Amalan Buruk di Bulan Ramadhan, Hindari untuk Meningkatkan Pahala

"Hindari untuk Meningkatkan Pahala"

Life | 09 April 2023, 07:56
Amalan Buruk di Bulan Ramadhan, Hindari untuk Meningkatkan Pahala

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi dengan banyak kebaikan dan bulan untuk melakukan banyak amal untuk beribadah. Karena melakukan kebaikan atau kegiatan beribadah pada bulan ini akan dilipatgandakan. Begitu juga saat melakukan kegiatan atau amal buruk.

Seperti keterangan sebuah hadits yang menyebutkan berlipatnya pahala amalan di bulan Ramadhan dengan bilangan tertentu seperti hadits,

يا أيها الناس قد أظلكم شهر عظيم ، شهر فيه ليلة خير من ألف شهر ، جعل الله صيامه فريضة، وقيام ليله تطوعا ، من تقرب فيه بخصلة من الخير كان كمن أدى فريضة فيما سواه، ومن أدى فيه فريضة كان كمن أدى سبعين فريضة فيما سواه
Daun.id

pixabay

“Wahai sekalian manusia, telah datang pada kalian bulan yang mulia. Di bulan tersebut terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasanya dijadikan sebagai suatu kewajiban. Shalat malamnya adalah suatu amalan sunnah. Siapa yang melakukan kebaikan pada bulan tersebut seperti ia melakukan kewajiban di waktu lainnya. Siapa yang melaksanakan kewajiban pada bulan tersebut seperti menunaikan tujuh puluh kewajiban di waktu lainnya.” (HR. Al-Mahamili dalam Al-Amali 5: 50 dan Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya 1887. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini munkar seperti dalam Silsilah Al-Ahadits Adh-Dha’ifah no. 870)

Amalan Buruk di Bulan Ramadhan
Sebagai seorang Muslim, alangkah lebih baiknya harus menghindari amalan buruk pada bulan Ramadhan dan setiap saat dalam kehidupan kita. Di antara amalan yang harus dihindari di antaranya sebagai berikut:

  1. Tidak Berpuasa: Berpuasa merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah baligh dan sehat secara fisik dan mental. Oleh karena itu, tidak berpuasa pada bulan Ramadhan merupakan salah satu amalan buruk yang perlu dihindari.
  2. Berbohong: Merupakan salah satu amalan buruk yang sangat dilarang dalam Islam. Tidak hanya pada bulan Ramadhan ini saja, tetapi juga pada setiap saat.
  3. Mengumpat: Atau membicarakan orang lain dengan kata-kata yang buruk merupakan salah satu amalan buruk yang sangat dilarang dalam Islam. Oleh karena itu, hindari melakukan hal ini pada bulan Ramadhan.
  4. Menonton Film atau Mendengarkan Musik yang Tidak Bermoral: Kegiatan ini merupakan salah satu amalan buruk yang perlu dihindari pada bulan Ramadhan.
  5. Menghabiskan Waktu dengan Hal yang Tidak Produktif: Menghabiskan waktu dengan hal yang tidak produktif seperti bermain game atau menonton televisi sepanjang hari tidak dianjurkan dalam Islam, terutama pada bulan Ramadhan.Daun.id
    pixabay
  6. Tidak Berbuka Puasa dengan Sunnah Nabi: Berbuka puasa dengan makanan yang berlebihan atau tidak sehat dan tidak mengikuti sunnah Nabi merupakan amalan buruk yang perlu dihindari pada bulan Ramadhan.
  7. Tidak Membaca Al-Qur'an: Bulan Ramadhan merupakan bulan Al-Qur'an, oleh karena itu, tidak membaca Al-Qur'an merupakan amalan buruk yang perlu dihindari.
  8. Tidak Beribadah: Tidak melakukan ibadah yang dianjurkan. Halnya sholat Tarawih atau beribadah di malam Lailatul Qadar merupakan amalan buruk yang perlu dihindari pada bulan Ramadhan.
  9. Menunda-Nunda Kebaikan: Misalnya menunda bersedekah atau membantu orang lain merupakan amalan buruk yang perlu dihindari pada bulan Ramadhan.
  10. Memperbanyak Makan dan Minum: Memperbanyak makan dan minum di bulan Ramadhan tidak dianjurkan dalam Islam karena dapat mengurangi rasa lapar dan haus yang dirasakan selama berpuasa.


Karena itulah, penting kiranya untuk merenungkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallah yang diriwayakan oleh Ummi Hani’ binti Abi Thalib karramallahu wajhah dan dicatat Imam at-Thabrani dalam kitab Mu’jamus Shagir.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (إِنَّ أُمَّتِيْ لَمْ يَخِزُّوْا مَا أَقَامُوْا شَهْرَ رَمَضَانَ). قِيْلَ يَا رَسُوْلَ الله وَمَا خَزِيُهُمْ فِي إِضَاعَةِ شَهْرِ رَمَضَانَ؟ قال: (اِنْتِهَاكُ الْمَحَارِمِ فِيْهِ مِنْ زِنَا فِيْهِ أَوْ شَرِبَ فِيْهِ خَمْرًا لَعَنَهُ اللهًُ وَمَنْ فِي السَّمَاوَاتِ إِلَى مِثْلِهِ مِنَ الْحَوْلِ فَإِنْ مَاتَ قَبْلَ أَنْ يُدْرِكَهُ رَمَضَانُ لَمْ تَبْقَى لَهُ عِنْدَ اللهِ حَسَنَةٌ يتقي بها النار فَاتَّقُوا شَهْرَ رَمَضَانَ فَإِنَّ الْحَسَنَاتِ تُضَاعَفُ فِيهِ مَا لَا تُضَاعَفُ فِيْمَا سِوَاهُ وَكَذَلِكَ السَّيِّئَاتُ).

Artinya, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Sesungguhnya umatku tidak akan terhina, selama mereka mendirikan bulan Ramadhan.’ Sahabat bertanya: ‘Wahai Rasulullah, apa bentuk kehinaan mereka dalam menyia-nyiakan bulan Ramadhan?’ Rasulullah menjawab, ‘Pelanggaran terhadap hal-hal yang haram pada bulan Ramadhan, seperti zina atau minum khamar. Allah dan para malaikat melaknatnya hingga tahun berikutnya. Jika ia meninggal sebelum bulan Ramadhan berikutnya, maka ia tidak mempunyai kebaikan apa pun di sisi Allah yang bisa menyelamatkannya dari neraka. Oleh sebab itu, berhati-hatilah terhadap bulan Ramadhan, karena pahala kebaikan demikian juga ganjaran kejelekan akan dilipat gandakan” (Imam at-Thabrani, al-Mu’jamus Shagir, juz 2, h. 16)

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya