Niat Sahur Puasa Senin Kamis Arab dan Artinya, serta Manfaatnya

"untuk lebih lengkapnya simak yang berikut ini"

Life | 21 March 2023, 15:35
Niat Sahur Puasa Senin Kamis Arab dan Artinya, serta Manfaatnya

Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang dianjurkan bagi umat Muslim untuk dilaksanakan setiap minggunya. Tepatnya pada hari Senin dan Kamis. Puasa ini memiliki banyak keutamaan di sisi Allah SWT, antara lain:

  • Menbisakan kecintaan dari Allah SWT: Puasa Senin Kamis dianggap sebagai amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT. Dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Aksi yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa yang dilakukan pada hari Senin dan Kamis." (HR. Tirmidzi)
  • Penghapus dosa: Puasa Senin Kamis juga bisa menjadi penghapus dosa bagi umat Muslim yang melaksanakannya dengan ikhlas dan penuh keimanan.
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh: Puasa Senin Kamis juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Dengan mengatur pola makan dan menghindari makanan yang berlemak dan berkalori tinggi, umat Muslim bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan puasa senin kamis ini.
  • Bentuk pelatihan diri: Melaksanakan puasa Senin Kamis juga bisa menjadi bentuk pelatihan diri untuk lebih disiplin dalam menjalankan ibadah dan amalan kebaikan lainnya. Serta membantu diri untuk menahan dari hal-hal yang bersifat merugikan diri sendiri untuk keinginan sesaat.

Daun.id

pixabay

Dalam melaksanakan puasa Senin Kamis ini sendiri, umat Muslim disarankan untuk memperhatikan kondisi tubuh dan kesehatan, serta memperbanyak ibadah dan amalan kebaikan lainnya. Dengan demikian, umat Muslim diharapkan bisa meraih keberkahan dan kebahagiaan di dunia serta di akhirat.

Manfaat Puasa Senin Kamis
Puasa Senin Kamis memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik dan mental, maupun untuk kehidupan spiritual dan keimanan umat Muslim. Simak yang berikut ini:

  • Menjaga kesehatan: Puasa Senin Kamis bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Karena dengan melakukan puasa, tubuh akan terhindar dari mengonsumsi makanan dan minuman yang berlebihan. Hal ini bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit seperti misalnya obesitas, diabetes, serta penyakit kardiovaskular.
  • Meningkatkan kesabaran dan ketahanan mental: Puasa Senin Kamis juga bisa membantu meningkatkan kesabaran dan ketahanan mental. Dengan menahan lapar dan dahaga selama beberapa jam lamanya, umat Muslim akan belajar untuk lebih mengendalikan diri atau bersabar dan tahan uji dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.
  • Meningkatkan keimanan: Puasa Senin Kamis juga bisa membantu meningkatkan keimanan dan taqwa seseorang kepada Allah SWT. Dengan memperbanyak ibadah selama berpuasa, seperti contohnya sholat, membaca Al-Qur'an, dan berdoa, umat Muslim bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan merasakan kekuatan spiritual yang mendalam.
  • Meraih pahala dan keberkahan: Melakukan puasa Senin Kamis juga bisa memberikan pahala yang besar di sisi Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Aksi yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa yang dilakukan pada hari Senin dan Kamis." (HR. Tirmidzi)


Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa."

Artinya: "Saya niat puasa pada hari senin, sunat karena Allah Ta'aalaa."

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa."

Artinya: "Saya niat puasa pada hari kamis, sunat karena Allah Ta'aalaa."
Daun.id

pixabay

Hukum Sahur Puasa Senin Kamis
Hukum sahur pada puasa ini sama dengan pada puasa sunnah lainnya, yaitu dianjurkan. Hal ini karena sahur bisa membantu umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa dengan lebih lancar dan kuat, serta menjalani aktivitas hari-hari lainnya.

Dalam hadis riwayat Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, "Makanlah sahur, karena sahur itu lebih berkah." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan makan saat sahur, tubuh umat Muslim akan menbisakan asupan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di siang hari saat berpuasa. Sahur juga bisa membantu menjaga keseimbangan gula darah dan metabolisme tubuh, sehingga meminimalkan risiko lemas, pusing, dan dehidrasi saat berpuasa.

Namun demikian, sahur pada puasa Senin Kamis bukanlah menjadi bagian syarat utama dalam melaksanakan puasa ini. Bagi umat Muslim yang sulit atau tidak sempat untuk sahur, tetap bisa menjalankan puasa Senin Kamis tanpa sahur.


Dalam melaksanakan puasa Senin Kamis, yang terpenting adalah niat yang ikhlas dan penuh keimanan, serta mengikuti tata cara pelaksanaan puasa yang benar. Karenanya umat Muslim bisa meraih manfaat dan keberkahan dari puasa Senin Kamis.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 23 FEBRUARI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:32 SUBUH 04:42 DUHA 06:20 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:17 MAGHRIB 18:16 ISYA 19:26  

Zodiak Pisces Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Februari 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami kejutan positif. Kamu akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasanganmu. Jika kamu masih sendiri, ada kemungkinan kamu akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Pisces Selengkapnya




AI