5 Amalan Bulan Ramadhan Hari 11-20 Agar Dosa Diampuni

"Amalkan hal-hal ini di bulan Ramadhan."

Life | 29 March 2023, 13:00
5 Amalan Bulan Ramadhan Hari 11-20 Agar Dosa Diampuni

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci dalam agama Islam di mana umat Muslim berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam setiap hari selama satu bulan penuh. Puasa Ramadhan adalah salah satu dari lima rukun Islam dan dianggap sebagai kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah baligh (dewasa) dan sehat.

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim juga diwajibkan untuk meningkatkan ibadah dan amalan kebaikan seperti membaca Al-Quran, berzikir, sedekah, dan melakukan kegiatan sosial seperti berbuka puasa bersama. Pada akhir bulan Ramadhan, umat Muslim merayakan hari raya Idul Fitri yang biasanya diisi dengan saling bermaafan dan berkunjung ke keluarga dan teman-teman.

Selain sebagai bulan ibadah, bulan Ramadhan juga memiliki banyak makna dan hikmah, di antaranya adalah meningkatkan kesabaran, kedisiplinan, keikhlasan, dan kepedulian terhadap sesama. Selain itu, puasa juga dianggap sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT dan sebagai cara untuk membersihkan diri dari dosa dan kesalahan.

Amalan bulan Ramadhan hari 11-20

Adapun beberapa amalan bulan Ramadhan hari 11-20, yakni sebagai berikut:

1. Qiyam Ramadhan (Shalat Tarawih dan Witir)
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Amalan ini seperti sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Barangsiapa melakukan salat malam Ramadhan (tarawih dan witir) karena keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni," dilansir dari HR Bukhari nomor 37 dan Muslim nomor 759.

2. Iktikaf atau berdiam diri

Amalan bulan Ramadhan selanjutnya ialah saat jatuhnya malam Lailatul Qadar. Biasanya hal ini terjadi pada satu malam antara 10 hari terakhir Ramadan. Seingga, kau dapat melakukan iktikaf atau berdiam diri di dalam masjid dengan tujuan ibadah untuk memperoleh pahala.

Hal ini terdapat dalam hadis yang diriwayatkan Abu Sa’id Al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

“Aku pernah melakukan itikaf pada sepuluh hari Ramadan yang pertama. Aku berkeinginan mencari Lailatul Qadar pada malam tersebut.

Kemudian aku beriktikaf di pertengahan bulan, aku datang dan ada yang mengatakan padaku bahwa Lailatul Qadar itu di sepuluh hari yang terakhir.

‘Siapa saja yang ingin beritikaf di antara kalian, maka beriktikaflah.’ Lalu di antara para sahabat ada yang beriktikaf bersama beliau.” (HR Bukhari)

3. Shalat Malam pada Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar dikenal sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Selain itu, malam lailatul qadar hanya dapat ditemukan saat bulan Ramadan saja.

Malam ini memiliki keistimewaan luar biasa jika kita melakukan amalan kebajikan di malam mulia tersebut. Keutamaannya seperti Allah SWT akan mengampuni dosa yang sudah terjadi sebelumnya.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa melaksanakan shalat pada lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni," dikutip dari HR Bukhari nomor 1901.

4. Salat Lima Waktu

Salat lima waktu merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam.

Selain merupakan tiang agama, mendirikan salat lima waktu ternyata juga bisa menjadi amalan yang membuat terampuninya dosa-dosa, terlebih saat bulan Ramadan.

Rasulullah SAW bersabda bahwa:

"Bagaimana pendapat kalian apabila ada sebuah sungai di depan pintu rumah salah seorang di antara kalian, sehingga ia mandi di sunagi tersebut lima kali setiap harinya. Apakah hal itu masih menyisakan daki pada dirinya?” Para sahabat menjawab: “ Tidak akan meninggalkan sedikit pun daki pada dirinya.” Beliau bersabda: Demikian itulah perumpamaan shalat wajib lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa-dosa," dikutip dari HR Bukhari nomor 528 dan Muslim nomor 667.

5. Taubat Nasuha
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Tidak hanya menjalankan shalat, amalan yang bisa dilaksanakan saat bulan Ramadan supaya dosa-dosa diampuni Allah SWT ialah taubat nasuha.

Taubat nasuha adalah taubat yang dijalankan secara sungguh-sungguh dan tulus. Seperti dalam firman Allah dalam surat At-Tahrim ayat 8, yakni:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kalian kepada Allah dengan taubat nashuha, niscaya Rabb kalian akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kalian dan memasukkan kalian ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai."

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 23 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya