Contoh Proposal Kegiatan Ramadhan di Sekolah Dasar, Mudah dan Menarik

"Mudah dan Menarik"

Life | 18 April 2023, 23:35
Contoh Proposal Kegiatan Ramadhan di Sekolah Dasar, Mudah dan Menarik

Pada bulan Ramadhan ini, tentunya membuat kegiatan yang baik adalah menjadi suatu hal bisa mendatangkan pahala. Lantaran mengarah pada kebaikan dan tentunya tak hanya mendatangkan manfaat untuk sendiri. Juga orang lain yang mengikuti kegiatan tersebut.

Terlebih lagi jika itu untuk memperingati malam Nuzulul Quran. Pastinya kebaikan yang diterima akan berlipat ganda. Ketika akan merealisasikan kegiatan tersebut. Proposal menjadi hal yang penting.
Daun.id

pixabay

Proposal Kegiatan
Merupakan sebuah rencana atau proposal tertulis yang memuat penjelasan lengkap mengenai suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Proposal ini umumnya disusun dengan tujuan untuk menbisakan persetujuan atau dukungan dari pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut, seperti sponsor, lembaga atau instansi pemerintah, atau masyarakat umum.

Pada proposal kegiatan, terbisa beberapa komponen penting yang harus dijelaskan dengan jelas dan detail, antara lain seperti latar belakang kegiatan, tujuan kegiatan, target peserta, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan, serta rincian kegiatan yang akan dilakukan. Selain itu, proposal kegiatan juga harus mencantumkan daftar peralatan dan biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Penting untuk memperhatikan bahwa sebuah proposal kegiatan haruslah dibuat dengan singkat, jelas, dan padat. Proposal kegiatan yang terlalu panjang dan tidak fokus pada pokok permasalahan bisa membuat pihak yang dituju merasa tidak tertarik untuk membaca atau memberikan persetujuan.

Salah satu kegiatan yang cukup umum diselenggarakan adalah kegiatan yang bersifat untuk merayakan atau menyambut dengan penuh suka cita malam Nuzulul Quran tersebut. Salah satunya untuk kegiatan anak sekolah dasar. Di bawah ini simak untuk contohnya.

Contohnya

Judul: Kegiatan Ramadhan Nuzulul Quran di Sekolah Dasar XYZ
Daun.id
pixabay

Latar Belakang:
Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah dan ampunan, di mana umat muslim di seluruh dunia beribadah dengan lebih intensif dan memperbanyak amalan kebaikan. Salah satu momen penting dalam Ramadhan adalah Nuzulul Quran, yaitu turunnya Al Quran sebagai pedoman hidup umat manusia. Oleh karena itu, sebagai bagian dari pendidikan agama dan kecintaan terhadap Al Quran, Sekolah Dasar XYZ akan mengadakan kegiatan Ramadhan Nuzulul Quran.

Tujuan:

  • Memperkuat pemahaman siswa tentang pentingnya Al Quran sebagai sumber ajaran agama dan kehidupan sehari-hari.
  • Meningkatkan rasa cinta siswa terhadap Al Quran dan semangat beribadah di bulan Ramadhan.
  • Memberikan pengalaman positif bagi siswa dalam mengisi waktu luang di bulan Ramadhan.

Kegiatan:
  • Pawai Nuzulul Quran: Pada hari pertama Ramadhan, seluruh siswa akan mengikuti pawai Nuzulul Quran yang diawali dengan pembacaan Ayat Kursi dan dilanjutkan dengan membawa Al Quran yang ditempatkan di atas tandu dari rumah ke rumah warga sekitar sekolah.
  • Pembagian buku Al Quran: Setiap siswa akan diberikan satu buku Al Quran dengan harapan mereka akan membaca dan mempelajari isi Al Quran selama Ramadhan.
  • Lomba Tilawah Al Quran: Siswa akan berlomba membaca Al Quran dengan baik dan benar di hadapan juri yang terdiri dari guru-guru agama di sekolah.
  • Ceramah Agama: Guru-guru agama di sekolah akan memberikan ceramah tentang pentingnya Al Quran sebagai sumber ajaran agama dan kehidupan sehari-hari.
  • Tadarus Al Quran: Siswa akan mengikuti acara tadarus Al Quran bersama-sama setiap malam di sekolah pada sepuluh terakhir malam Ramadhan.
  • Iftar bersama: Siswa akan mengadakan acara buka puasa bersama di sekolah pada tanggal 15 Ramadhan.

Target Peserta:
Seluruh siswa Sekolah Dasar XYZ.

Waktu dan Tempat:
Kegiatan Ramadhan Nuzulul Quran di Sekolah Dasar XYZ akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan, dengan rincian kegiatan pada tanggal 1, 5, 10, 15, 20, dan sepuluh terakhir malam Ramadhan di sekolah.

Anggaran:

  • Biaya pawai Nuzulul Quran: Rp 500.000,-
  • Biaya pembelian buku Al Quran: Rp 10.000,- per buku (total Rp 1.000.000,-)
  • Biaya hadiah lomba tilawah Al Quran: Rp 500.000,-
  • Biaya konsumsi untuk iftar bersama: Rp 1.000.000,-
  • Biaya lain-lain (dekorasi, sound system, dan lain-lain

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya