Doa Iftitah Tarawih dan Tata Caranya yang Benar

"Pahami juga tata cara membaca doa iftitah tarawih."

Life | 24 March 2023, 15:18
Doa Iftitah Tarawih dan Tata Caranya yang Benar

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadan setelah sholat Isya' dan sebelum sholat Witir. Sholat ini terdiri dari rangkaian rakaat, biasanya 8 atau 20 rakaat, dan dilakukan secara berjamaah di masjid atau di rumah. Sholat tarawih sangat dianjurkan bagi umat Muslim karena merupakan salah satu ibadah yang dapat menguatkan hubungan dengan Allah SWT, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta mendapat pahala yang besar di bulan Ramadan.

Selain itu dalam sholat tarawih juga terdapat doa iftitah yang harus dibaca. Namun sebelumnya kamu perlu mengetahui niat sholat tarawih yang tepat, yakni:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak'ataini mustaqbilal qiblati ada'an imaman lilahi ta'alaa

Artinya: Saya niat sholat sunah tarawih dua raka'at sebagai imam karena Allah Ta'ala

Doa iftitah tarawih

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allaahu akbar Kabiroo Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin

Artinya: "Allah maha besar, maha sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, pujian yang sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang. Kuhadapkan wajahku kepada zat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan penuh ketulusan dan kepasrahan dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku semuanya untuk Allah, penguasa alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikianlah aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang yang muslim."

Tata cara doa iftitah tarawih
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Tata cara doa iftitah tarawih adalah sebagai berikut:

- Berdiri dengan tegak menghadap kiblat.
- Membaca niat dalam hati untuk melaksanakan sholat Tarawih.
- Membaca takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga, lalu menempatkannya di bawah dada.
- Membaca doa Iftitah dengan khusyuk dan tuma'ninah.
- Melakukan sholat Tarawih dengan membaca Al-Quran secara berjamaah.
- Setelah selesai sholat Tarawih, dilakukan sholat Witir sebagai penutup.

Demikianlah tata cara doa iftitah tarawih. Penting untuk diingat bahwa sholat tarawih adalah ibadah yang sangat dianjurkan, sehingga dilakukan dengan penuh kesungguhan dan khusyuk agar mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 13 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:16 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:55 ISYA 19:04  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Aries akan mengalami kehidupan percintaan yang penuh gairah. Kamu akan menemukan dirimu lebih terbuka untuk menjalin hubungan baru atau memperdalam hubungan yang sudah ada. Namun, tetaplah berhati-hati dan jangan terburu-buru dalam membuat keputusan besar dalam percintaanmu.



Aries Selengkapnya