Khutbah Jumat Amalan di Akhir Ramadhan tentang Mengisi dengan Amalan yang Baik

"Laksanakan amalan khutbah Jumat berikut."

Life | 31 March 2023, 14:27
Khutbah Jumat Amalan di Akhir Ramadhan tentang Mengisi dengan Amalan yang Baik

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriyah, di mana umat muslim di seluruh dunia berpuasa selama sebulan penuh dari fajar hingga terbenamnya matahari. Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan suci dalam agama Islam, di mana umat muslim berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala melalui ibadah dan amalan kebaikan.

Bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan dan keberkahan, di mana di dalamnya terdapat malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan. Di bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri selama waktu yang telah ditentukan, sebagai bentuk pengorbanan dan keteguhan hati dalam menghadapi godaan dan nafsu. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui khutbah Jumat amalan di akhir Ramadhan, yakni:
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta'ala, yang telah memberikan kita kesempatan untuk mengalami bulan Ramadhan yang penuh berkah. Selamat datang pada khutbah Jumat yang terakhir di bulan Ramadhan ini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbicara tentang bagaimana kita dapat mengisi akhir Ramadhan dengan amalan yang baik.

Saudaraku, kita semua tahu bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Namun, bagaimana kita menghabiskan bulan suci ini adalah pilihan kita. Sebagai umat Islam yang beriman, kita harus menggunakan kesempatan ini untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Kita sekarang berada di akhir Ramadhan, dan ini adalah waktu yang sangat penting bagi kita untuk melakukan lebih banyak amalan yang baik. Ini adalah waktu di mana kita harus meningkatkan ibadah kita dan menyelesaikan apa yang telah kita mulai pada awal bulan Ramadhan. Ini juga waktu untuk merenungkan diri kita sendiri dan mengevaluasi seberapa jauh kita telah mencapai tujuan kita.

Oleh karena itu, mari kita mengisi akhir Ramadhan dengan amalan yang baik. Berikut adalah beberapa amalan yang bisa kita lakukan di akhir bulan Ramadhan ini:

1. Menambah Ibadah Sunnah

Saudaraku, kita semua tahu bahwa ibadah sunnah sangat dianjurkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Di akhir Ramadhan ini, mari kita mencoba menambah ibadah sunnah seperti shalat tahajud, membaca Al-Quran, bersedekah, atau melakukan puasa sunnah. Dengan melakukan hal-hal ini, kita dapat meningkatkan hubungan kita dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

2. Bersedekah

Bersedekah adalah salah satu amalan terbaik yang bisa kita lakukan di akhir Ramadhan ini. Dengan bersedekah, kita bisa membantu orang yang membutuhkan dan membuka pintu keberkahan dalam hidup kita. Kita bisa memberikan sedekah dalam bentuk apapun yang kita mampu, baik itu dalam bentuk uang, makanan, atau waktu kita.

3. Meningkatkan Kualitas Shalat

Saudaraku, shalat adalah ibadah yang paling penting bagi kita sebagai umat Muslim. Di akhir Ramadhan ini, mari kita meningkatkan kualitas shalat kita. Kita bisa meluangkan waktu untuk memperbaiki teknik shalat kita, memperdalam pemahaman tentang shalat, atau merenungkan makna dari setiap gerakan shalat.

4. Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an adalah salah satu amalan yang paling mulia bagi umat Muslim. Di akhir Ramadhan ini, mari kita mencoba membaca Al-Qur'an sebanyak mungkin. Kita bisa membaca Al-Qur'an sendiri atau bersama keluarga dan teman-teman kita. Mari kita manfaatkan waktu ini untuk memperdalam pemahaman kita tentang Al-Qur'an dan meningkatkan hubungan kita dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Saudaraku, semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala senantiasa memberikan kita kekuatan dan kesabaran untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini, serta membimbing kita untuk selalu berada di jalan yang benar dan lurus. Aamiin ya Rabbal 'Alamin.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 23 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:30 SUBUH 04:40 DUHA 06:24 ZUHUR 11:57
ASHAR 15:19 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:05  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya