Niat Sahur Puasa Rajab Hari Ke 3 Teks Arab, Latin serta Artinya

"simak yang berikut ini"

Life | 24 March 2023, 10:51
Niat Sahur Puasa Rajab Hari Ke 3 Teks Arab, Latin serta Artinya

Puasa Rajab adalah puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Rajab, bulan ke-7 dalam kalender Islam. Puasa ini tidak diwajibkan, namun sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan umat Muslim yang ingin mendapatkan keutamaan dan pahala dari Allah SWT.

Puasa Rajab dapat dilakukan sepanjang bulan atau hanya pada beberapa hari tertentu dalam bulan Rajab, tergantung pada kebiasaan masing-masing individu. Ada yang mengamalkan puasa selama satu hari, tiga hari, seminggu atau bahkan sebulan penuh.

Puasa Rajab juga sering dihubungkan dengan puasa Sya'ban yang dilakukan pada bulan Sya'ban, bulan ke-8 dalam kalender Islam. Kedua puasa ini sering disebut sebagai puasa "daurah", yaitu puasa yang dilakukan secara teratur pada setiap bulan tertentu sebagai amalan yang baik dalam agama Islam.

Namun, perlu diingat bahwa puasa Rajab atau puasa Sya'ban bukanlah puasa wajib dan tidak memiliki landasan dalil yang kuat dalam agama Islam. Oleh karena itu, puasa ini sebaiknya dilakukan secara bijak dan seimbang, tanpa mengabaikan ibadah lain yang lebih penting seperti shalat lima waktu dan shalat sunnah lainnya.

Puasa di bulan Rajab merupakan salah satu amalan yang dianjurkan. Alasannya, sebagai muslim dianjurkan berpuasa sunah saat bulan-bulan agung sesuai ketentuan agama seperti pernyataan Syekh Nawawi Banten, yakni:

والعاشر صوم أيام الأشهر الحرم وهي أربعة المحرم ورجب وذو القعدة وذو الحجة. وأفضل الشهور رمضان ثم المحرم ثم رجب ثم ذو الحجة ثم وذو القعدة ثم شعبان. وظاهر كلامهم أن باقي شهور السنة على حد سواء

Artinya: “Kesepuluh puasa pada bulan-bulan terhormat, yaitu empat bulan: Muharram, Rajab, Dzulqa‘dah, dan Dzulhijjah. Bulan paling utama adalah Ramadhan, kemudian Muharram, lalu Rajab, selanjutnya Dzulhijjah, kemudian Dzulqa‘dah, lalu Sya‘ban. Ucapan mereka dilihat secara zahir mengatakan bahwa pada bulan selain yang disebutkan kesunahannya sama, ” (Lihat Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah, 2002 M/1422 H], cetakan pertama, halaman 192).Daun.id

pixabay


Niat sahur puasa Rajab hari ke-3

Halnya niat sahur puasa Rajab umumnya, yakni sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى

Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta'aala

Artinya: Saya berniat puasa rajab sunah karena Allah ta'ala.

Doa memasuki bulan Rajab
Tidak hanya melaksankan puasa di bulan Rajag, sebagai umat Islam disunahkan untuk mengucapkan doa sesuai yang dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika menjelang bulan Rajab, berbunyi:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma barik lana fi rajaba wasya'bana waballighna ramadlana

Artinya: "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan."

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya