Contoh Proposal Skripsi Manajemen yang Sederhana dan Mudah

"Ketahui proposal skripsi manajenem yang mudah."

Life | 03 April 2023, 14:26
Contoh Proposal Skripsi Manajemen yang Sederhana dan Mudah

Proposal skripsi adalah dokumen yang berisi rancangan atau rencana penelitian yang akan dilakukan oleh seorang mahasiswa dalam rangka memenuhi persyaratan untuk meraih gelar sarjana atau untuk menyelesaikan program studi pada jenjang pendidikan tinggi. Proposal skripsi berfungsi sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian dan juga sebagai persyaratan untuk memperoleh persetujuan dari dosen pembimbing serta panitia penguji skripsi.

Pada proposal skripsi, harus terdapat latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, kerangka teori, metode penelitian, dan hasil yang diharapkan dari penelitian tersebut. Proposal skripsi juga harus memuat referensi atau daftar pustaka yang digunakan sebagai dasar teori dan informasi yang diperlukan dalam penelitian. Dalam penyusunan proposal skripsi, seorang mahasiswa harus memperhatikan tata bahasa, struktur, serta format yang sesuai dengan standar akademik yang berlaku di universitas atau perguruan tinggi yang bersangkutan.

Susunan proposal skripsi
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut adalah susunan proposal skripsi yang umum digunakan:

1. Sampul

Pada bagian sampul, terdapat judul skripsi, nama mahasiswa, nim, nama perguruan tinggi, fakultas, program studi, dan tahun penulisan.

2. Halaman Pengesahan

Halaman ini berisi informasi mengenai judul skripsi, nama mahasiswa, nim, nama dosen pembimbing, dan tanggal pengesahan.

3. Abstrak

Abstrak merupakan ringkasan dari keseluruhan isi proposal skripsi. Abstrak harus memuat latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan.

4. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, mahasiswa harus menjelaskan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan batasan penelitian. Bagian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai penelitian yang akan dilakukan.

5. Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka berisi uraian tentang teori atau literatur yang relevan dengan masalah yang diteliti. Mahasiswa harus menyajikan teori atau literatur yang relevan, kemudian menjelaskan bagaimana teori atau literatur tersebut dapat dihubungkan dengan masalah yang diteliti.

6. Metode Penelitian

Metode penelitian menjelaskan tentang rancangan penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Mahasiswa harus menjelaskan secara rinci tentang teknik-teknik yang akan digunakan dalam penelitian.

7. Hasil Penelitian

Hasil penelitian berisi analisis data dan hasil penelitian yang didapatkan. Mahasiswa harus menjelaskan hasil analisis data secara rinci dan jelas.

8. Pembahasan

Pembahasan berisi interpretasi dan penafsiran atas hasil penelitian yang telah diperoleh. Mahasiswa harus mampu mengaitkan hasil penelitian dengan teori atau literatur yang relevan.

9. Kesimpulan dan Saran

Pada bagian ini, mahasiswa harus memberikan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan memberikan saran untuk penelitian selanjutnya.

8. Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi daftar referensi yang digunakan dalam penulisan proposal skripsi. Daftar pustaka harus disusun sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku di perguruan tinggi.

9. Lampiran

Lampiran berisi berbagai macam data atau informasi pendukung yang tidak dimasukkan ke dalam bagian utama proposal skripsi, seperti kuesioner, grafik, tabel, atau dokumen lainnya.

Contoh proposal skripsi manajemen
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut ini adalah contoh proposal skripsi manajemen, yakni:

Judul: Analisis Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. ABC

Latar Belakang:

PT. ABC adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman. Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, perusahaan tersebut memberikan pelatihan kepada karyawan. Namun, masih belum jelas apakah pelatihan tersebut berdampak positif terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu, penelitian ini akan dilakukan untuk menguji pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan di PT. ABC.

Tujuan:

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan di PT. ABC.

Metode Penelitian:

Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (simple random sampling). Sampel penelitian terdiri dari 50 karyawan di PT. ABC yang telah mengikuti pelatihan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana.

Hasil:

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pelatihan dan kinerja karyawan di PT. ABC.

Kesimpulan:

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. ABC. Oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk terus memberikan pelatihan kepada karyawan agar kinerja mereka dapat terus meningkat.

Saran:

Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan di PT. ABC, seperti motivasi dan lingkungan kerja.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya