4 Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan, Menjanjikan Bebas Api Neraka

"Laksanakan amalan ini untuk memperoleh pahala."

Life | 27 March 2023, 17:15
4 Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan, Menjanjikan Bebas Api Neraka

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam atau kalender Hijriyah, yang dianggap sebagai bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bulan ini dianggap sangat penting karena di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan kesempatan untuk memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT.

Salah satu ibadah utama yang dilakukan selama bulan Ramadhan adalah ibadah puasa, di mana umat Muslim diwajibkan menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas seksual dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selain itu, di bulan Ramadhan juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah lainnya seperti sholat Tarawih, membaca Al-Quran, bersedekah, dan berdoa.

Di malam-malam terakhir Ramadhan, terdapat malam yang sangat istimewa dan bernilai sangat tinggi, yaitu Lailatul Qadar. Malam ini dianggap sebagai malam yang penuh berkah dan di dalamnya terdapat banyak pahala yang besar bagi umat Muslim yang beribadah dengan penuh keikhlasan dan ketulusan.

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diharapkan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT, serta memperbaiki diri dan memperbanyak amalan kebaikan. Bulan Ramadhan juga menjadi momen yang baik untuk memperkuat persaudaraan dan persatuan antara umat Muslim di seluruh dunia, dengan saling bermaafan dan berbagi kebahagiaan.

Amalan 10 hari terakhir Ramadhan

Adapun beberapa amalan 10 hari terakhir Ramadhan, yakni:

1. Memperpanjang ibadah sholat malam
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Nabi Muhammad SAW memberikan contoh, supaya menghidupkan malam-malam di 10 hari terakhir, beliau serta para sahabat umumnya menjalankan sholat, zikir, dan melaksanakan berbagai ibadah lain sampai fajar.

Istilah menarik dalam hal ini ialah, lambung beliau dan para sahabat jauh dari tempat tidur. Untuk menghidupkan malam-malam terakhir itu, beliau juga tidak berangkat sendirian, namun mengajak serta keluarganya.

2. Memperbanyak sedekah

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga menyeimbangkan antara ibadah dengan vertikal terhadap Allah SWT serta ibadah horizontal atau ibadah sosial. Ibadah sosial tersebut ialah memperbanyak sedekah, seperti yang dijelaskan pada QS. As-Sajdah ayat 16 berbunyi:

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Artinya: "Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka."

3. Tilawah Al-Qur'an

Salah satu hal yang menjadi tradisi umat muslim saat beribadah ialah tilawah Al-Qur'an. Menjalankan tilawah Al-Qur'an tentu memberikan kepuasan tersendiri untuk masyarakat muslim, terlebih apabila diaksanakan di masjid. Tilawah Al-Quran adalah ibadah yang mempunyai nilai keutamaan besar, walaupun tergolong ibadah yang ringan.

4. I'tikaf
Daun.id

Sumber: Pexels.com

I'tikaf merupakan berdiam diri di dalam masjid guna beribadah kepada Allah SWT. Kegiatan ini tentu dapat dilakukan dengan diiringi ibadah lainnya yang dapat memberikan manfaat dan pahala untuk yang melakukannya.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya