Niat Sahur 1 Bulan Penuh untuk Ramadan, Berikut Penjelasan dan Tata Cara Niatnya

"simak yang berikut ini"

Life | 22 March 2023, 19:08
Niat Sahur 1 Bulan Penuh untuk Ramadan, Berikut Penjelasan dan Tata Cara Niatnya

Beberapa hari lagi umat muslim akan menyambut bulan suci penuh ampunan. Bulan yang penuh rahmat serta kemuliaan, untuk mengharapkan syafaat serta berkah pahala kepada Allah. Yaitu bulan Ramadan. Atau umum disebut dengan bulan puasa.

Pengertian Puasa
Merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah SWT. Puasa dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum, dan hubungan intim dari terbit fajar hingga terbenam matahari, pada bulan Ramadan ini sendiri, sesuai dengan ajaran Islam.

Selain puasa di bulan Ramadan ini, ada pula puasa sunnah yang bisa dilakukan pada hari-hari tertentu dalam kalender Islam. Misalnya puasa enam hari di bulan Syawal, puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram, dan lain sebagainya.

Tujuan puasa merupakan yaitu;

  1. Untuk meningkatkan ketakwaan dan kesadaran umat Muslim akan kekuasaan Allah SWT
  2. Untuk memperbaiki diri dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT 


Selain itu, puasa juga diyakini memiliki manfaat kesehatan dan kebugaran, misal contohnya membersihkan tubuh dari racun dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Puasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap Muslim dewasa dan sehat secara fisik dan mental, kecuali bagi mereka yang memiliki alasan medis atau kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk berpuasa.

Karena banyak manfaat yang didapat, tak heran banyak orang muslim menyambut penuh suka cita bulan Ramadan atau bulan puasa ini.
Daun.id

pixabay

Bulan Ramadan
Merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam atau disebut dengan kalender Hijriyah. Yang mana umat Muslim di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga terbenam matahari selama satu bulan penuh. Puasa di bulan Ramadan merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan wajib dilaksanakan atau dilakukan oleh setiap Muslim yang sudah baligh dan sehat.

Selain menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadan juga dianggap sebagai bulan yang suci nan penuh berkah. Umat Muslim di seluruh dunia memperbanyak amal ibadah serta kegiatan keagamaan di bulan ini, misalnya melakukan kegiatan ibadah halnya membaca Al-Qur'an, bersedekah, hingga melakukan shalat tarawih di malam hari.

Pada akhir bulan Ramadan ini umumnya, umat Muslim merayakan Idul Fitri, yang juga dikenal sebagai Hari Raya atau Lebaran, sebagai tanda berakhirnya bulan suci ini. Hari Raya Idul Fitri umumnya dirayakan dengan berkumpul bersama dengan keluarga dan kerabat, memaafkan satu sama lain, juga terkadang memberikan hadiah kepada orang-orang terdekat.

Keutamaan Bulan Ramadan
Bulan Ramadan juga memiliki banyak keutamaan-keutamaan bagi umat Muslim. Di antaranya merupakan sebagai berikut:

  1. Bulan Ramadan merupakan bulan di mana Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia.
  2. Bulan Ramadan merupakan waktu untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT melalui puasa serta amalan ibadah lainnya.
  3. Puasa Ramadan merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah baligh dan sehat.
  4. Puasa Ramadan  begitu membantu umat Muslim meningkatkan kesabaran, pengendalian diri, hingga rasa empati terhadap orang lain yang kurang beruntung.


Selain melakukan ibadah puasa, bulan Ramadan juga dikenal sebagai bulan penuh dengan keberkahan di mana seluruh pahala amal ibadah dilipatgandakan dan keberkahan Allah SWT lebih mudah diperoleh.

Bulan Ramadan juga merupakan waktu untuk berbuat kebajikan dan bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Pada bulan ini juga menjadi waktu untuk meningkatkan persaudaraan dan kebersamaan antar sesama umat Muslim.

Pada akhir bulan Ramadan nantinya, umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri sebagai tanda berakhirnya bulan suci. Yang mana umat Muslim bersilaturahmi dan memberikan maaf satu sama lain. Dengan banyaknya keutamaan yang diperoleh, bulan Ramadan menjadi waktu yang sangat dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Pengertian Sahur
Merupakan istilah dalam bahasa Arab yang merujuk pada makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh umat Muslim sebelum waktu imsak, yaitu waktu ketika puasa diawali pada bulan Ramadan. Sahur dilakukan sebelum terbit fajar, umumnya sekitar satu hingga dua jam sebelum waktu subuh.

Sahur penting untuk dilakukan karena bisa memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Makanan sahur yang disarankan merupakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan protein, seperti nasi, roti gandum, telur, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Meskipun sahur tidak diwajibkan dalam agama Islam, namun sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa. Dengan melaksanakan atau melakukan sahur, tubuh bisa menbisakan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari selama berpuasa, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan dan stamina selama bulan Ramadan.

Hukum Niat Sahur 1 Bulan Penuh

Hukumnya sunnah, yang berarti bahwa itu dianjurkan dan sangat baik dilakukan, tetapi bukanlah wajib atau diharuskan untuk dilaksanakan.

Sahur sendiri merupakan waktu makan sahur sebelum terbit fajar dalam ibadah puasa, yang bertujuan untuk memberikan energi dan kekuatan bagi seseorang yang berpuasa sepanjang hari. Karenanya melakukan sahur selama satu bulan penuh merupakan sebuah kebaikan dan dianjurkan, karena membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh selama berpuasa.

Bila seseorang tidak mampu melakukan sahur selama satu bulan penuh, misalnya karena alasan kesehatan atau kesulitan lainnya, maka itu tidak menjadi suatu dosa atau kesalahan. Karena puasa itu sendiri merupakan kewajiban bagi setiap muslim, sedangkan melakukan sahur merupakan sunnah yang sangat dianjurkan.

Yang terpenting dalam berpuasa merupakan niat yang ikhlas dan semata-mata karena Allah SWT. Sehingga, baik melakukan sahur selama satu bulan penuh atau tidak, niat yang ikhlas tetaplah menjadi kunci utama dalam menjalankan ibadah puasa dengan benar dan mendapatkan pahala yang maksimal.
Daun.id

pixabay

Berikut ini bacaan niat puasa ramadhan sebulan penuh:

Arab : نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma jami'i syahri ramadhani hadzihis sanati taqlidan lil imami Malik fardhan lillahi ta'ala

Artinya: “Saya niat puasa sebulan penuh pada bulan Ramadan tahun ini mengikuti pendapat Imam Malik untuk memenuhi kewajiban karena Allah SWT.”

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 17 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya