14 Cara Menjaga Performa Kendaraan saat Cuaca Ekstrem, Berkendara Aman

"Ketahui juga tips berkendara aman"

Life | 29 April 2023, 18:39
14 Cara Menjaga Performa Kendaraan saat Cuaca Ekstrem, Berkendara Aman

Dr. Emilya Nurjani., S.Si., M.Si. dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengungkapkan cuaca ekstrem adalah kejadian fenomena alam yang tidak normal dan tidak lazim dan ditandai oleh kondisi curah hujan, arah dan kecepatan angin, suhu udara, kelembaban udara, dan jarak pandang yang dapat mengakibatkan kerugian terutama keselamatan jiwa dan harta.

OLeh karena itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai adanya cuaca ekstrem di berbagai sisi kehidupan. Selain menjaga kesehatan tubuh saat cuaca ekstrem, menjaga performa kendaraan saat cuaca ekstrem juga sangat penting. Hal itu akan membuat perjalanan makin nyaman dan aman. 

Cara untuk menjaga performa kendaraan Anda saat cuaca ekstrem:


1. Pemeriksaan rutin:
Pastikan untuk memeriksa kendaraan Anda secara rutin untuk mengetahui apakah ada masalah yang mungkin muncul. Hal ini akan membantu Anda menghindari kerusakan yang lebih besar pada kendaraan Anda saat cuaca ekstrem.

2. Gunakan kaca depan yang bersih:
Jika Anda mengemudi dalam hujan deras, pastikan untuk membersihkan kaca depan kendaraan Anda agar dapat melihat dengan jelas. Gunakan juga wiper yang baik dan tahan air untuk membantu menghindari terjadinya aquaplaning saat berkendara di jalanan yang basah.

3. Periksa kualitas ban:
Pastikan untuk memeriksa kualitas ban kendaraan Anda, termasuk kedalaman tapak ban dan tekanan udara pada ban, sebelum berkendara dalam cuaca ekstrem. Hal ini akan membantu Anda menghindari kemungkinan terjadinya selip atau kecelakaan saat berkendara di jalanan yang basah atau licin.

4. Gunakan pendingin udara saat berkendara di cuaca panas:
Jika cuaca panas yang terik, pastikan untuk menghidupkan pendingin udara pada kendaraan Anda agar suhu di dalam mobil tetap sejuk dan nyaman.

5. Hindari membiarkan mesin mobil menyala terlalu lama saat parkir:
Hindari membiarkan mesin mobil menyala terlalu lama saat parkir, terutama saat cuaca panas yang terik. Hal ini akan membantu menjaga suhu mesin kendaraan Anda tetap stabil dan mencegah terjadinya kerusakan pada mesin kendaraan Anda.

6. Periksa sistem pendingin mesin:
Pastikan sistem pendingin mesin kendaraan Anda berfungsi dengan baik. Hal ini akan membantu menjaga suhu mesin kendaraan Anda tetap stabil saat berkendara dalam cuaca panas yang terik.

7. Gunakan oli mesin yang tepat:
Pastikan untuk menggunakan oli mesin yang tepat untuk kendaraan Anda dan ganti oli secara teratur sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen. Hal ini akan membantu menjaga kinerja mesin kendaraan Anda pada kondisi cuaca ekstrem.

8. Periksa sistem rem:
Pastikan sistem rem kendaraan Anda berfungsi dengan baik dan ganti kampas rem secara teratur sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen. Hal ini akan membantu menghindari kemungkinan terjadinya selip atau kecelakaan saat berkendara dalam cuaca ekstrem.

9. Periksa sistem kelistrikan:
Pastikan sistem kelistrikan kendaraan Anda berfungsi dengan baik. Hal ini akan membantu Anda menghindari masalah listrik yang dapat terjadi saat cuaca ekstrem.

10. Periksa sistem bahan bakar:
Pastikan sistem bahan bakar kendaraan Anda berfungsi dengan baik dan pastikan tangki bahan bakar tidak terlalu kosong saat berkendara dalam cuaca ekstrem. Hal ini akan membantu menghindari kemungkinan terjadinya masalah bahan bakar saat cuaca ekstrem.

11. Hindari berkendara terlalu cepat:
Saat berkendara dalam cuaca ekstrem seperti hujan deras atau salju, hindari berkendara terlalu cepat. Kondisi jalan yang basah atau licin dapat membuat kendaraan sulit untuk dikendalikan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

12. Periksa lampu kendaraan:
Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik, termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu rem, dan lampu sein. Hal ini akan membantu Anda melihat dan dilihat oleh pengendara lain saat berkendara dalam kondisi cuaca ekstrem.

13. Gunakan oli rem yang tepat:
Pastikan Anda menggunakan oli rem yang tepat untuk kendaraan Anda. Oli rem yang salah dapat menyebabkan sistem rem kendaraan tidak berfungsi dengan baik saat cuaca ekstrem.

14. Periksa suspensi kendaraan:
Pastikan suspensi kendaraan Anda berfungsi dengan baik. Hal ini akan membantu menjaga kenyamanan Anda saat berkendara dalam cuaca ekstrem dan membantu mencegah terjadinya kerusakan pada kendaraan Anda.

Tips berkendara aman:

Daun.id

Tips berkendara aman/sumber: pixabay

1. Kenali kondisi jalan dan cuaca:
Perhatikan kondisi jalan dan cuaca saat akan berkendara. Jangan memaksakan diri berkendara dalam cuaca buruk atau di jalan yang tidak baik.

2. Gunakan sabuk pengaman:
Pastikan Anda dan penumpang Anda menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. Ini akan membantu melindungi Anda dan penumpang Anda dari cedera jika terjadi kecelakaan.

3. Jangan mengemudi dalam keadaan mabuk atau terpengaruh zat lain:
Hindari mengemudi dalam keadaan mabuk atau terpengaruh zat lain yang dapat mengganggu penglihatan dan kemampuan Anda untuk berkendara dengan aman.

4. Gunakan lampu kendaraan:
Pastikan Anda menggunakan lampu kendaraan Anda pada waktu yang tepat, terutama saat berkendara pada malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk.

5. Hindari kecepatan berlebihan:
Hindari mengemudi terlalu cepat dan selalu patuhi batas kecepatan. Ini akan membantu Anda menghindari kecelakaan dan memastikan keselamatan Anda dan orang lain di jalan.

6. Jangan menelepon atau menggunakan ponsel saat berkendara:
Hindari menggunakan ponsel Anda saat mengemudi karena ini dapat mengalihkan perhatian Anda dari jalan dan mengganggu kemampuan Anda untuk berkendara dengan aman.

7. Patuhi peraturan lalu lintas:
Selalu patuhi peraturan lalu lintas dan tanda-tanda jalan. Ini akan membantu Anda menghindari denda atau bahkan kecelakaan.

8. Gunakan klakson dengan bijak:
Gunakan klakson dengan bijak untuk memberi tahu pengemudi lain di jalan jika Anda akan menyalip atau menghindari bahaya, namun jangan terlalu sering menggunakannya karena dapat mengganggu pengemudi lain.

9. Hindari mengemudi dalam keadaan lelah:
Hindari mengemudi saat Anda merasa sangat lelah atau mengantuk karena ini dapat menyebabkan kecelakaan.

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya