5 Amalan Sebelum Buka Puasa Ramadhan yang Diajarkan Rasulullah SAW

"Lakukan beberapa amalan berikut."

Life | 08 April 2023, 20:11
5 Amalan Sebelum Buka Puasa Ramadhan yang Diajarkan Rasulullah SAW

Buka puasa Ramadhan adalah kegiatan atau ritual yang dilakukan oleh umat muslim untuk mengakhiri puasa selama sehari penuh selama bulan Ramadhan. Pada saat waktu berbuka tiba, umat Muslim diharapkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman untuk mengembalikan energi dan cairan yang telah hilang selama berpuasa.

Buka puasa Ramadhan biasanya dilakukan dengan cara mengonsumsi kurma dan air putih atau makanan ringan lainnya, diikuti dengan shalat Maghrib yang dilakukan secara berjamaah di masjid atau di rumah. Setelah shalat Maghrib, umat Muslim biasanya melanjutkan berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih berat dan lengkap.

Selain sebagai tindakan untuk memulihkan kekuatan tubuh, berbuka puasa Ramadhan juga memiliki makna spiritual yang penting. Ibadah puasa Ramadhan sendiri ditujukan untuk membersihkan jiwa dan meningkatkan kesadaran diri, sehingga saat berbuka puasa, umat Muslim diharapkan dapat menghargai dan mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Amalan sebelum buka puasa Ramadhan yang diajarkan Rasulullah SAW

Berikut adalah beberapa amalan sebelum buka puasa Ramadhan yang diajarkan Rasulullah SAW:

1. Berbuka dengan kurma atau air
Daun.id

Sumber: Unsplash

Rasulullah SAW seringkali memulai berbuka puasa dengan memakan kurma atau minum air putih. Hal ini sekaligus dapat membantu mengembalikan kadar gula dalam darah setelah berpuasa seharian.

2. Membaca doa berbuka puasa

Setelah memulai berbuka dengan kurma atau air putih, Rasulullah SAW biasanya membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ, وَبِكَ آمَنْتُ, وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ, بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wabika amantu wa’ala rizqika afthortu birohmatika yaa arhamarrahimiin

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, dan dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah diri, dan atas rezeki-Mu aku berbuka puasa, dengan rahmat-Mu ya Allah Tuhan Mahapengasih.”


3. Memberi makanan atau minuman kepada orang yang berpuasa

Memberi makanan atau minuman kepada orang yang berpuasa merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Hal ini dapat memberikan manfaat spiritual dan sosial, serta meningkatkan keberkahan dari ibadah puasa yang dilakukan.

4. Berpuasa sunnah sebelum atau sesudah berbuka

Selain puasa wajib pada bulan Ramadhan, Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk melakukan puasa sunnah sebelum atau sesudah berbuka puasa. Puasa sunnah tersebut dapat dilakukan setelah terbiasa dengan puasa wajib di bulan Ramadhan.

5. Membaca Al-Qur'an atau dzikir setelah berbuka
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Setelah berbuka puasa, Rasulullah SAW biasanya membaca Al-Qur'an atau melakukan dzikir sebagai bentuk penghormatan dan syukur kepada Allah SWT atas nikmat berpuasa yang diberikan. Membaca Al-Qur'an atau dzikir juga dapat membantu menenangkan hati dan pikiran setelah seharian berpuasa.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya