Contoh Proposal Kegiatan Osis Festival Musik yang Efektif

"berikut contohnya"

Life | 16 March 2023, 20:52
Contoh Proposal Kegiatan Osis Festival Musik yang Efektif

Bagi setiap kelompok, organisasi, perkumpulan atau komunitas atau bahkan perorangan, atau pun sekolah, pasti memiliki sebuah keinginan untuk membuat kegiatan atau pun acara, dan juga lomba. Apa pun itu bentuk acaranya, juga berupa-rupa. Karena tentunya tiap orang atau perkumpulan selalu memiliki gagasan atau ide yang berbeda.

Satu di antaranya yang berada di dalam lembaga sekolah, atau siswa-siswi yang tergabung dalam sebuah organisasi. Untuk merealisasikan kegiatan atau acara dan lomba, bahkan juga untuk mengadakan sebuah kegiatan Festival Musik, yang diadakan oleh pihak OSIS tersebut tentu ada yang tidak langsung serta merta membuatnya atau melakukannya. Tetap membutuhkan pihak lain untuk diajak kerjasama. Bentuk kerjasama atau ide usaha tersebut ditampung dalam proposal, kemudian diajukan kepada orang-orang yang hendak dijadikan sasaran.

Pengertian Proposal
Sebelum itu, penting untuk mengetahui pengertian dari Proposal itu sendiri. Yaitu sebuah dokumen yang mempresentasikan ide, rencana, atau solusi untuk suatu masalah atau tantangan yang dihadapi. Proposal umumnya ditujukan kepada pihak yang berkepentingan atau memiliki kekuasaan untuk menentukan apakah ide atau rencana tersebut layak dilanjutkan atau tidak.

Proposal juga bisa berupa tawaran atau solusi bagi suatu permasalahan yang ditujukan kepada orang yang memiliki potensial yang dituju dalam proposal tersebut. Dalam hal ini, proposal juga bertujuan untuk mempersuasi pihak yang dituju untuk menerima tawaran atau solusi tersebut. Secara umum, proposal harus mencakup bagian informasi yang cukup untuk membuat pihak yang dituju memahami ide, rencana, atau solusi tersebut dan membuat keputusan yang tepat.
Daun.id

pixabay

Proposal Kegiatan
Merupakan sebuah rencana atau proposal tertulis yang memuat penjelasan lengkap mengenai suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Proposal ini biasanya disusun dengan tujuan untuk menbisakan persetujuan atau dukungan dari pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut, seperti sponsor, lembaga atau instansi pemerintah, atau masyarakat umum.

Pada proposal kegiatan, terbisa beberapa komponen penting yang harus dijelaskan dengan jelas dan detail, antara lain seperti latar belakang kegiatan, tujuan kegiatan, target peserta, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan, serta rincian kegiatan yang akan dilakukan. Selain itu, proposal kegiatan juga harus mencantumkan daftar peralatan dan biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Penting untuk memperhatikan bahwa sebuah proposal kegiatan haruslah dibuat dengan singkat, jelas, dan padat. Proposal kegiatan yang terlalu panjang dan tidak fokus pada pokok permasalahan bisa membuat pihak yang dituju merasa tidak tertarik untuk membaca atau memberikan persetujuan.

OSIS
Merupakan singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. OSIS yaitu sebuah organisasi yang dibentuk untuk para siswa di dalam sekolah yang bertujuan mengembangkan potensi dan bakat siswa, serta mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan siswa di dalam sekolah.

OSIS terdiri dari beberapa pengurus yang dipilih melalui pemilihan umum yang diadakan oleh pihak sekolah. Adapun kegiatan-kegiatan OSIS di antaranya yaitu penyelenggaraan acara musik, olahraga, seminar, workshop, dan kegiatan sosial lainnya.

OSIS juga bertanggung jawab dalam mengadakan kegiatan-kegiatan sekolah. Contoh misalnya penggalangan dana, perayaan hari besar, dan lain sebagainya. Melalui OSIS, siswa bisa belajar untuk memimpin, berorganisasi, dan bekerja sama dalam tim, sehingga membantu siswa untuk menjadi lebih baik dan berkembang secara holistik.

Festival Musik
Kegiatan yang bisa diadakan oleh anak OSIS acara musik, yaitu seperti Festival Musik.

Merupakan sebuah acara yang biasanya diadakan secara berkala, baik tahunan maupun beberapa tahun sekali, yang menghadirkan sejumlah musisi atau grup musik yang tampil dalam suatu panggung untuk menghibur para penonton. Umumnya berlangsung selama beberapa hari dan dihadiri oleh banyak orang tentunya.

Festival musik bisa berbagai macam genre musik, mulai dari pop, rock, jazz, hip-hop, elektronik, dan lain sebagainya. Selain itu juga, festival musik bisa memiliki tema-tema khusus. Misalnya festival musik indie, festival musik dunia, atau festival musik elektronik.

Festival musik bukan hanya tentang musik, tetapi juga menghadirkan pengalaman yang unik dan memuaskan bagi para penonton. Di dalam festival musik, selain panggung utama, biasanya terbisa area makanan, tempat minum, area merchandise, area foto, dan area lainnya yang menghadirkan aktivitas dan hiburan yang berbeda.

Selain itu, festival musik juga bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan musisi atau grup musik baru kepada penonton yang lebih luas. Festival musik juga bisa menjadi ajang bagi musisi atau grup musik untuk memperkenalkan karya-karya terbarunya dan menguji respons dari penonton secara langsung.

Festival musik juga bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah atau lembaga yang dalam hal ini sekolah, yang mana festival tersebut diadakan. Kegiatan ini bisa mengundang siapa pun yang ingin diundang, sehingga bisa meningkatkan pemasukan. Khususyna siswa sekolah yang ingin mengasah pelajaran tentang berdagang.

Contoh Proposal Kegiatan Osis Festival Musik
Untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana membuat proposal untuk kegiatan ini adalah sebagai berikut:
Daun.id

pixabay

I. Pendahuluan
Festival musik merupakan ajang bagi para musisi untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam bermusik, sekaligus menghibur penonton. Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana untuk menggalang dana bagi berbagai kegiatan sekolah. Oleh karena itu, OSIS SMA XYZ akan menyelenggarakan Festival Musik dengan tema "Tribute to Legends" yang akan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Mei 2023 di lapangan olahraga SMA XYZ.

II. Tujuan Kegiatan
Tujuan dari kegiatan Festival Musik "Tribute to Legends" ini adalah:

Memperkenalkan berbagai musisi lokal yang mampu menghibur penonton.
Meningkatkan minat siswa SMA XYZ terhadap musik.
Meningkatkan penggalangan dana bagi kegiatan sekolah.

III. Waktu dan Tempat
Hari/Tanggal: 1-2 Mei 2023
Waktu: 08.00 - 22.00 WIB
Tempat: Lapangan Olahraga SMA XYZ

IV. Rincian Kegiatan
Penyelenggaraan Festival Musik "Tribute to Legends" pada hari Sabtu-Minggu dengan durasi dua hari penuh.
Penyelenggaraan panggung musik dengan penampilan musisi lokal. Selain itu, akan ada pula booth merchandising dan makanan.
Penggalangan dana dari penjualan tiket masuk dan hasil penjualan merchandising dan makanan.
Pemberian penghargaan kepada musisi terbaik dan juara pertama hingga ketiga pada malam puncak.


V. Anggaran
Sewa panggung, suara, dan pencahayaan: Rp. 20.000.000,-
Sewa lapangan olahraga: Rp. 5.000.000,-
Biaya pengadaan booth makanan dan merchandising: Rp. 10.000.000,-
Biaya promosi: Rp. 2.500.000,-
Hadiah untuk musisi terbaik dan juara pertama hingga ketiga: Rp. 5.000.000,-
Biaya administrasi: Rp. 2.000.000,-
Total Anggaran: Rp. 44.500.000,-

VI. Kesimpulan
Festival Musik "Tribute to Legends" yang akan diselenggarakan oleh OSIS SMA XYZ ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi siswa SMA XYZ maupun masyarakat sekitar, sekaligus meningkatkan minat siswa SMA XYZ terhadap musik. Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar. Terima kasih atas perhatiannya.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 13 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:16 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:55 ISYA 19:04  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Aries akan mengalami kehidupan percintaan yang penuh gairah. Kamu akan menemukan dirimu lebih terbuka untuk menjalin hubungan baru atau memperdalam hubungan yang sudah ada. Namun, tetaplah berhati-hati dan jangan terburu-buru dalam membuat keputusan besar dalam percintaanmu.



Aries Selengkapnya