6 Amalan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan yang Dianjurkan

"bisa diamalkan"

Life | 28 March 2023, 16:34
6 Amalan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan yang Dianjurkan

Memasuki bulan suci Ramadan, salah satu kegiatan ibadah yang dilakukan selain menjalankan kewajiban puasa, adalah kegiatan sunnah namun sangat dianjurkan, serta mengharapkan pahala yaitu sholat tarawih, membaca Al-Quran dan lain sebagainya.

Bulan Ramadhan
Merupakan bulan kesembilan dalam kalender Hijriyah, bulan suci dalam agama Islam yang dianggap sebagai bulan penuh berkah dan ampunan. Bulan puasa ini umat Islam di seluruh dunia berpuasa selama sebulan penuh, yaitu menahan diri dari makan, minum, hingga hubungan suami istri dari fajar hingga terbenam matahari.
Daun.id

pixabay

Selain menjalankan ibadah puasa, umat Islam juga dianjurkan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan kebaikan di bulan Ramadhan. Beberapa amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan antara lain;

  1. membaca Al-Quran
  2. berdoa
  3. bersedekah
  4. memperbanyak amalan kebaikan lainnya


Selain amalan di atas, umat Islam juga sering mengadakan acara- acara keagamaan. Contoh misalnya tarawih dan tadarus.

Bulan Ramadhan memiliki nilai penting dalam ajaran Islam karena di bulan ini, Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Karenanya bulan Ramadhan ini sendiri juga dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmat Allah SWT. Pada bulan puasa ini, umat Islam juga diharapkan untuk memperkuat hubungan dengan Allah SWT dan memperdalam pemahaman tentang agama Islam.

Selama bulan Ramadhan, juga terbisa berbagai macam makanan khas dan hidangan lezat yang disajikan saat berbuka dan sahur. Penting juga untuk diingat bahwa puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan dahaga, melainkan juga tentang memperkuat iman, meningkatkan kualitas ibadah, serta memperbaiki diri dalam segala aspek kehidupan.

Berikut hadits mengenai keutamaan 10 hari pertama, kedua dan ketiga di Bulan Ramadhan, simak;

  أول شهر رمضان رحمة، وأوسطه مغفرة، وآخره عتق من النار. رواه ابن أبي الدنيا والخطيب وابن عساكر.

Dari Abu Hurariah, Ramadhan itu adalah bulan yang awalnya penuh dengan rahmat. Di pertengahannya penuh dengan ampunan. Dan, di ujungnya pembebasan dari api neraka.” (HR Ibnu Abi Dunya dan Ibnu 'Asakir)

 فقد روي من حديث سلمان: وهو شهر أوله رحمة وأوسطه مغفرة وآخره عتق من النار. رواه ابن خزيمة في صحيحه 1887 وقال: إن صح. والبيهقي في شعب الإيمان: 
 
Artinya: Telah diriwayatkan dari Salman bahwa Ramadhan adalah bulan yang awalnya penuh rahmat, DI pertengahannya penuh ampunan dan fase terakhirnya pembebasan dari api neraka. (HR Al Baihaqi dalam Syu'bul Iman)

Amalan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan
Sepuluh hari pertama bulan Ramadhan adalah periode awal dari bulan suci di mana umat Muslim diminta untuk meningkatkan ibadah dan ketaatan mereka kepada Allah SWT. Berikut adalah beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan selama sepuluh hari pertama bulan Ramadhan:
Daun.id

pixabay

  1. Menambah amal kebaikan: Sepuluh hari pertama bulan Ramadhan yaitu waktu yang baik untuk meningkatkan amalan kebaikan. Contoh misalnya membaca Al-Quran, berdoa, bersedekah, dan melakukan amal kebajikan lainnya.
  2. Melakukan sholat malam: Selain sholat wajib, umat Muslim juga dianjurkan untuk melakukan sholat sunnah seperti sholat Tarawih dan sholat Tahajud di malam hari. Sepuluh hari pertama bulan Ramadhan adalah waktu yang baik untuk memperbanyak sholat malam ini.
  3. Dzikir: Merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan meningkatkan zikir/dzikir selama sepuluh hari pertama bulan Ramadhan bisa membantu meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  4. Membuat jadwal ibadah: Pada sepuluh hari pertama bulan Ramadhan yaitu merupakan waktu yang penting, sehingga disarankan untuk membuat jadwal ibadah untuk membantu menjaga konsistensi dan fokus dalam ibadah.
  5. Menjauhi hal-hal yang merusak ibadah: Selama sepuluh hari pertama bulan Ramadhan, sebaiknya menghindari hal-hal yang bisa merusak ibadah. Misalnya dengan menonton film yang tidak baik, berbicara hal yang tidak baik, dan berbuat dosa.
  6. Membangun silaturahmi dengan menambah relasi sosial: Sepuluh hari pertama bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang baik untuk meningkatkan relasi sosial dengan keluarga, teman, dan tetangga. Hal ini bisa membantu meningkatkan kedekatan dengan sesama dan juga keberkahan di bulan suci ini.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya