Niat Sahur Puasa 9 Dzulhijjah, Hapus Dosa 2 Tahun dan Bebas Api Neraka

"Ketahui niat sahur puasa 9 Dzulhijjah."

Life | 22 March 2023, 18:37
Niat Sahur Puasa 9 Dzulhijjah, Hapus Dosa 2 Tahun dan Bebas Api Neraka

Puasa 9 Dzulhijjah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender hijriyah. Puasa ini memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

  1. Sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW: Puasa 9 Dzulhijjah merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.
  2. Penghapus dosa: Puasa ini dapat menjadi penghapus dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.
  3. Mendapatkan pahala: Puasa ini dapat mendatangkan pahala yang besar dari Allah SWT.
  4. Memperoleh ampunan: Dengan berpuasa 9 Dzulhijjah, kita berharap memperoleh ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang telah kita lakukan.
  5. Menjadi persiapan haji: Puasa 9 Dzulhijjah juga menjadi persiapan dalam menjalankan ibadah haji, karena pada tanggal 10 Dzulhijjah, umat Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah haji di Mekah.


Namun, puasa 9 Dzulhijjah bukanlah termasuk dalam puasa wajib, sehingga tidak menjadi kewajiban bagi umat Muslim untuk melakukannya.


Niat puasa 9 Dzulhijjah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut ini niat puasa Arafah, yakni:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Arafah lillahi ta‘ala

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Hadis tentang puasa 9 Dzulhijjah
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun mengenai janji bebas dari api neraka dan pengampunan dosa selama 2 tahun, hal tersebut tidak dijelaskan secara langsung dalam ajaran Islam. Namun, Allah SWT dalam Al-Quran memberikan janji pengampunan bagi orang yang bertaubat dengan sungguh-sungguh dan memperbaiki diri. Hal tersebut sesuai dengan hadis yang berbunyi:

"Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?" (HR Muslim).

Oleh karena itu, ketika kita berpuasa 9 Dzulhijjah, kita sebaiknya menjadikan kesempatan ini sebagai ajang untuk memperbaiki diri, bertaubat dengan sungguh-sungguh, dan memohon ampun kepada Allah SWT. Dengan demikian, kita berharap akan memperoleh pengampunan dan ridha-Nya, serta terhindar dari api neraka.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya