10 Amalan Harian Bulan Ramadhan yang Berkah, Bisa Dilakukan di Manapun

"Bisa Dilakukan di Manapun"

Life | 10 April 2023, 19:09
10 Amalan Harian Bulan Ramadhan yang Berkah, Bisa Dilakukan di Manapun

Bulan Ramadhan telah memasuki hari-hari terakhir. Banyak umat muslim yang memperbanyak kegiatan amal ibadahnya. Satu di antaranya untuk meraih, mencari sekaligus ingin mendapatkan malam Lailatul Qadr. Yaitu sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Puasa di bulan Ramadhan sendiri ini adalah suatu kewajiban. Seperti yang tertera pada rukun Islam. Puasa menempati posisinya ketiga. Juga seperti yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim dari Umar bin Khattab, ia berkata bahwa pernah mendengar Nabi SAW bersabda,

بني الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Artinya: "Islam dibangun atas lima pilar; syahadat bahwa tidak ada tuhan yang berhak untuk disembah selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, haji, dan puasa di bulan Ramadhan."
Daun.id

pixabay

Bulan Ramadhan
Merupakan bulan yang kesembilan dalam kalender Islam, yakni Hijriyah. Yang mana umat Muslim di seluruh dunia berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Selama bulan Ramadhan, umat Muslim juga dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan amalan kebaikan lainnya. Misal halnya membaca Al-Quran, memberi sedekah, dan melakukan shalat tarawih. Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmat, yang mana amalan kebaikan yang dilakukan pada bulan ini dilipatgandakan dan diharapkan bisa membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Pada akhir bulan Ramadhan nanti. Setelah melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh lamanya, umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri sebagai tanda berakhirnya puasa.

Yang artinya, sejak terbitnya hilal di bulan Ramadhan maka seorang muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِينَ

Artinya: "Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Sya'ban sampai tiga puluh hari."

Amalan Harian Bulan Ramadhan
Diriwayatkan dari Ahmad

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Artinya: "Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan)."

Yang mana harus memperbanyak melakukan amalan atau ibadah bulan ini, seperti yang telah disampaikan oleh hadist di atas. Di antara amalan apa saja yang dilakukan, simak di bawah ini:

  1. Berpuasa dengan ikhlas dan penuh kesabaran, serta menjaga segala larangan dan anjuran selama berpuasa.Daun.id
    pixabay
  2. Membaca dan mempelajari Al-Quran secara rutin, baik sendiri maupun dalam kelompok.
  3. Berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT, serta memperbanyak ibadah sunnah seperti shalat Tarawih dan shalat Tahajud.
  4. Berinfaq dengan memberikan sedekah dan zakat kepada orang yang membutuhkan.
  5. Menjaga lidah dan perilaku agar tidak berbicara atau melakukan hal yang tidak bermanfaat dan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  6. Menjaga hubungan silaturahmi dengan keluarga, tetangga, dan teman-teman, serta memperbanyak kebaikan kepada sesama.
  7. Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta berolahraga secara teratur.
  8. Membaca dan memperbanyak zikir, seperti dzikir pagi dan petang, serta dzikir sesudah shalat.
  9. Membaca kitab-kitab hadits dan tafsir untuk meningkatkan pemahaman tentang agama Islam.
  10. Meningkatkan kesadaran untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah selama bulan Ramadan.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya