10 Amalan Shalih di Bulan Ramadhan yang Datangkan Pahala Berlipat Ganda

"Pahami amalan shalih di bulan Raadhan."

Life | 08 April 2023, 20:23
10 Amalan Shalih di Bulan Ramadhan yang Datangkan Pahala Berlipat Ganda

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam yang merupakan bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan yang penuh berkah, di mana umat Muslim diharapkan untuk meningkatkan ibadah dan kebaikan serta meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa, di mana mereka dilarang untuk makan, minum, dan melakukan hubungan suami-istri dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selain itu, umat Muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, seperti shalat tarawih, membaca Al-Quran, dan memberikan sedekah.

Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan yang istimewa karena di dalamnya terdapat malam Lailatul Qadar yang merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut, umat Muslim diharapkan untuk memperbanyak ibadah, berdoa, dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan yang penuh dengan keramahan dan kebersamaan. Masyarakat Muslim di seluruh dunia biasanya mengadakan acara berbuka puasa bersama, di mana mereka saling berbagi makanan dan minuman. Bulan Ramadhan juga diakhiri dengan hari raya Idul Fitri, di mana umat Muslim merayakan kemenangan setelah melewati bulan Ramadhan dengan penuh keikhlasan dan ketekunan.

Amalan shalih di Bulan Ramadhan


1. Membaca Al-Qur'an
Daun.id

Sumber: Unsplash.com

Amalan bulan Ramadhan selanjutnya ialah membaca Al-Qur'an. Dengan menjalankan amalan ini tentu akan memberikan kebaikan dan pahala di bulan puasa. Seperti firman Allah yang bunyinya:

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Alquran. Ini sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. Al Baqarah: 185)

Pada sebuah hadis Ibnu ‘Abbas RA mengatakan:

“Dahulu malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah SAW pada setiap malam Ramadan, dan selanjutnya ia membaca Alquran bersamanya.” (HR Bukhari)

2. Menyegerakan shalat Magrib usai berbuka

Setelah membatalkan puasa, disunahkan agar menjalankan shalat Magrib. Akan tetapi, menjadi pengecualian jika terdapat orang yang menunggu untuk makan bersama. Hal ini dapat dilakukan sebagai kesunnahan yang berpahala.

3. Fokus beribadah di 10 hari terakhir

Allah SWT memberi janji untuk mengampuni dosa umat muslim yang beribadah di 10 hari terakhir Ramdhan. Tidak hanya melakukan sunnah, amalan bulan Ramadhan ini dapat memperlihatkan seberapa serius dari hari-hari sebelumnya.

Maka, kamu dapat menjalankan amalan bulan puasa sebelum Ramadhan berakhir. Pernyataan tersebut telah dijelaskan pada salah satu hadis Rasulullah SAW berbunyi:

“Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya,” (HR Muslim).

4. Bersedekah

Melakukan sedekah dapat menjadi salah satu amalan baik yang dapat dilakukan. Dengan sedekah tentu tidak hanya memperoleh pahala, namun juga dapat menghindarkan diri dari berbagai hal buruk yang akan menimpa. Ali bin Abi Thalib berkata:

“Barang siapa mengeluarkan sedekah kepada orang miskin, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Allah SWT pun akan menyediakan balasan untuknya berupa kebebasan, sebagaimana bebasnya Nabi Ismail AS dan penyembelihan."

Selain itu dalam sebuah hadis juga menyebutkan, "Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan." (HR. Bukhori-Muslim)

5. Menghidupkan malam Lailatul Qadar
Daun.id

Sumber: Unsplash.com

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang biasanya akan dijumpai di 10 hari terakhir puasa. Umumnya malam disunnahkan untuk melaksanakan banyak ibadah, membaca Al-Qur'an, dan berzikir. Akan tetapi, shalat menjadi ibadah yang utama di malam tersebut.

Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni,” (HR Bukhari).

6. Iktikaf atau berdiam diri

Amalan bulan Ramadhan selanjutnya ialah saat jatuhnya malam Lailatul Qadar. Biasanya hal ini terjadi pada satu malam antara 10 hari terakhir Ramadan. Seingga, kau dapat melakukan iktikaf atau berdiam diri di dalam masjid dengan tujuan ibadah untuk memperoleh pahala.

Hal ini terdapat dalam hadis yang diriwayatkan Abu Sa’id Al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

“Aku pernah melakukan itikaf pada sepuluh hari Ramadan yang pertama. Aku berkeinginan mencari Lailatul Qadar pada malam tersebut.

Kemudian aku beriktikaf di pertengahan bulan, aku datang dan ada yang mengatakan padaku bahwa Lailatul Qadar itu di sepuluh hari yang terakhir.

‘Siapa saja yang ingin beritikaf di antara kalian, maka beriktikaflah.’ Lalu di antara para sahabat ada yang beriktikaf bersama beliau.” (HR Bukhari)

7. Umrah di bulan Ramadhan

Menunakan umrah di bulan Ramadhan tentu menjadi hal yang berbeda dengan bulan lannya. Umrah ketika bulan Ramadhan pahalanya seperti melakukan ibadah haji. Seperti dalam sabda Rasulullah SAW, bunyinya:

"Umrah pada bulan Ramadan menyerupai haji." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

8. Memperbanyak istigfar

Pada bulan Ramadan terdapat keistimewaan yang salah satunya ialah dibukanya gerbang ampunan bagi umat Islam. Adapun hal yang dapat dilaksankan agar menghapus dosa di masa lalu, yakni beristigfar sebanyak-banyaknya. Dengan memperbanyak istigfar dapat menjadi amalan bulan Ramadhan yang disarankan.

9. Memberi makan orang yang membutuhkan

Amalan bulan Ramadan selanjutnya adalah memberi makan orang berbuka puasa. Hal ini sebab sedekah paling utama ialah yang dilaksanakan di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikitpun." (HR. Ahmad, Nasai, dan dishahihkan al-Albani)

10. Menjalankan sahur
Daun.id

Sumber: Unsplash.com

Sahur juga menjadi salah satu amalan bulan Ramadan yang disunahkan. Rasulullah SAW pernah bersabda: "Makan sahur itu mengandung berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya sebiji kurma."

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya