plagiarisme di mana seorang penulis mekalukan penjiplakan atau mencuri hasil karya orang lain keseluruhan dan mengakui bahwa karya itu miliknya.

b. Plagriarisme parsial

Plagriarisme parsial adalah jenis plagiasi yang terjadi saat seseorang penulis melakukan penjiplakan sebagian dari karya orang lain guna menciptakan hasil karyanya sendiri seperti menjiplak pernyataan, landasan teori, sampel, metode analisis yang tidak ada sumbernya. 

c. Auto-plagiasi (self-plagiarisme)

Auto-plagiasi merupakan jenis plagiarisme yang terjadi pada seseorang terhadap karyanya sendiri yang dilakukan sebagian ataupun semuanya. Contohnya, saat menulis artikel ilmiah seorang penulis meng-copy paste beberapa bagian tertentu dari karyanya pada buku yang telah diunggap tanpa mencantumkan sumbernya.

d. Plagiarisme antar bahasa

Plagiarisme antar bahasa merpakan jenis plagiarisme yang terjadi saat seorang penulis menerjemahkan karya tulis berbahasa asing ke bahasa Indonesia. Selanjutnya, penulis membuat hasil terjemahan itu untuk karyanya tanpa mencantumkan sumbernya.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya