11 Amalan Penghapus Dosa di Bulan Ramadhan, Menenangkan dan Penuh Berkah

"Menenangkan dan Penuh Berkah"

Life | 08 April 2023, 17:45
11 Amalan Penghapus Dosa di Bulan Ramadhan, Menenangkan dan Penuh Berkah

Ramadhan telah memasuki pertengahan. Semakin tak terasa sudah setengah jalan, dan artinya kian dekat saja menuju akhir. Dan umat muslim di seluruh dunia makin bersemangat dalam menjalankan serta memperbanyak ibadah.

Bulan Ramadhan
Merupakan bulan yang kesembilan dalam kalender Islam, yakni Hijriyah. Yang mana umat Muslim di seluruh dunia berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Selama bulan Ramadhan, umat Muslim juga dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan amalan kebaikan lainnya. Misal halnya membaca Al-Quran, memberi sedekah, dan melakukan shalat tarawih. Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmat, yang mana amalan kebaikan yang dilakukan pada bulan ini dilipatgandakan dan diharapkan bisa membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Pada akhir bulan Ramadhan nanti. Setelah melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh lamanya, umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri sebagai tanda berakhirnya puasa.
Daun.id

pixabay

Bulan Ramadhan juga istimewa. Lantaran pada bulan ini Al-Quran diturunkan. Seperti yang diterangkan pada Al Baqarah ayat 185:

شهر رمضان الذى انزل فيه القرأن هدى للناس وبينت من الهدى والفرقان

Artinya: "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)."

Keistimewaan Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan dalam Islam. Beberapa di antaranya adalah:

  • Bulan Penuh Rahmat: Yaitu bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan Allah SWT. Pada bulan ini, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan diikat.
  • Bulan Pembuka Pintu Surga: Pada bulan Ramadhan ini, Allah SWT memperbanyak pahala dan ganjaran bagi orang-orang yang beribadah dengan sungguh-sungguh. Bulan ini juga dianggap sebagai bulan pembuka pintu surga, yang mana banyak orang yang beribadah dengan sungguh-sungguh dijamin masuk ke surga.
  • Bulan Pembersih Dosa: Bulan Ramadhan merupakan bulan pembersih dosa. Pada bulan ini, umat Muslim diwajibkan berpuasa dan melakukan ibadah-ibadah lainnya. Misal halnya shalat Tarawih, membaca Al-Qur'an, dan bersedekah. Dengan beribadah dan berpuasa dengan sungguh-sungguh, dosa-dosa akan diampuni dan bisa memulai kehidupan baru dengan bersih dari dosa.
  • Bulan Penyempurna Iman: Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan penyempurna iman. Umat Muslim lebih banyak mengingat Allah SWT, lebih taat dalam beribadah, dan lebih memperhatikan kehidupan spiritualnya. Dengan memperkuat iman, bisa menjadi lebih baik sebagai manusia dan lebih dekat dengan Allah SWT.
  • Bulan Kebaikan: Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan kebaikan. Selama bulan ini, banyak orang yang lebih memperhatikan kebaikan, seperti bersedekah, membantu orang lain, dan berbuat baik kepada sesama. Dengan melakukan kebaikan, bisa merasakan kebahagiaan yang hakiki dan menbisakan keberkahan dari Allah SWT.
  • Bulan Menjadi Lebih Sabar: Puasa selama bulan Ramadhan juga membantu umat Muslim untuk menjadi lebih sabar. Sabar dalam menahan lapar dan haus, sabar dalam beribadah, dan sabar dalam menghadapi tantangan kehidupan. Dengan menjadi lebih sabar, bisa menghadapi segala situasi dengan lebih tenang dan bijaksana.


Amalan Penghapus Dosa di Bulan Ramadhan

Di antara banyak amalan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Berikut ini ada beberapa amalan yang dilakukan oleh para penghuni surga ketika menyambut bulan Ramadhan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Puasa: Merupakan salah satu amalan yang paling dianjurkan selama bulan Ramadhan. Dengan berpuasa bisa membersihkan dirinya dari dosa-dosa dan mendekatkan diri kepada Allah.
  2. Sholat Tarawih: Sholat Tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah sholat Isya. Dengan melakukan sholat Tarawih bisa menbisakan pahala dan pengampunan dari dosa-dosa.Daun.id
    pixabay
  3. Membaca Al-Qur'an: Merupakan amalan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan. Dengan membaca Al-Qur'an, seseorang bisa memperoleh pahala dan mengharapkan keberkahan dari Allah.
  4. Sedekah: Merupakan salah satu amalan yang paling dianjurkan dalam Islam. Dengan memberikan sedekah bisa membersihkan dirinya dari dosa-dosa dan mengharapkan keberkahan dari Allah.
  5. Memberi Buka Puasa Orang Lain: Membantu orang lain untuk berbuka puasa juga merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Dengan berbuka puasa bersama-sama, bisa memperoleh pahala dan keberkahan dari Allah.
  6. Istighfar: Merupakan doa untuk meminta ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Dengan beristighfar bisa membersihkan dirinya dari dosa-dosa dan mengharapkan keberkahan dari Allah.
  7. Beribadah di Malam Lailatul Qadar: Malam Lailatul Qadar yaitu suatu malam yang sangat istimewa di bulan Ramadhan. Dengan beribadah di malam tersebut, seseorang bisa memperoleh pahala yang besar dan mengharapkan keberkahan dari Allah.
  8. Menjaga Lidah: Yaitu dari perkataan yang buruk dan mengucapkan kata-kata yang baik merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan menjaga lidah, seseorang bisa menghindari dosa-dosa yang timbul dari perkataan yang buruk.
  9. Berbakti kepada Orang Tua: Merupakan salah satu amalan yang paling dianjurkan dalam Islam. Dengan berbakti kepada orang tua, seseorang bisa memperoleh pahala dan pengampunan dari dosa-dosa.
  10. Menebar Kebaikan: Merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan menebarkan kebaikan, seseorang bisa memperoleh pahala dan menbisakan keberkahan dari Allah.
  11. Serta memperbanyak sholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya