Doa Tarawih Hari Pertama Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

"Menjalankan tarawih juga memiliki keutamaan."

Life | 26 March 2023, 16:29
Doa Tarawih Hari Pertama Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Doa Tarawih adalah serangkaian doa yang dibaca saat melaksanakan ibadah sholat tarawih di bulan Ramadan. Doa ini berisi permohonan ampun, keberkahan, dan kebaikan kepada Allah SWT serta meminta perlindungan dari segala hal yang tidak baik.

Doa Tarawih biasanya dibaca pada setiap rakaat sholat tarawih, meskipun tidak wajib untuk dibaca dalam setiap rakaat. Setiap orang dapat memilih doa Tarawih sesuai dengan keinginan dan kemampuannya, namun ada beberapa doa Tarawih yang umumnya sering dibaca seperti doa Istiftah, doa Qunut, dan doa Tawbah.

Melakukan ibadah sholat tarawih dan membaca doa Tarawih merupakan amalan yang dianjurkan di bulan Ramadan sebagai upaya meningkatkan ibadah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Doa tarawih hari pertama


Daun.id

Sumber: Unsplash.com

Adapun lafal doa tarawih hari pertama yang dibaca usai melaksanakan sholat tarawih ialah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ، وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ، وَلِلصَّلَاةِ حَافِظِيْنَ، وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ، وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ، وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ، وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ، وَعَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضِيْنَ، وَفِي الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ، وَفِي الْاٰخِرَةِ رَاغِبِيْنَ، وَبِالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ، وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ، وَعَلَى الْبَلَاءِ صَابِرِيْنَ، وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ، وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْن، وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ، وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ، وَعَلَى سَرِيْرِ الْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ، وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ، وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ، وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ، وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ، بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْنٍ مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا، ذٰلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا، اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا فِي هٰذِهِ لَيْلَةِ الشَّهْرِ الشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ، وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِه وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummaj‘alna bil imani kamilin. Wa lil faraidli muaddin. Wa lish-shlati hafidhin. Wa liz-zakati fa‘ilin. Wa lima ‘indaka thalibin. Wa li ‘afwika rajin. Wa bil-huda mutamassikin. Wa ‘anil laghwi mu‘ridlin. Wa fid-dunya zahdin. Wa fil ‘akhirati raghibin. Wa bil-qadla’I radlin. Wa lin na‘ma’I syakirin. Wa ‘alal bala’i shabirin. Wa tahta liwa’i muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyamati sa’irina wa alal haudli waridin. Wa ilal jannati dakhilin. Wa minan nari najin. Wa 'ala sariirl karamati qa'idin. Wa bi hurun 'in mutazawwijin. Wa min sundusin wa istabraqin wadibajin mutalabbisin. Wa min tha‘amil jannati akilin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaribin. Bi akwabin wa abariqa wa ka‘sin min ma‘in. Ma‘al ladzina an‘amta ‘alaihim minan nabiyyina wash shiddiqina wasy syuhada’i wash shalihina wa hasuna ula’ika rafiqan. Dalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi ‘aliman. Allahummaj‘alna fi hadzihil lailatisy syahrisy syarifail mubarakah minas su‘ada’il maqbulin. Wa la taj‘alna minal asyqiya’il mardudin. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa alihi wa shahbihi ajma‘in. Birahmatika ya arhamar rahimin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."

Keutamaan sholat tarawih
Daun.id

Sumber: Unsplash.com

Sholat tarawih memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat muslim, di antaranya:

1. Meningkatkan keimanan

Melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadan dapat meningkatkan keimanan seseorang karena ia beribadah lebih banyak dan berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Menghapus dosa-dosa

Sholat tarawih dapat membantu seseorang untuk membuang dosa-dosa yang telah dilakukan di masa lalu. Hal ini karena sholat Tarawih dilaksanakan dengan penuh rasa khusyuk dan pengharapan akan ampunan Allah SWT.

3. Memperoleh pahala yang besar

Setiap amalan yang dilakukan di bulan Ramadan akan diberikan pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu, sholat tarawih dapat memberikan pahala yang besar bagi yang melaksanakannya dengan ikhlas.

4. Menambah kebaikan

Selain membantu untuk menghapus dosa-dosa, sholat tarawih juga dapat menambah kebaikan pada diri seseorang. Sehingga, seseorang dapat menjadi lebih baik dan terus berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

5. Meningkatkan rasa sosial dan solidaritas

Sholat Tarawih dapat menjadi ajang untuk meningkatkan rasa sosial dan solidaritas antar umat Muslim. Melalui salat Tarawih, seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain dan menjalin kebersamaan yang baik.

6. Menjaga kesehatan

Sholat tarawih yang dilaksanakan secara rutin dapat membantu seseorang untuk menjaga kesehatannya, karena gerakan-gerakan dalam sholat tarawih dapat memperbaiki sirkulasi darah dan merelaksasi otot-otot tubuh.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 26 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya